Alhamdulillah, Menang Kontes Affiliate Marketing 2009

Oleh : Arief Maulana

kontes affliate dini shantiYes, menang kontes affiliate marketing. Dahsyat. Mungkin itu yang akan diucapkan oleh Pak Tung Desem Waringin, andai ia mengikuti dan memenangkan kontes affiliate marketing yang diselenggarakan oleh Dini Shanti. Yah, saya ambil semangat positifnya beliau yang benar-benar dahsyat.

Puji syukur Alhamdulillah, akhirnya goal saya tercapai juga. Buah perjuangan selama 2 minggu bersaing ketat dengan rekan-rekan affiliate marketer sekaligus peserta kontes affiliate marketing, terbayar sudah. Harap-harap cemas, hehehe…

Terima kasih banyak, saya haturkan kepada Sang Pencipta Semesta Alam, Allah SWT, yang amat sangat membantu sekaligus mengabulkan doa saya. Ibunda tercinta, yang ikut mendoakan (karena tahu kamera digital ayah, hilang dicuri orang). Mbak Dini Shanti, yang membuat kontes affiliate marketing ini, yang juga sekaligus menjadi jalan bagi Allah mengganti apa yang telah hilang dari saya. Dan segenap klien / member yang sudah menaruh kepercayaan dan membeli produk DBC-Online lewat link saya.

Praktis melalui kontes yang diselenggarakan selama 2 minggu terhitung sejak tanggal 31 Agustus – 15 September 2009, total income yang saya dapatkan adalah Rp.2.800.000,- Yah, memang belum sedahsyat Welly Mulia yang mendapatkan Rp.2.264.819 hanya dalam waktu 1 hari saja. Tapi itu sudah sangat saya syukuri karena merupakan pencapaian tertinggi yang pernah saya dapatkan dalam kurun waktu sesingkat itu.

Sebagaimana janji saya kepada rekan-rekan, maka saya akan uraikan sedikit beberapa point yang mungkin bisa dibilang cukup membantu hingga bisa memenangkan kontes ini. Mungkin kita bisa sama-sama belajar disini. Dan untuk para master affiliate yang lain, jika memang kebetulan membaca artikel ini bisa memberikan masukannya bila ada yang kurang.

Yang saya bagikan di bawah bisa dibagi menjadi dua garis besar, yaitu point non teknis dan point teknis. Langsung aja deh kita kupas singkat satu persatu. Oh ya, penomoran disini bukan berarti kudu dikerjakan berurutan, tapi hanya mempermudah pembagian point pembahasan.

|

1. GOAL DAN ALASAN YANG SANGAT KUAT

Masih ingat postingan saya yang lalu, dimana saya membagikan 3 cara sederhana mengubah hidup yang dikutip dari CD Life Revolution Tung Desem Waringin? Maka point satu dan dua sudah saya miliki ketika mengikuti kontes affiliate marketing ini.

2 hari sebelum Mbak Dini mengumumkan kontes affiliate ini, saya kehilangan sebuah kamera digital milik ayah saya. Tragisnya kamera digital tersebut hilang di masjid, ketika saya meninggalkan tas sejenak untuk berwudhu akan shalat maghrib. Kamera tersebut benar-benar saya butuhkan, karena situasinya sedang kerja praktek. Setiap hari harus ikut QC mengawasi dan mengontrol mutu pembangunan kapal. Dan itu membutuhkan banyak dokumentasi, baik itu untuk laporan kerja praktek maupun untuk referensi koleksi saya pribadi.

Karena didesak kebutuhan, ya terpaksa saya pinjam dana 1,3 juta dari tabungan (jatah masa depan) untuk membeli kamera. Praktis nilai uang di rekening pun menjadi tinggal 200ribuan saja. Padahal sebentar lagi ada tagihan dari beberapa hosting + domain yang kudu dibayar untuk memperpanjang 1 tahun lagi.

Begitu pengumuman kontes affiliate marketing oleh Dini Shanti keluar, saya merasa ini lah jalan dimana saya bisa menutupi semua biaya itu. Baik itu biaya untuk membeli kamera baru maupun untuk membayar sewa beberapa domain dan hosting yang jatuh tempo. Dari sana akhirnya saya memutuskan harus memenangkan kontes affiliate marketing ini.

Ada goal yang didukung alasan kuat, maka ada semangat untuk menjadi pemenang. Dan kata Pak Tung, “Seringkali menang itu mudah, karena yang memutuskan untuk menjadi pemenang sedikit. Sehingga tingkat persaingan tidak sebanyak yang kita bayangkan.”

|

2. BELAJAR DARI YANG TERBAIK

Masih dalam ajarannya Pak Tung Desem Waringin. Mau sukses maka belajarlah dari yang terbaik. Kontes affiliate marketing yang diadakan merupakan kontes affiliate yang memasarkan produk lokal Indonesia. Maka, tepatlah jika saya belajar dari 2 orang guru yang saya anggap master dalam memasarkan produk affiliate lokal.

Siapa saja? Nicko Martantyo dan Dini Shanti. Keduanya sama-sama top affiliate marketer untuk produk lokal dan pasar lokal Indonesia. Yang membedakan hanya produk yang dipasarkan. Yang saya tahu, Nicko adalah top affiliate Formula Bisnis. Dari situ saja dia bisa memasarkan hingga total income mencapai 70 juta lebih.

Sementara Mbak Dini Shanti sudah diakui oleh para founder bisnis online sebagai top affiliate mereka, yakni Anne Ahira (Asian Brain) dan Welly Mulia (Founder beberapa produk online top). Belum lagi bisnis MLM online yang dikelola oleh Mbak Dini. Tentu pemasarannya juga menggunakan salah satu strategi affiliate marketing.

Kalau Anda bertanya kepada saya mana yang terbaik? Maka saya menjawab keduanya sama-sama dahsyat. Saling mengisi dan melengkapi. Andai Anda memiliki keduanya, cukup sudah bekal Anda untuk menjadi seorang master affiliate marketing berikutnya. Selanjutnya tinggal praktek.

|

3. BERIKAN REVIEW TERBAIK

Kalau tidak salah saya pernah menuliskan artikel tentang beberapa gaya dalam mereview produk. Yang pasti tidak pernah ada patokan yang mutlak bagaimana review yang memiliki nilai konversi tinggi. Lagipula gaya setiap orang dalam mereview produk bisa sangat-sangat berbeda.

Yang jelas, kemampuan menulis bisa menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat kuat. Kenapa? Karena ada tipikal tulisan yang bisa membius dan ada tulisan yang sekedar apa adanya. Maka itu saya rasa perlu kita luangkan waktu untuk mengupdate kemampuan menulis kita. Apalagi saat ini menulis bisa menjadi salah satu jalan untuk sukses.

How? Ya banyak menulis pastinya. Kalau Anda seorang blogger, cukup tekuni saja hobi Anda tersebut. Sering-sering juga baca tulisan baik itu dari media cetak maupun artikel blogger lainnya yang Anda anggap bagus. Pelan tapi pasti kalau itu Anda lakukan terus menerus, maka gaya menulis Anda akan berubah menjadi lebih baik. Saya jadi ingat kawan saya, Boy Macklin. Dari beliaulah dulu saya pertama kali belajar bagaimana menulis sebagai seorang yang profesional lewat produknya yang dahyat.

Menulis review bisa jadi membutuhkan kemampuan yang sama dengan menulis sales letter. Keduanya kalau bisa menciptakan satu ketertarikan yang berujung pada nilai konversi penjualan. Maksudnya bila prospek tertarik, maka ada tindak lanjut berupa pemesanan dan penyelesaian registrasi pembelian. Maka dari itu beberapa ilmu menulis di produk panduan menulis sales letter Welly Mulia, saya praktekkan juga dalam review.

Sebelum kita lanjut, sadarkah Anda bahwa artikel ini pun sebenarnya tidak hanya sekedar artikel namun juga mini hidden review? Hehehe…

Oke, karena udah kepanjangan saya cut disini pembahasan point-point yang saya lakukan untuk memenangkan kontes affiliate marketing Dini Shanti. Saya lanjutkan sisanya di artikel berikutnya. Jadi ditunggu aja! Ada komentar?

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. mengenai poin ketiga, sering menjadi masalah apabila saya menuliskannya dalam bahasa inggris.
    Maksudnya baik tapi penulisannya kurang baik, mungkin perlu menyewa jasa tulis untuk menghasilkan review terbaik.

    makasi tips dan sharenya mas:sip:

  2. Nah sekarang saatnya komentar (mungkin curhat dikit he2 )

    saya ii tipe orang yang mudah berubah-ubah dalam hal minat ! hari ini senang nulis ini, besok topik yang ingin di tulis lain lagi ! karenanya http://mjumani.blogspot.com saya isinya campur aduk ! kalau abis dengar andre wongso pengennya nulis artikel motivasi, kalau habis baca artike mas joko, pengennya nulis yang berhubungan bisnis online, kalau lihat2 blog mas Arief pengen jadi afiliater juga !
    makanya jadi bingung kalau mau ikut jadi afiliater harus mulai dari mana! he

    • Rahasia Filippo Inzaghi says:

      @mjumani, blajar konsisten+fokus mas, emmm, tulis yang bener-bener mas sukai dan cintai, lihat lagi ke dalam diri sendiri. Kalo berubah terus, nanti semua jalan di tempat and puyeng deh jadinya:puyeng:.. Saya juga lagi belajar fokus dan konsisten, makanya blog saya masih ada yang berbau bisnis online, padahal niat utama ngeblog adalah nulis tentang motivasi yang bisa ditemukan dalam hidup sehari-hari

      salam hangat
      ALFRED :sip:

      • @Rahasia Filippo Inzaghi, yap. Betul mas alfred. Fokus saja. Example blog ini. Meskipun titik berat ada di materi motivasi, toh tidak menghalangi untuk bisa menjadi pebisnis online dan memenangkan kontes…

    • Wah, hebat mas arief ini….Kontes affiliate to apa sech,,,maklum saya seorang newbe ru 1 bln jalani bisnis online and ngeblog…Bagi2 ilmunya dunx mas…

    • @mjumani, bangun saja beberapa blog dengan topik yg specific di masing-masing blog.

      Affiliate marketing itu intinya justru di iklannya. Tanpa blog pun bisa. Example… blog saya kan jarang bahas bisnis online, bisa juga toh bisnis onlinenya jalan…

  3. Rahasia Filippo Inzaghi says:

    Pertamax…halo bro, ALFRED di sini:sip::sip::sip:

    Sekali lagi selamat yah mas Arief…:sip::sip:

    Mantab sekali…
    1. alasan dan goal yang kuat
    2. Belajar dari yang terbaik
    3. Review terbaik

    Sharing yang amat sangat bermanfaat mas Arief… langsung jadi referensi nih buat saya :sip:

    Matur nuwun thx u yah

    :sip:
    ALFRED

  4. dian | serunya belajar SEo says:

    hebat mas, saya kagum dengan keberhasilan mas arief. tidak salah jika saya mengidolakan mas. jangan berhenti untuk berbagi ya mas. oh ya beberapa ilmu mas sudah saya terapkan. Thanks ya semoga ini semua dicatat sebagai amal ibadah

    • @dian | serunya belajar SEo, ehm… kayanya masih belum pantas diidolakan mas. Masih jauh.

      Kita sama kok, hanya saja saya memulai bisnis ini duluan. Just it.

  5. Selamat dan Sukses Pak Arif, semoga kemenangan Bapak membawa keberkahan bagi saya sebagai pemula internet. Terima kasih ilmunya.

  6. Sebentar lagi mo Lebaran nih Mas Arief, sekalian mo ngucapin “Selamat Iedul Fithri 1430H” :

    Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan dia keruh,
    Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
    Jika HATI seindah BULAN, hiasi ia dengan IMAN…

    Waktu mengalir bagaikan air
    Ramadhan suci akan berakhir
    Tuk salah yg pernah Ada
    Tuk khilaf yg sempat terucap…

    Satukan tangan, satukan hati
    Itulah indahnya silaturahmi
    Hari telah berganti
    Bulan nan Fitri kan menjelang
    Mohon maaf atas segala kesalahan

    Selamat Iedul Fithri 1430H

    Taqobalallahu minna wa minkum
    Shiyamana Wa Shiyamakum
    Taqoballahu Yaa Kariim

    Minal Aidin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir & Bathin

    Di hari kemenangan ini marilah kita padukan keikhlasan untuk saling memaafkan …
    :hore:

    • @Umar Hadi, selamat juga mas umar. Malah mas menang dua… hehehe punya Mbak Dini sama SEOnya JS.

      Kita-kita perlu belajar banyak neeh sama mas umar hadi…

  7. Selamat ya Mas Arief…Emang gak salah lagi kalo Arief Maulana tuh seorang ahli Affiliate Marketing. Terasa sekali ketika saya pertama kali mengenalnya. Luar biasa mas…Semoga semakin kokoh di Dunia affiliatenya…
    salam..:sip::sip::sip

    • @agung jatnika, trims mas agung. Mas juga luar biasa kok. Jarang nongol tau-tau menang SEO nya JS. Dah gitu punya online store lagi…

      Selalu selangkah di depan saya. Hehehe…

    • @Ricky, betul mas… peluang pasar lokal masih gede kok. Saya juga belajar dari mas Ricky neeh, kan blognya special membahas affiliate marketing.

  8. Mantab Abang Arief YAng satu ini.. Emang Yang terpenting Dari semua di atas adalah BErani melakukan Tindakan… Nice post Kayaknya saia perlu belajar banyak dari mas arif nih…. Tukeran link yuk?/?:hehe:

    • @Hariyadi, boleh… pasang dulu link blog ini, trus di halaman link shabat koment aja untuk konfirmasi. Ntar link segera tak pasang. :sip:

  9. Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang says:

    Mantap mas…bisa jadi no.1…emang bener affiliater top deh..he..he..

    Lumayan tuh hadiahnya sekalian buat nambahin jatah berlebaran..he..he…:sip:

  10. wah.. hebattt…
    selamat ya atas kemenangannya …
    Ramadhan telah membasuh sang hati
    dari noda dan jelaga.
    Saatnya meraih rahmat
    dan ampunan-Nya.
    Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga.
    Mohon dibukakan pintu maaf
    yang sebesar-besarnya.
    Selamat Hari Raya
    Idul Fitri 1 Syawal 1430 H.
    Minal Aidin wal faidzin.
    Taqobalallahu Minnaa wa Minkum.

  11. Selamat ya Mas Arief….
    Juga, selamat Idul Fitri 1430H. Mohon maaf lahir batin. Taqabalallahu mina waminkum, kullu aamin wa antum bikhair. Amien.

  12. Kemenangan ini sungguh2 melengkapi kemenangan yang diraih di Idul Fitri kali ini.

    Ketika pikiran kita mulai tenang, ketika bisa mengatasi diri dari kesibukkan adi-duniawi dan hingar bingar nuansa materialisme, akan terdengar suara nurani yang mengajak kita untuk berdialog, mendekat bahkan menyatu dengan suatu totalitas wujud Yang Maha Hadir (The Omnipresent), yaitu Tuhan. Suara yang terdengar tu adalah suara fitrah kemanusiaan; suara kesucian-kemanusiaan. Suara itulah yang dikumandangkan pada setiap saat diri kita menghadap keharibaan-Nya, dan suara-suara itu adalah : Allahu Akbar, La Ilaha Illallah, Allahu Akbar, Walillahi Alhamd, Takbir yang dikumandangankan saat perayaan Idul Fitri.

    Selamat idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.

    • @Munawar AM, betul sekali mas. Ini bener-bener berkah dan rahmat yang luar biasa.

      Sehingga di hari yang fitri ini, saya jadi bisa berbagi lebih banyak kepada saudara-saudara kita.

      Taqabbalallahu Minna Waminkum.
      Mohon maaf lahir batin.

    • @Arswino Sonata, terima kasih mas Arswino. Anda juga luar biasa. Kiriman email kata-kata mutiaranya bener-bener membuat hari-hari saya menjadi bersemangat dan penuh kepositifan. :sip:

    • @BLOG BISNIS MUKLIS|Motivasi dan bisnis, sama-sama mas. Mumpung ada waktu untuk blogwalking sebelum mudik (liburan).

      Maaf juga jika saya ada salah dengan mas Muklis. :nyembah:

    • @dg-studio,
      terima kasih… :nyembah:

      betul mas. Sebenernya justru dengan meningkatkan volume penjualan, komisi kita pun akan bertambah.

      Sedangkan pemenang… ya dapet sedikit tambahan bonus. Lumayan lah buat berlebaran.

    • @aditya permana, hehehe… amin lah. Dengan begitu, artinya penjualan tidak berhenti di kontes affiliate Dini Shanti aja. Hehehe…

    • @rovi, thanx. Ini udah share mas… baca juga artikel kelanjutannya. Biar ngga ketinggalan sama rekan-rekan yg lain.

      Salam Sukses

  13. Kabar yang sangat menggembirakan.
    Prestasi ini memang sangat pantas diraih Mas Arief.
    SELAMAT dan SUKSES atas keberhasilannya Mas.
    Tidak ada usaha yang sia-sia, tidak ada kesunnguhan yang terbuang percuma, dan waktu akan menjawab semuanya.:sip:

    • Terima kasih mas Umar. Ini adalah salah satu jalan Allah mencukupkan kebutuhan saya yg memang saat ini membutuhkan banyak dana… hehehe

    • @budiawanhutasoit, terima kasih mas. Menulis itu mudah kok mas. Semudah kita berbicara.

      Tinggal apa yg kita bicarain ditulis. Just it.

  14. Assalamu’alaikum wr. wb.,

    Maaf kalo ngga nyambung sama postingannya

    Saya mengucapkan selamat hari raya Iedul Fitri dan mohon maaf lahir bathin atas segala kesalahan dan khilaf yang tidak berkenan dihati selama kita berinteraksi. Semoga Allah Swt menerima ibadah shoum kita di bulan Ramadan, menerima sholat-sholat kita sepanjang ramadan, menerima taubat dan mengampuni dosa-dosa kita semua dimasa yang lalu. Dan semoga Allah selalu menaungi kita semua dalam rahmat dan hidayah-Nya. Amiin. Minal aidzin wal faizin, taqobbalallahu minna wa minkum.

    Wassalamu’alaikum wr. wb. :hihi:

  15. Pingback: Rahasia Saya Memenangkan Kontes Affiliate Marketing | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life
  16. Pingback: Rahasia Menang Kontes Affiliate Marketing Dini Shanti | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,748 bad guys.