Apa Aset Terpenting Anda?

Oleh : Arief Maulana

Hidup Sehat

“Pilih mana, sehat atau kaya?” Pertanyaan ini mengiang kembali di pikiran saya sejak beberapa hari yang lalu. Pertanyaan yang sering saya tanyakan kepada para prospek ketika presentasi baik itu one on one ataupun home meeting disaat masih aktif menjalankan bisnis MLM. Kebetulan saat itu produk utama yang saya pasarkan adalah makanan kesehatan alias suplemen.

Percaya atau tidak, sering kali kita mengganggap bahwa aset yang sebenarnya adalah harta atau kekayaan. Yakin dengan hal tersebut? Kalau harta menumpuk tapi Andanya sakit-sakitan, apa masih bisa dinikmati? Banyak loh kasus orang-orang yang bergelimang harta, tapi tidak pernah bisa menikmati semuanya itu.

Tubuh sakit-sakitan. Pantangan makanan bermacam-macam yang otomatis mengurangi variasi makanan sehari-hari. Makan itu dan itu lagi. Tidak bisa menikmati indahnya dunia, jalan-jalan dsb. Hartanya cuma untuk membiayai semua pengobatan yang serba mahal. Kalau bisa sehat dan kaya sekaligus kan lebih baik.

Lha kok tiba-tiba membicarakan kesehatan? Karena kesehatan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi produktifitas Anda. Kalau Anda tidak sehat, kinerja juga menurun kan. Itu kenapa saya berpikir bahwa menjaga kesehatan juga bagian dari upaya memanage diri. Ketika sehat kita bisa melakukan apapun dengan optimal. Beribadah pun jauh lebih enak kalau sehat daripada sakit.

Sayangnya orang kalau lagi tidak sakit, lupa sama nikmatnya sehat. Lupa dijaga. Giliran sakit, baru deh ngeluh sana sini. Baru sadar kalau hidup sehat itu jauh lebih nikmat. Tapi siklus berulang. Giliran sudah sehat eh lupa kembali untuk menjaga kesehatan.

Olahraga

Hampir semua orang sudah tahu bahwa berolahraga itu baik untuk menjaga kesehatan. Sayang tidak semua orang suka berolahraga, termasuk saya. Alasannya pun macam-macam. Mulai tidak ada waktu sampai rasa malas yang kian mengendap dari hari ke hari. Komitmen yang putus untuk sekedar merutinkan diri berolahraga, meskipun kelasnya olahraga ringan.

jogging untuk kesehatan
jogging

Bagi yang selalu pakai alasan tidak punya waktu, cobalah untuk bangun lebih pagi. Disana Anda akan mendapatkan tambahan waktu ekstra untuk berolahraga. Tidak perlu muluk-muluk. Cukup joging pagi atau kalau merasa berat jalan pagi saja. Rute pun pilih yang dekat-dekat saja. Misalnya keliling kompleks perumahan. Saya sendiri sudah beberapa hari ini berusaha mendisiplinkan diri untuk berolahraga di pagi hari, setelah shalat subuh. Memang sih tidak bisa langsung menguruskan badan dan menurunkan berat badan. Tapi paling tidak alhamdulillah ketika bekerja di kantor badan terasa lebih segar. :p

Makanan Sehat

Suka makanan cepat saji alias fast food / junk food, gorengan berkolesterol tinggi, ? Sebaiknya dikurangi. Masih banyak makanan yang jauh lebih sehat dan rasanya pun tak kalah lezatnya. Misalnya nasi pecel. Ini salah satu favorit saya. Termasuk juga tahu tempe yang katanya bisa membantu mencegah datangnya penyakit kanker. Intinya jaga pola makan lah. Kalau bisa seimbang dan banyak sayur-sayurannya.

Saya pernah baca di sebuah buku (judulnya lupa). Di buku itu dijelaskan bahwa sebenarnya struktur rahang dan gigi manusia umumnya didesain untuk makanan yang bersifat sayur-sayuran ketimbang daging-dagingan. Kalaupun makan daging-dagingan, lebih sehat makan ikan. Lihat saja para vegetarian, kayanya malah lebih sehat daripada kita yang doyan makan daging.

health food
makanan sehat

Menambahkan suplemen kesehatan yang alami dalam keseharian kita pun ada baiknya juga. Apapun itu merknya, asal Anda yakini bagus dan ada kelebihan rezeki silahkan dicoba. Saya pribadi lebih memilih saripati Habbatussauda (jintan hitam), disamping madu untuk tambahannya dan terapi bekam yang rencananya mau saya rutinkan. Soalnya 3 hal ini salah satu yang direkomendasikan di Thibbun Nabawi (pengobatan ala Rasulullah SAW).

Selain itu, pastikan makanan Anda benar-benar sehat dan bergizi. Makanan sehat akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga stamina untuk beraktivitas dengan maksimal.

Istirahat Yang Cukup

Ini juga penting nih. Seringkali dengan dalih menyelesaikan pekerjaan kita memilih untuk mengorbankan waktu istirahat. Memaksa tubuh untuk bekerja keras terus menerus. Padahal tubuh kita punya keterbatasan dan juga punya hak untuk mendapatkan istirahat yang layak. Pun memaksa tubuh untuk bekerja di luar batasan akan membuat hasil pekerjaan kita tidak maksimal juga. Coba kalau tiba-tiba kondisi Anda drop, berapa banyak pekerjaan yang akan terbengkalai.

Istirahat Cukup
istirahat cukup

Saya jadi ingat zaman kuliah dulu. Saat harus pulang pergi Surabaya-Sidoarjo setiap hari untuk kuliah karena tidak ngekost. Tugas menumpuk. Apakah pulang langsung dikerjakan? Tentu tidak. Alih-alih memaksakan diri, saya lebih baik tidur dulu istirahat. Besoknya bangun lebih pagi untuk mengerjakan apa yang harus dikerjakan, entah tugas atau apalah. Begitu juga dengan adik-adik saya yang juga PP Surabaya-Sidoarjo saat kuliah.

Kesemuanya ini akan berpulang pada gaya hidup. Jaga gaya hidup Anda agar tetap sehat semaksimal mungkin, meskipun nampaknya kondisi saat ini susah untuk melakukan semua itu. Paling tidak kita sudah berusaha. Ingatlah! Agar bisa terus produktif dan bergerak memperjuangkan yang impian besar, Anda harus tetap sehat. Karena kesehatan adalah aset utama Anda, tidak hanya untuk urusan dunia melainkan juga sebagai bekal ibadah kepada Tuhan. Sukses dunia akhirat, tentu lebih menyenangkan.

  1. Setuju Gan.., Salah satu nikmat Allah yang terbesar adalah Nikmat Sehat, tapi justru salah satu nikmat yang langka di syukuri dan disadari oleh kita manusia.

  2. Kalau mau olahraga, tidak selamanya harus seperti joging atau fitnes Mas. Bukan bermaksud sombong, saya sendiri biasanya mengganti olahraga dengan bersih” (nyuci baju, nyapu atau sebagainya) biar bisa dapat manfaat lebih.

    O ya Mas, btw itu gambarnya masih di host web lain ya Mas? Kalau berkenan, mendingan di pindah aja Mas, kasian pemilik web-nya… bandwidth-nya jadi ikut-ikutan terkuras.

    • @Ipras, wah kalau aku sih cucian tak laundry mwahahaha… Kalau aku pribadi lebih suka olahraga yang jalan2. Disamping suasananya beda, yang terpenting bisa sambil menjalin relasi-relasi baru dan ngobrol sama orang. Itu sebenernya. (manfaat lebih juga loh ini, fufufu…)

      Untuk gambar iya, ambil dari hostweb laen. Kebanyakan yang kuambil itu nempatin gambarnya di layanan hostweb umum kok. Lagipula, sengaja ga kupindah. Jadi kalau orang ngetrack image soucenya, langsung bisa ketemu darimana gambar itu diambil. Biar ga melanggar hak cipta sekaligus jalanin aktivitas blogging yang beretika. Itu aja sih alesannya.

  3. Mnrt mas arif duluan mana sakit mental atau fisik?

    Sy pribadi merasa mental yg “sakit” otomatis membuat fisik bertindak sama (sakit). Tp tidak sebaliknya

    Seperti aksi kocak Spongebob saat bangun pagi untuk bekerja. Pasti berucap “AKU SIAP 3x”

    Itu adalah olahraga mental menurut sy. Sehingga fisik secara tdk sadar ikut sehat untuk melakukan aktivitas yg dipertintahkan “hati” :)
    nm iqbal recently posted..Mengerti dan Mencari Jati DiriMy Profile

  4. Harta mahal yang kebanyakan orang melupakannya… sadarnya kalau udah sakit… saya juga termasuk orang yang kurang peduli nih dg kesehatan sendiri… makasih sudah diingatkan mas…
    dHaNy recently posted..Juli IniMy Profile

  5. Semakin tambah usia daya tahan tubuh seseorang semakin menurun. Jadi pola makan, istirahat yang cukup dan olah raga itu sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

    Rata-rata teman saya yang sakit-sakitan di usia menjelang tua, biasanya kisaran 40-an, itu karena pola hidup yang tadi waktu mudanya tak dijaga sehingga pisiknya cepat drop, lebih tua dari usia dia yang sebenarnya.

    Sayangnya, saya termasuk yang olah raganya yang kurang rutin.
    Joko Sutarto recently posted..Cara Melihat Follower Yang Unfollow Anda Di TwitterMy Profile

  6. tas anak | grosiran tas anak says:

    setuju, karena harta terbesar kita sebenarnya kesehatan. Berapa pun uang yang ada pasti dibayarkan untuk kesehatan kita, untuk memulihkan kita dari sakit.

  7. mashengky | kaya dari bisnis vcc says:

    selamat jalan Ko Herman Chang, semoga semua dosamu diampuni dan pintu surga dibuka untukmu.

    Only the good die young..

    ayo jaga kesehatan, makan teratur, tidur teratur, olah raga teratur, seks teratur dan liburan teratur heheheh
    mashengky | kaya dari bisnis vcc recently posted..Cara Bisnis Hosting Yang BenarMy Profile

  8. wah klu saya yg PP mati mas… hehe wong saya kuliah di Riau tinggal di Kepri.. :hihi:
    yang penting ibadah lakukan dengan benar kita sudah sehat… contohnya sholat, Karena menurut penelitian (lupa sumber) klu sujud itu waktu yang sempurna untuk mengalirkan oksigen ke otak.. subhanallah..

  9. iya mas…mmg Kesehatan itu mahal harganya,ini pengalaman pribadi saya yg pernah 2X masuk RS,seblumnya sy perokok dan dg pengalaman terakhir saya diRS saya jd bisa berhenti merokok mungkin ini yg dinamakan hidayah dari Yang Maha Kuasa…salam kenal mas…

  10. Sangat setuju Mas Arief, kalau sebenanya aset terpenting adalah kesehatan tubuh, tentunya sehat jasmani maupun rohani, suatu saat anak saya yang masih berumur 7 tahun katakan kepada saya ” pi sakit itu paling gak enak tahu . . . !” lalu saya katakan betul sehat itu enak, tapi kadang-kadang sering banyak alasan yang membuat kita malas olahraga, padahal cukup jalan pagi 30-45 menit itu sudah merupakan olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau tubuh sehat pasti fokus kerja lebih semangat. Sukses ya Mas. GBU

  11. Klau menurut saya kesehatan dan kekeyakan kayak mata uang yg gak terpisakan. Sama2 penting untuk bekal naik haji….. Hehehe…..

  12. aku pilih sehat deh mas,makanya aku sllu kompanye agar teman2 di negri ini sllu mengkonsumsi madu lebah asli,agar semua sehat ,dan merasakan kedahsyatan khasiat madu lebah asli.

  13. Seperti halnya ada IQ, dan EQ ada PQ physic quotion, atau kecerdasan fisik, saya lupa penulisnya, dalam buku antony robin juga dakatan bahwa kuasa besar bisa datang dari tubuh yang sehat yap terasa berkuasa.. tetapi kalau boleh jujur tidak mudah bisa rutin olah raga.. gmn kalau bersemedi, termasuk olah raga gak? :)
    andhika ahmad recently posted..Seberapa Yakinkah Anda Pada KesuksesanMy Profile

    • @Andhika, yang jelas semedi bagus buat cari wangsit. Talk bout olahraga, kita mikirnya suka yang ribet sih. Sebenernya bisa disederhanakan. Seperti, berjalan lebih jauh sedikit dari biasanya. Itu juga olahraga. Membersihkan rumah secara total, ngepel kek, nyapu kek, dll. Itu juga berolahraga. Tapi tentu tidak senikmat olahraga pagi yang udaranya masih segar.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,719 bad guys.