Bagaimana Menyikapi Masalah Dalam Hidup Kita

Oleh : Arief Maulana

Masalah, Ada Bukan Tanpa Alasan

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya saat ini kita hidup di zaman yang penuh dengan masalah. Bahkan boleh jadi masalah sekarang jauh lebih kompleks daripada masalah di jaman baheulak dulu. Padahal kian hari kian maju teknologi yang ada, tapi masalahnya pun ikut-ikutan maju.

Seorang teman pernah bercerita pada saya, ada satu tempat dimana kita bisa terbebas dari berbagai masalah. Tenang, semua lancar dan oke-oke aja. Ngga ada yang namanya kepala pusing apalagi stress karena masalah. Dimana itu? KUBURAN. Ya, cuma orang mati yang ngga punya masalah. Lantas bagaimana seharusnya kita menyikapi masalah?

Silahkan simak dulu cerita berikut : 

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong  kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil disana.

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba, dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kempompongnya.

Melihat fenomena itu, si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting lalu mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil. Sayap-sayapnya nampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan seksama sambil berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Harapan tinggal harapan, apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak berkembang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak mampu terbang seumur hidupnya.

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan…

(Surce : Setengah Isi, Setengah Kosong – Parlindungan Marpaung)

Seperti itulah gambaran masalah yang kita hadapi sehari-hari. Masalah ada bukan untuk kita hindari, melainkan kita hadapi. Karena dengan masalah lah kita bisa belajar untuk menjadi lebih kuat, lebih dewasa, lebih bijak, dan lebih-lebih lainnya.

Tuhan tidak bodoh dengan menciptakan masalah untuk kita. Justru karena Dia sayang pada kita umat manusialah masalah itu diciptakan sedemikian rupa. Namun, jika kita sadari di Kitab Suci (Al-Qur’an) pun Allah bersabda dan menjanjikan yang intinya adalah masalah yang diturunkan kepada kita, tidak akan pernah melebihi batas kemampuan kita untuk menyelesaikannya.

Artinya, Allah sudah tahu seberapa besar kemampuan kita untuk menerima masalah tersebut. Orang yang sangat amat lemah, tentu porsi masalahnya lebih sedikit. Sedangkan orang yang punya banyak kelebihan, masalahnya juga banyak. Coba bandingkan, karyawan sama pemilik bisnis masalahnya banyak mana? Ya pemilik bisnis lah. Karena masalah karyawan juga ikut menjadi masalah pemilik bisnis. Makanya saya pernah posting, Entrepreneur Urusan Tuhan.

Dari sini kita bisa sedikit berkaca dan merenungi. Kenapa masalah kita seakan-akan lebih berat dari orang lain? Simpel saja, karena di mata Allah kita jauh lebih baik dari orang yang masalahnya itu-itu aja (enteng). Karena kita lebih baik, tentu porsi masalahnya lebih ruwet dong. Anak sekolah kan juga seperti itu. Makin naik kelas, makin sulit pelajarannya, makin sulit juga ujiannya.

Jadi bagaimana sikap kita seharusnya terhadap masalah?

  1. Sadari Anda mampu menghapi semua masalah yang ada! Anda percaya dan yakin sama Tuhan kan! Kalau percaya dan yakin, tentu Anda tidak meragukan lagi firmanNya yang mengatakan bahwa setiap masalah yang kita hadapi tidak akan melebihi batas kita menanggungnya.
  2. Jangan menghidari masalah! Kita memang sebisa mungkin jangan mencari masalah, namun bila masalah datang hadapi semua masalah Anda. Selesaikan satu persatu. Anda tentu tidak mau kan menjadi seperti kupu-kupu yang tidak bisa terbang, hanya gara-gara semua urusan dipermudah.
  3. Selalu ada kebaikan dibalik semua masalah! Masalah memang kelihatannya mengganggu, namun harus selalu ada dalam hidup kita. Kenapa? Agar kita tahu seberapa besar kemampuan kita. Dan agar kita bisa terus berkembang sepanjang hidup ini dengan belajar mengambil hikmah dari setiap masalah yang kita hadapi. Yakinkan diri Anda, bahwa setiap satu masalah berhasil Anda selesaikan, Anda sudah menjadi satu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya
  4. Fokus pada hasil akhir, bukan pada masalahnya! Masalah biasanya timbul ketika kita sedang dalam proses pencapaian suatu tujuan, apapun itu. Maka dari itu daripada kita mengeluhkan masalah-masalah yang ada, lebih baik berfokus pada hasil akhirnya. Ini akan membuat Anda lebih kuat. Apalagi dengan fokus pada tujuan akhir, akan sangat membantu Anda untuk tetap positive feeling dan positive thinking (silahkan dibaca lagi, biar tahu apa efek dua positive ini).

Wah. Ulasan menarik Mas Arief, Anda memang paling ahli dalam menghadapi masalah. Ups… tunggu dulu! Karena saya posting artikel ini, bukan berarti saya adalah orang paling jago menyelesaikan masalah. Tidak. Saya pun sama seperti Anda, berusaha dan belajar untuk menyelesaikan masalah yang ada satu persatu. Karena saya juga manusia bermasalah.

Kadang-kadang ada pemikiran juga pengen quit dan berhenti memperjuangkan dream.. Tapi TIDAK, karena ketika keputusan untuk quit saya ambil maka itu sama artinya dengan saya membuang DREAM saya untuk hidup passive income di usia muda.

Padahal ketika kita mau menyadari bahwa masalah itu ada untuk menguatkan dan membuat kita lebih baik. Tentu akan ada semangat dalam diri kita untuk menyelesaikan semua masalah itu. Selesaikan saja satu persatu, dan pada akhirnya Anda akan takjub betapa luar biasanya diri Anda karena sudah mampu melewati itu semua.

So mulai sekarang berkomitmenlah untuk selalu siap menghadapi masalah yang datang dalam hidup Anda. Jangan banyak mengeluh! Lakukan saja, karena Tuhan tahu yang terbaik untuk kita.

Masalah, jika tidak membuatmu kuat, akan membunuhmu.

Salam Sukses,
Photobucket
space

117 Responses to Bagaimana Menyikapi Masalah Dalam Hidup Kita

  • Sam says:

    Masalah dan kehidupan, 2 sisi dalam mata uang hhehe

    arief maulana Reply:

    @Sam, iya… ngga terpisahkan.
    :mataduitan::jedug::mataduitan::jedug:

  • :puyeng:emang masalah gak ada habisnya mas…
    Saya rasa jangan jadi mahasiswa normal mas. Jangan pernah berpikiran untuk QUIT. Anda tentu tau Thomas alva edison kan? Dia dianggap aneh oleh teman2nya, tapi apa hasilnya. Kita nggak akan mengenal Listrik kalo gak ada dia. Banyak orang sukses yang dianggap nggak normal di lingkungannya. Tapi tepat pada waktunya dia akan meraih sukses. Semuanya nggak ada yang instant, perlu proses. Butuh banyak garam untuk menggarami laut.:waaa::wooo::phew:

    arief maulana Reply:

    @Chandra Tri Wardana, tentu tidak mas. Ngapain quit. Kalau memang mau quit, rugi dong udah capek2 terjun and kepalang basah di project2 yg ditangani. Hehehe…

    Chandra Tri Wardana Reply:

    @arief maulana,
    jadi mending jadi orang aneh, tapi sukses ya mas:hehe:
    pasti banyak yang ngiri:melet:

    arief maulana Reply:

    yang penting sukses bos. makanya ini belain masuk ke National Internet Marketing School

    muis Reply:

    @Chandra Tri Wardana, hadapi masalah itu dengan sabar….

  • Masalah adalah pecahan warna yang jika dikumpulkan dan disusun dengan baik akan menjadi sebentuk lukisan yang indah dan sedap dipandang.

    Namun umumnya manusia tidak pernah menyadari itu hingga merasa menjadi makhluk yang paling sial saat masalah demi masalah menerpa perjalanan hidup. Sehingga kemudian banyak orang yang alergi terhadap masalah. Namun bukan berarti orang yang hebat adalah orang yang yang siap dan berani menghadapi masalah karena hal itu hanya akan menjadikannya sebagai manusia yang pendek pikiran dan temperamental. Orang yang hebat adalah orang yang mampu mengenal karakteristik masalah kemudian menyelesaikannya dengan tindakan yang tepat.

    Mengapa begitu? karena setiap masalah karakteristiknya berbeda. Untuk itu penyelesaiannya pun juga harus berbeda. Adakalanya kita harus hadapi sendiri masalah itu, ada pula yang harus menggandeng tangan orang lain, namun ada pula yang tidak perlu kita hadapi sama sekali.

    Topik artikel ini sebenarnya sederhana namun disampaikan dengan cara yang amat menarik dan menginspirasi. Terimakasih Mas Arief pencerahannya.

    Salam Istimewa!

    arief maulana Reply:

    @Umar Puja Kesuma, well komentar mas umar memberi saya inspirasi baru. Ntar deh aku cari sourcenya dulu.

    Kalau ngga salah dulu pernah dapat materi management masalah di Training for Trainer.

    :baca:

  • Setiap manusia harus punya masalah…baik masalah negatif maupun positif ya kan mas…? ( kalau yang positif, bukan masalah nih…)

    Setiap masalah memberikan kekuatan bagi kita untuk memecahkannya dan berusaha mencari jalan yang mungkin belum pernah kita lewati dalam menyelesaikan masalah yang pernah ada.

    Suatu masalah akan mengupgrade level kita menjadi semakin baik di mata Allah SWT dan sesama kita.

    Jadi menyikapi masalah memang harus dengan jiwa ksatria, bukan dengan jiwa pengecut.

    Mantap Mas…:sip::sip::sip:

    arief maulana Reply:

    @Handoko Tantra, sip! :sip:

  • Fadly Muin says:

    Lengkap deh.

    “Masalah bagaikan benih yang yang bisa tumbuh menjadi baik, jika kita merawatnya. tapi sebaliknya ia akan akan menarik ke liang kehancuran apabila kita mengabaikannya”. bergantung bagaimana seseorang menyikapi masalah tersebut..

    Salam Hangat Sobat,

    arief maulana Reply:

    @Fadly Muin, salam hangat juga. Betul mas… sebenarnya balik lagi ke masalah sikap.

    Apapun masalahnya ketika sikap kita benar, maka masalah bisa menjadi batu pijakan untuk melompat lebih tinggi.

    :lompat:

  • Ricky says:

    “Masalah, jika tidak membuatmu kuat, akan membunuhmu.”. Kalimat penutup yang mantap :)

    Orang bijak akan selalu tahu kapan masalah harus dihadapi dan saat dimana masalah harus dihindari.
    Nice post mas arief, semoga sucses dengan semua projectnya

    salam sukses

    Ricky
    Business Man

    arief maulana Reply:

    @Ricky, terima kasih mas atas doanya.

  • Arswino Sonata says:

    Halo Mas Arief,

    Artikel yang penuh inspirasi. Saya suka cara pandang Mas Arief tentang bagaimana menyikapi masalah, terutama mengenai 4 pointnya.

    Masalah memang harus ada untuk menjadikan kita lebih kuat, seperti perumpamaan kupu-kupu diatas.

    Salam sukses luar biasa, Mas Arief.

    arief maulana Reply:

    @Arswino Sonata, sebenarnya bukan saya yang merumuskan 4 point itu mas, melainkan mentor bisnis saya ketika dulu terjun di salah satu Perusahan MLM.

    Beliau positive sekali dalam menyikapi masalah yang datang bertubi2. Darisanalah saya belajar dan mensharingkan ke teman2 semua.

    Ya ilmu kalau tidak dishare, tidak bermanfaat mas!
    :baca:

  • agus siswoyo says:

    artikel yang padat dan berisi…:hihi::sip::sip:
    masalah = ibarat ujian kelas, kalau mau naik ke tingkat yang lebih baik, wajib menjalani sejumlah test fisik dan mental.
    Kalau ngomongin filsafat, mas Arief emang jagonya…:sip:

    arief maulana Reply:

    @agus siswoyo, ah ngga juga kok mas. Kebetulan aja idenya keluar soal “masalah”. Daripada menguap, ditulis aja! Sekalian membantu rekan2 untuk punya sikap yang benar ketika masalah datang!

    Salam Sukses
    :sip:

  • POOSOFt says:

    ..>HADAPI SEMUA NYA….SIKPAI DNGAN BIJAK

    arief maulana Reply:

    @POOSOFt, wah, kesusu komentnya ya mas! Hehehe…:hihi:

  • Muklis|BBM says:

    Met malam mas, masalah bukanlah sebuah momok bagi yang mau belajar, masalah bukan untuk di hindari, tapi bisa untuk belajar dan merupakan alat untuk instopeksi diri, salam sukses dan selalu sehat Mas, amin:love:

    arief maulana Reply:

    @Muklis|BBM, terima kasih. Benar, buat apa takut karena kemanapun kita pergi masalah pasti datang untuk menghampiri!
    :puyeng:

  • habibie reza says:

    Sungguh saya terharu dengan kisah si kupu2.. :kembik2:

    Btw, dalam menyikapi suatu masalah, better selalu dikembalikan kepada-Nya;

    Fainna ma’al ‘usriyusran, Inna ma’al ‘usriyusran..

    Sampai diulang dua kali lho, bahwa dibalik suatu kesulitan selalu ada kemudahan. Nah, sudah dijanjikan bahwa tidak ada masalah tanpa solusinya, tinggal kita-kita aja bagaimana menyikapi dan menemukan jalan keluarnya. Kuncinya jangan menyerah,
    :nyembah:

    arief maulana Reply:

    @habibie reza, bener mas reza. CUma kitanya aja sebagai manusia kadang suka berputus asa manakala tidak menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi

    Munif Il Reply:

    Yakinlah mas arif, bahwa dibalik kesusahan (masalah) pasti ada kemudahan (solusinya)
    “Laa yukallifullahu nafsan illaa wus’ahaa, lahaa maa kasabat wa’alaihaa maktasabat”
    “fafirruu ilallah” mas arif

  • Muklis|BBM says:

    Allah SWT tidak akan mencoba ataupun memberikan masalah umatnya bila di pandang tidak Mampu, jadi bersyukurlah bial anda selalu punya masalah berarti anda sudah di pandang mampu oleh Allah untuk mengatasi masalah tersebut, di balik masalah pasti ada berkah, semoga tetap sehat semangat dan sukses tentunya Mas Arief

    arief maulana Reply:

    @Muklis|BBM, yup. Kalau kita mau positive, masalah sebenarnya bisa menjadi satu indikator seberapa jauh sih kemampuan kita!

  • humaini says:

    salam kenal
    :baca:

    arief maulana Reply:

    salam kenal juga

    humaini Reply:

    siplah ya?…

  • humaini says:

    salam kenal…:nyembah::nyembah:

  • sari says:

    ada perempuan lewat neh mas,biar tentara2 yang diatas suruh minggir dulu,hehe….
    saya sudah kenyang yang namanya masalah,belum selesai yang satu dah dtng lg masalah berikutnya,kalo kesel2 banget saya langsung tidur,bukannya nyenyak tidur lho tp sekedar menghindar sj untuk sementara.stlhnya saya sholat maka dari sana akan menemukan ketenangan dan keyakinan saya “bisa” hehe,curhat ya mas….(Allah bersama orang2 yang sabar)begitu intinya….

    arief maulana Reply:

    @sari, yup SABAR dan SHALAT. Sama berarti kita mbak. Kalau udah sumpek, tidur dulu. Soale percuma maksain diri kalau pikiran lagi kalut. bukannya selesai malah runyam. Nah bangun tidur lebih fresh. Bukan begitu mbak?

    Trims udah mampir balik mbak. Jadi penyegar disini.
    :love::love::love:

  • imam meqels says:

    SATU INSPIRASI BUAT KITA SEMUA BAGAIMANA MENYIKAPI SATU MASALAH YANG DATANG DALAM KEHIDUPAN KITA DAN ITU AKAN TERUS BERULANG DENGAN SILIH BERGANTI,KITA MANUSIA MEMANG DICIPTAKAN DENGAN SEGALA TAKDIR DAN GARIS YANG TELAH DI TENTUKAN TUHAN,DAN KITA SEMUA KEMBALI PADA KITA MNUSIA BAGAIMANA MENYIKAPI DAN MENJALANINYA AGAR KITA SEMAKIN BERIMAN DAN BERTAQWA PADA TUHAN,SALAM MAS

  • imam meqels says:

    SAYA SETUJU DENGAN 4 POINT KESIMPULAN DALAM MENGHADAPI SATU MASALAH KITA,BILA KITA SELALU BERPEGANG PADA 4 PONT ITU MAKA KITA AKAN SEMAKIN TAWAQAL DAN LEBIH LEGOWO DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN KITA,SALAM

    arief maulana Reply:

    @imam meqels, :sip:

  • Teddy says:

    Masalah……… Well tulisan yang mencerahkan,thankyu soB..

    Karna hidup adalah masalah seperti mas Arief bilang klo ga mao kena masalah ya ke kuburan aja hahaha…:ngakak:
    Salam kenal mas…

    arief maulana Reply:

    @Teddy, salam kenal Mas Teddy. Btw saya lihat tidak ada link di nama Anda, ga punya situs / blog?

  • Sumartono says:

    Dengan menjadi orang yang selalu optimis…:sip:… kita akan melihat peluang dari masalah kita ini.

    Bukankah dengan banyak masalah akan membuat kita matang..:wooo:

    Saaya percaya Mas Arief bisa melaluinya:lompat::lompat:

    arief maulana Reply:

    @Sumartono, saya yakin kok mas bisa melaluinya! Ini saya paparkan hanya untuk memotivasi orang.

    Sama dengan rekan2 semua, saya juga punya banyak masalah. Alih2 mengeluh, lebih baik fokus pada solusi. Trims udah mampir!
    :nyembah:

  • alie says:

    Benar sekali apa yang Mas Arif tulis disini, masalah bukan untuk dihindari tapi untuk dihadapi, masalah akan selalu ada, walaupun anda berdiam diri dirumah tanpa melakukan apa-apa, tempat yang tepat untuk terbebas dari masalah memang sepertinya hanya di Kuburan, sukses selalu Mas Arif :sip:

    arief maulana Reply:

    @alie, hahaha… bener mas. Memang cuma kuburan tempat yang kita bisa bebas dari masalah. :lempar:

  • syafree says:

    Iya, jika di-manage dengan baik, masalah membuat kita ‘naik kelas’. Bukan begitu Mas?
    Terimakasih pencerahannya. Salam kenal Mas Arief.

    arief maulana Reply:

    @syafree, ya. Tapi bukan berarti kita nyari masalah melulu mas, bisa gila.

    Jalani saja hidup ini dengan enjoy. Dalam setiap langkah menuju sukses, masalah pasti datang kok. Nah saat itu datang, thats time to be problem solver!

  • maskuncoro says:

    Bermanfaat sekali tips motivasinya mas. Setiap orang pasti punya masalah. yang diperlukan adalah bagaimana cara memanage masalah tsb.

    arief maulana Reply:

    @maskuncoro, alhamdulillah kalau bermanfaat mas. Mungkin bisa di share ke temen2 lainnya yang juga bermasalah dan berputus asa karena masalah mereka!

    Salam sukses:nyembah:

  • humaini says:

    saya aepakat pak!
    salam sukses…!
    :ngacir:

    arief maulana Reply:

    @humaini, salam sukses juga :mataduitan::mataduitan::mataduitan:

  • hade says:

    Kalau menghadapai masalah, saya selalu berpegang dengan ini : Di balik masalah ada hikmah yang setara dengan masalah tersebut kalau kita mampu menemukannya.
    Memang hikmah kudu dicari, bukan ditunggu datang dengan sendirinya.

    arief maulana Reply:

    @hade, tul. Hikmah dan hidayah tidak bisa datang sendiri. Harus ada usaha dari diri kita untuk mendapatkannya. Istilahnya “ngrusuhi Tuhan” biar diperhatiin. Tapi dalam hal positive

  • aan iskandar says:

    Diperlukan kesabaran yang besar dalam menghadapi semua hal yang terjadi dalam hidup kita. Dengan kesabaran yang tinggi kita akan menuju kemenangan dunia akhirat..aminnn

    arief maulana Reply:

    @aan iskandar, Ya… sabar dan shalat, itu kuncinya dan ada di Al-Quran. Terima kasih atas kunjungannya!

  • d D4n says:

    MASALAH!!! MASALAH!! MASALAH!!!!

    cocok dngn julukan saya, si PEMBUAT MASALAH!!!:bom::bom::sikut:

    He-he!!! bcanda!!!

    slalu ada mslah di skolah, meskipun msalah nya kecil. ntah knp saya mlz menyelesaikan!!!!

    kyak ngerjain PR. rsa nya mlez . mikir2 akhirnya ntar jg slesai pr gmpang ini. tpi mlah jdi numpuk krena ga pernah dikerjain!!!

    abz nya klo mslah nya kecil jdi ga ad motivasi buat nyelesain nya!!! klo daah numpuk dan besar kan jdi seru ngerjain nya!!!

    HE-he!!! klo cra nya kyak gtu btul ga tuch???:ngelamun::hehe::hehe:

    arief maulana Reply:

    @d D4n, ah itu sih terserah mas aja. Cuma kalau sistem kerjanya kaya gitu, potensi untuk menjadi lumpuh karena stress besar sekali.

    Tidak terasa sekarang, namun bakal terbawa ke dunia kerja nantinya. Be carefull.

    Btw blognya kok mati suri? Ngga ada update!

  • zams says:

    semoga sukses dengan semua projectnya mas arief.. salut. Semoga selalu ada jalan keluar dibalik semua kesulitan amien..:sip::sip::sip::sip:

    arief maulana Reply:

    @zams, terima kasih. Semoga urusan mas Zams juga lancar

  • yanuar says:

    berani hidup berani juga menghadapi masalh, dengan menghadapi masalah kita akan bisa lebih baik..banyak pelajaran berharga dari setiap masalah yang kta alami..

    sukses selalu ya mas..

    arief maulana Reply:

    @yanuar, terima kasih atas kunjungannya mas Yanuar

  • dahniar says:

    benar2 bisa memberikan pencerahan terutama bagi saya, yg selalu menghindar dari masalah, bukan mencari solusi, mudahan bisa fokus pd menyelesaian masalah dan fokus pada hasil akhir, thanks mas Arief

    arief maulana Reply:

    @dahniar, wah syukur alhamdulillah kalau bermanfaat. Silahkan baca artikel terbaru lainnya mbak dahniar.

    Ngomong2 gimana kabarnya? kok gelagatnya di dunia maya belakangan kaya menghilang begitu saja… hehehe

  • iwan says:

    Hidup tanpa masalah berarti akan sia-sia…semakin banyak masalah maka akan semakin banyak bermakna, namun jangan disalah artikan sebuah masalah adalah hal yang negatif…kita diberikan masalah agar kita dapat menemukan solusi yang terbaik…bukankah orang yang hebat semuanya mendapatkan banyak masalah, namun beliau-beliau dapat memaknai masalah menjadi maslahat…

    arief maulana Reply:

    @iwan, yq. Lihatlah orang2 yg besar! Masalah mereka juga besar. Maka sudah sepantasnya bila apa yg mereka dapat besar.

  • zuhri says:

    Memang kita yang hidup apalagi yang mengaku beriman, tentu akan mendapat ujian (masalah).
    Kalau tidak salah ada sebuah ayat yg kira2 artinya, “apakah kamu mengira, kamu akan dibiarkan begitu saja setelah mengatakan beriman..” Allah akan menguji keimanan kita…

    arief maulana Reply:

    @zuhri, bener mas. Saya pernah kok mendengar ayat itu. Ibu juga mengingatkan saya dengan ayat tersebut.

    Sehingga ketika saya menghadapi masalah yg berat bisa lebih tegar!

  • Bang Dje says:

    Masalah kalo ga bisa dipecahkan mungkin justru harus dirangkul sebagai “teman”

    arief maulana Reply:

    @Bang Dje, Terima kasih udah mampir Bang Dje. Terkait artikel Rahasia Bisnis Rasulullah (1), lanjutannya udah keluar lho. Silahkan kalau mau membaca lanjutannya!

  • febri says:

    waw…

    salah gak kalo saya bilang hidup untuk cari masalah,dan masalah untuk cari solusi?

    mas arief = motivator!!!:sip:

    arief maulana Reply:

    @febri, kurang tepat mas. Hidup kalau bisa jangan cari masalah. Namun, bila masalah itu datang jangan dihindari.

    Karena di dalam Kitab Suci sendiri, sudah dituliskan bahwa setiap manusia pasti akan menemui masalah sebagai bentuk cobaan dari yang maha kuasa!

  • firza abdi says:

    Jadi masalah ga boleh dihindari ya mas, karena ini berupa tempaan.

    Saya jadi ingat, banyak masalah yg saya hindari.

    Walaupun dilihat sekilas menguntungkan, ternyata lari dari masalah itu bikin rugi diri sendiri ya :hiks:

    arief maulana Reply:

    @firza abdi, iya bos. Justru dengan adanya masalah kita bisa mengukur seberapa jauh kemampuan kita!

  • Vicky says:

    Inspiratif…

    Sebenarnya masalah ada hanya untuk menguji kepantasan kita memikul tanggung jawab dibalik keberhasilan yang akan kita raih nantinya setelah masalah itu selesai.
    Semakin besar dan beratnya masalah, semakin besar dan berat pula tanggung jawab yang akan kita pikul sebagai konsekwensi dari keberhasilan yang akan kita raih.
    Lihatlah orang-orang yang selalu ingin berhasil, bukankah masalah yang mereka hadapi sangat besar dan berat? Bandingkan masalah-masalah yang dihadapi orang-orang yang ingin berhasil tersebut, dengan orang-orang yang hanya mempunyai target keberhasilan yang lebih “rendah”.

    Oh iya, mengenai sikap kita seharusnya terhadap masalah, khusus poin ke 4:
    Berfokus pada hasil akhir memang sangat membantu untuk memotivasi kita. Namun saya hanya ingin menambahkan, bahwa kita juga jangan mengenyampingkan proses-proses dalam penyelesaian sebuah masalah. Karena pada proses-proses itulah sebenarnya kita tumbuh, disitulah kita memperoleh pelajaran2 baru, dan disitu pulalah letak keindahan dari sebuah keberhasilan.

    Satu hal lagi:
    Hadapi setiap masalah, karena dengan kesungguhan kita menyelesaikan sebuah masalah, bagaimanapun nantinya hasil akhir yang akan kita dapatkan, percayalah bahwa pada saat itu terjadi, sebenarnya kita sudah menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya….dan akan begitu seterusnya.

    Sahabatku:
    Seperti matahari yang selalu terbit setiap pagi, atau seperti pelangi yang dengan indahnya selalu muncul setelah hujan, seperti itulah proses yang berlangsung dalam kehidupan ini. Segala sesuatu pasti berlalu begitupun dengan sebuah masalah. Setiap masalah pasti berlalu, namun pastikan berlalu dengan baik.
    (saya terjemahakan dari kata pak Mario Teguh: Setiap tahun pasti berlalu, namun pastikan berlalu dengan baik)

    Terima kasih mas Arief atas inspirasinya…

    Sukses Selalu

    arief maulana Reply:

    @Vicky, nice koment mas. The best of the bestnya neeh!

    Terima kasih udah mampir!

  • humaini says:

    Amin,,….
    Sukses selalu mas

    Banyak orang sukses yang dianggap nggak normal di lingkungannya. kenapa?..
    karena saat dia sukses dia lupa dengan zakatnya kepada orang yang lebih mebutuhkan.

    siplah ya?….

    semuga sukses, end tetap actiono!…

    arief maulana Reply:

    @humaini, ah itu kacang lupa ama kulitnya mas. Lupa kalau dalam sebagian hartanya ada hak orang2 lain.

    Mudah2an kita tidak termasuk di dalamnya.

  • pasang iklan says:

    terima kasih cerita kupu-nya. saya jadi lebih semangat

    arief maulana Reply:

    @pasang iklan, sama-sama!

  • mashengky says:

    halo halo bandung.. saya masih di belanda neehh..:melet:

    arief maulana Reply:

    @mashengky, halo halo amsterdam… saya masih di Sidoarjo neeh.. :ngakak:

  • wiwinds says:

    siang mas arief…

    dengan masalah bisa menjadilan lebih bijak dalam bersikap, bisa mendewasakan diri, tambah pengalaman…dan lebih mengerti tentang hidup…

    TAKE ACTION…

    arief maulana Reply:

    @wiwinds, sure. Terima kasih atas kunjungannya!

  • rudy azhar says:

    Saya mungkin salah satu orang yang sedang dalam masalah dalam hidup saya…. Semua yang Mas Arief jabarkan diatas benar, tapi kenyataan menghadapi masalah sungguh berat untuk dirasakan…:puyeng:

  • Pingback: Fokus Pada Solusi, Bukan Masalah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • LINGGAWATI SAPUTRA says:

    Artikel yang sangat bagus Mas. Orang bisa jadi besar karena banyak mengatasi masalah. Bos besar karena bisa mengatasi masalah besar, pekerja biasa ya biasa2 saja karena masalahnya lebih simple. Masalah buat satu orang bisa jadi peluang bagi orang lain. Nyambung dengan perumpaan DUA SALESMAN PAKAIAN DALAM WANITA di blog saya. Mampir ya Mas…mudah2an bisa memberi tambahan inspirasi. Salam dahsyat!

  • siti R says:

    orang yang jadi stress karena ada masalah, bisa jadi ilmunya tidak lebih tinggi dari masalah yang dihadapi. betul nggak?

    arief maulana Reply:

    sebenernya ketika masalah itu datang, Allah sudah tahu seberapa kemampuan kita. Dia tahu kita pasti bisa mengatasi setiap masalah yang datang. Hanya saja, kitanya yang tidak menyadari bahwa kita bisa dan sanggup dengan bantuan dariNya.

    Trims dah mampir di blog yg sederhana ini.

  • Pingback: Ngapain Blogging Kalau Cuma Mondar Mandir | CandraDot.Com

  • Pingback: Fokus Pada Solusi, Bukan Masalah | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Pelajaran Hidup Dari Cempaka | ARIEF MAULANA.com

  • erna says:

    :nangis:kalo kita trus aja d hadapi pada masalh yang sama bagaimana mas? sementara orang d sekitar g mau mengerti N hanya bisa mncemooh pada keadaan kita yang lg n lg terkena maslah seperti itu…

    arief maulana Reply:

    @erna, terima kasih atas pertanyaannya.

    1. Tdk ada yg lebih penting di dunia ini dari diri Anda sendiri. Jangan pikirkan yg dikatakan orang lain. Sementara Anda stress dg kata2 mereka, yg mencemooh Anda mungkin saat ini tdk memikirkan Anda sama sekali.

    2. Tingkatkan kualitas ibadah dan minta bantuan pada yang kuasa.

    3. Coba cari referensi / literatur, atau Anda bisa coba cari siapa kira-kira orang yg punya masalah serupa dan bagaimana mereka menyelesaikannya.

    Mau sharing sama saya apa masalah Anda?

  • Adzkia Avicienna says:

    subhanalloh,..jadi tercerahkan,..alhamdulillah,..

    Oh ya Mas,..mw nanya,..gmn caranya bs nulis nama dgn cara kyk di akhir postingan gtu,..(maaf agak gak nymbung)….

    arief maulana Reply:

    @Adzkia, Alhamdulillah. Untuk signature nama. Dulu pernah ada temen yang memberitahukan caranya, tapi saya lupa alamat situsnya. Intinya :
    1. Kita buat dulu nama kita dalam bentuk image.
    2. Upload ke situs share hosting atau hosting blog kita.
    3. Taruh saja link URL Imagenya di akhir postingan kita.

  • Pingback: Berani Mencoba Hal Yang Baru | ARIEF MAULANA.com

  • raima salsabila says:

    hemmmmmmmmmm,,,
    memang yh hidup penuh dengan luka,,,dan dri tips2 tu ku ngerti n paham
    namun untuk menjalankan semua itu butuh pengorbanan

    arief maulana Reply:

    @raima, ga ada kesuksesan tanpa pengorbanan. Itu nama gamenya. Mau berhasil (termasuk menyelesaikan masalah) ya akan ada hal-hal yang perlu dikorbanin.

  • Pingback: Meringankan Masalah Dengan Kekuatan Diri | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Memantaskan Diri Untuk Yang Terbaik | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Masalah, Kesempatan Kita Untuk Menjadi Ahli | ARIEF MAULANA.com

  • Ricky Oesman says:

    No Coment… T O P B G T alias Antap ayi………..

  • r_uly says:

    sangat setuju sekali,,
    dr masalah kita dapat mempelajari apa kesalahan kita dan mulai memperbaiki,,, tp terkadang yg kita inginkan blm tentu kita mampu lakukan,,,
    huft
    streess deh jdnya

    arief maulana Reply:

    @r-Uly, yang penting lakukan dengan semaksimal mungkin. Kalau hasilnya tidak memuaskan mungkin itu bukn yang terbaik buat kita. Tapi hati-hati dengan jebakan pikiran. Belum-belum sudah bilang tidak mampu melakukannya. Lebih baik dicoba dulu dengan keyakinan.

  • letnan sipayung says:

    masalah bukan perkara dihadapin atau tidak. masalah bukan perkara membuat kita menjadi lebih baik atau tidak, atau yang lainnya. masalah adalah sebuah kata yang tidak perlu ditakuti atau dirisaukan. masalah adalah sebuah cara, yang paling penting adalah bagaimana kita memahami suatu masalah dan menyelesaikannya.pemahaman kita akan membuat kita melakukan suatu hal dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang kita hadapi dan jalani.

  • ella says:

    Problem is my middle name already hehe. Ga hidup kalo ga ada masalah ya? Masalah bikin dewasa, bikin otak mikir gimana bisa solve and survive. Mungkin masalah bisa jadi teman instead of enemy :)). Jadi ga trlalu stress bin linglung. Just be happy ajah

    arief maulana Reply:

    @Ella, i like your positive spirits :D

  • trias tanto says:

    saya bingung menghadapi masalah yang saya buat sendiri … semoga Tuhan memberi jalan:hiks:

    arief maulana Reply:

    @trias tanto, amin. Semoga Tuhan memberikan petunjuk kepada Anda atas permasalahan-permasalahan yang sedang Anda hadapi.

  • Pingback: Training ESQ Kelas Eksekutif | ARIEF MAULANA.com

  • cup says:

    :sip:

  • putri says:

    msalah adlh membuat kta agr lbih kuat dan tgar menghdapi ujian dari ALLAH SWT SELLU OPTMIS aj dan jngan terlalu di ambil pusng qta mnusia hnya bsa berusha dan minta pertlongn kpda ALLAH krna ALLAH gak akn menguji hamba ny mlampui btas jadi jngn tkut menghdapi msalh ok ttp smngat:hiks::hiks::sip::sip::sip::hiks::matabelo:

  • ginaialiya says:

    menyentuh ceritanya
    ginaialiya recently posted..Penyakit Pada Pria Seiring Pertambahan UsiaMy Profile

  • Echii says:

    ada tips tuk menyelesaikan masalah cintta?? minta tips.a boleh gk?? :ngelamun:

    arief maulana Reply:

    @Echii, ada. Silahkan kunjungi website . Disana mengupas masalah percintaan yang logis dan tidak mengandalkan perasaan semata. Atau bisa follow twitternya di . Semoga bermanfaat.

  • assalammualaikum mas arif maulana saya mau bertanya bagaimana cra menyelesaikan masalah sma teman contoh na maen sindir”an

    arief maulana Reply:

    @Lia, ‘alaikumsalam. Caranya mudah dan saya yakin mbaknya jg tahu. Tinggal ajak temannya untuk duduk bareng. NGopi2 keren dan ajak ngomong terbuka ada masalah apa sampai seperti itu. Selesaikan bersama agar dua belah pihak sama-sama senang. :)

  • mawar says:

    ::diem:saya selalu diam melihat teman saya di pitnah tapi kali ini saya ga bisa diam karna saya dibawa harus bagai mana?tapi saya ga tau apa yg haus aq lakukan

    arief maulana Reply:

    @Mawar, kalau mau membantu teman, bantu dia mengumpulkan fakta2 untuk membuktikan kepada yang lain bahwa fitnah selama ini tidak benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 381,808 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip