Alhamdulillah Ban Bocor!

Oleh : Arief Maulana

Garuda Indonesia

Merasa aneh dengan judulnya? Itulah yang saya alami pagi ini. Kalau biasanya saya mengerjakan tugas akhir ataupun tugas merancang kapal di rumah saja maka mulai hari ini saya mesti stand by di kampus, terutama di Lab Perancangan Dibantu Komputer. Yah, kena tegur dosen pembimbing karena ngga pernah keliatan ngerjain di Lab.

Sudah dan semangat, baru beberapa meter saya saya meninggalkan rumah ban sepeda motor bocor. Untunglah tukang tambal ban terdekat tidak terlalu jauh. Jalan sebentar, sudah sampai. Alhamdulillah bocornya ngga jauh-jauh dari rumah dan dekat dengan tukang tambal ban.

Sambil menunggu ban sepeda motor ditambal + mendengarkan musik (dalam rangka menjaga mood agar tetep bagus), saya teringat sebuah video ESQ yang dibawakan langsung oleh Ary Ginanjar. Di video tersebut kalau tidak salah beliau menceritakan pengalaman pribadinya terkait delay pesawat terbang.  

Ketika itu, Ary Ginanjar tepat beberapa dalam 1 pesawat penerbangan terakhir ke luar negeri bersama para penumpang yang sebagian besar adalah eksekutif bisnis lain perusahaan. Mereka sama-sama berharap penerbangan tersebut tidak mengalami gangguan karena memang keesokan harinya semua eksekutif tersebut ada rapat penting yang tidak bisa ditunda.

Tidak selang beberapa lama, tiba-tiba ada pengumuman bahwa penerbangan terakhir tersebut ditunda keesokan harinya karena ada masalah dengan pesawat terbang yang akan digunakan. Sebagai gantinya, para penumpang pesawat akan diberikan penginapan gratis di sebuah hotel sambil menunggu penerbangan berikutnya.

Mendengar itu, seluruh penumpang meledak semua emosinya. Kemarahan mereka dilampiaskan kepada wanita yang kebetulan bertugas mengurus check in tiket pesawat. Satu persatu melabrak dan memarahi wanita tersebut.

Setelah kemarahan reda dan para penumpang mulai bubar menuju hotel yang dijanjikan oleh pihak maskapai, terlihat mbak yang sedang bertugas itu sedikit menitikkan air mata. Semua ini terasa berat baginya.

Melihat itu, Pak Ary pun mendekatinya. Sebelumnya beliau lebih memilih sabar dan diam alih-alih ikut marah-marah seperti penumpang lainnya. Padahal keesokan harinya beliau juga ada rapat yang sama pentingnya.

Mbak itu nampak cemas ketika Pak Ary mendekat. Mungkin dipikirnya Pak Ary akan ikutan marah juga karena tadi belum dapat giliran. Tetapi ternyata tidak. Alih-alih marah, Pak Ary malah tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Mbak tadi kaget.

“Kenapa Bapak mengucapkan terima kasih? Bukankah perjalanan Bapak jadi terganggu. Bapak berhak untuk marah.” Ujar wanita tersebut.

“Saya berterima kasih karena pemberitahuan mengenai adanya kerusakan pesawat diberitahukan tepat ketika pesawat akan diberangkatkan. Coba kalau itu terjadi ketika pesawat sudah terbang dan saya ada di dalamnya. Saya tidak tahu lagi apa yang akan terjadi” Jawab Pak Ary.

Wanita itu pun berterima kasih dan kini dia tersenyum. Pak Ary kemudian pergi meninggalkan wanita itu, menuju ke tempat taxi bandara mangkal. Namun, belum sempat Pak Ary akan menaiki taxi tiba-tiba ada yang berlari dan memanggil namanya.

Pak Ary menoleh ke belakang. Ternyata wanita tadi yang memanggilnya.

“Pak Ary, tadi saya mencoba menelepon maskapai penerbangan lain yang kebetulan punya tujuan ke tempat bapak. Kebetulan mereka masih punya 1 seat kosong. Hanya saja pesawatnya mungkin tidak senyaman pesawat kami, dan masih harus transit beberapa kali.”

“Paling tidak bapak tidak perlu menunggu sampai esok hari, dan itu bisa meminimalisir keterlambatan bapak. Bagaimana pak? Kalau memang berkenan, nanti saya pesankan tempat. Masalah selisih biaya, nanti kami akan kembalikan kelebihannya.” Kata Wanita itu dengan wajah yang ceria dan penuh semangat.

Pak Ary tersenyum. Daripada dia harus menunggu besok dan tidak menghadiri sama sekali rapatnya karena tidak kesampaian, lebih baik tawaran tersebut diambil. Paling tidak meski terlambat, Pak Ary masih bisa mengikuti rapat penting tersebut.

“Baik, saya ambil. Terima kasih sudah mengusahakannya untuk saya.” Jawab Pak Ary sambil tersenyum.

Cerita itu membuat saya ikutan tersenyum. Saya bersyukur ban bocor sekarang. Bagaimana kalau bocornya kemarin ketika pulang dari kampus. Belum tentu ada tukang tambal ban yang dekat. Dan mungkin ini juga jalan yang memang diatur oleh Allah untuk memberi rezeki di pagi hari untuk tukang tambal ban yang beruntung.

Bisa juga ini adalah cara Allah menyelamatkan saya. Mungkin bila tidak ada kejadian ban bocor, bakal terjadi sesuatu entah apa itu di tengah jalan. Karena saya berangkatnya telat, otomatis kejadiannya terjadi tanpa kehadiran saya disana.

Well, keep positive aja dah. Mudah-mudahan yang sedikit ini ada manfaatnya untuk Anda rekan-rekan.

Salam Sukses,

arief maulana
space

  1. :sip::sip:wah bener2 deh pengalaman pak ary itu oks bgt.. kagum bisa memberikan reaksi yang berbeda hehe. Well mas arief, saya juga pernah mengalami pengalaman pecah ban dan pengalaman delay pesawat seperti pak ary tsb. hasil2nya 50:50 kadang berhasil mengambil hikmah dan tetap bersikap positif, namun tak jarang pula gagal bersikap psoitif. But semua itu pembelajaran.^_^ makasih mas arief uda mengingatkan untuk selalu bersikap positif sepanjang hari (seperti bukunya Norman Vincent Peale:sip:)

    • @Tjia Ngie, bener tuh..karna hidup adalah pilihan, dan pilihan punya 2 resiko, yg menyenangkan dan yg menyusahkan..kalau menyenangkan itu mah gampang bersyukurnya..tp sebagian besar dari kita susah utk bersyukur kalo lagi susah/cemas/apes dsb. padahal itu kan jg bagian dari pilihan hidup…:hihi:

  2. bener banget maas,,,kadang hal yang sudah kita rencanakan tidak berlajan sesuai dengan yang diharapkan, tapi Tuhan berkehendak lain..
    sebenarnya kita-kita banyak mengalami hal ini, hal paling penting adalh selalu berpikir positif seperti kometarnya mas Afred,,,,:sip:

  3. Coba baca buku harun yahya (bisa didownload di situsnya) judulnya “Seeing Good In All” kalo gak salah ada terjemahannya (ebook) di googling aja judulunya “Melihat kebaikan di semua hal”

    saya kira itu sangat bagus :))

  4. belajar investasi says:

    memberikan kebahagiaan kepada orang di saat yang bersangkutan tengah sedih adalah amal yang paling disenangi Allah

  5. Agus Siswoyo says:

    There’s always blessing in disguise. Hikmah yang tersembunyi kadang luput dari pengamatan manusia. Hanya mereka yang bersedia berpikir jernih dan tanggap terhadap lingkungan yang bisa mendapatkan manfaat dari suatu ‘bencana’.

  6. selalu ada hikmah di balik suatu kejadian.. itulah alasan Rosulullah berpesan umtuk selalu berkhusnudzon pada Allah..
    salam sukses…

  7. ini mungkin pelajaran bagi setiap orang bahwa tidak ada yang kebetulan dimuka bumi ini, Semua sudah diatur sedemikian rupa. Tak ada sehelai daun yang jatuh tanpa sepengetahuan-Nya

    • arief maulana says:

      @dian, benar mas. Meski dalam beberapa aspek, kita masih diberikan kesempatan untuk membuat pilihan hidup dengan segala konsekuensinya masing-masing.

  8. waah jadi terinspirasi banget ni bro sma pak ari, jadi tambah wawasan..:hiks:keep being a possitive thinker..

    my post..IPOD Gratis dari Kontes VK

  9. Membaca cerita di atas kelihatannya Pak Ary sudah ikhlas menerima keterlambatan yang bakal terjadi. Tapi ternyata justru dia yang tidak jadi terlambat.
    very inspiring …

  10. contoh ESQ yang jempolan….
    tapi kadang saya menggunakan itu utk menutupi kemalasan saya mencari alternatif

    kalo menghadapi sikon demikian saya juga masih binun mas, apakah menjalaninya saja dgn fikiran positif atau mencari alternatif lain dulu

  11. resellerbisnis says:

    Yups. saya juga sering mengalami kejadian yang tidak mengenakkan (menurut prtimbangan logik saya). kadang bisa menerima seperti p Ary. kadang masih terbawa. kalau belum berhasil di bisnis internet gmn menyikapinya om Arief …?

    • arief maulana says:

      @resellerbisnis, jalan terus. Saya juga pernah kan ada di masa2 ga dapet income apa-apa.

      Dan karena bertahan dalam keyakinan dengan terus mengupdate kapasitas diri, Alhamdulillah sekarang memetik hasilnya.

  12. RuangUsahaInternet says:

    Intinya kita harus pandai-pandai menyikapi persoalan hidup secara positif. Walau terkadang susah atau “lupa”, kita mesti belajar terus…terus …dan terus hingga cara berpikir positif ini menjadi kebiasaan yang mudah dilakukan.

    BTW nice postingnya, pak arief.

  13. Artikel diatas menyentil hati saya. :uhuk:
    Kadang jadi manusia memang penuh kejutan. Rasa-rasanya tidak boleh terlalu cepat mengambil kesimpulan dalam menghadapi segala situasi.
    terutama situasi yang :jedug:
    hati harus tetap dingin:hehe:
    karena kita suka lupa bahwa rencana Tuhan itu Indah:love:

    • arief maulana says:

      @zodiakzone, cooling down dulu kalau lagi panas and kesel. Setelah adem baru biasanya pikiran kita terbuka untuk mengambil hikmah :hihi:

  14. Wah bagus banget ceritanya, klo gitu saya juga musti banyak bersyukur n liat segalanya dari sisi positif. Syukur deh sering hidup susah, jadi lebih tahan banting n gak cemen :hihi:

    • arief maulana says:

      @dafiDRiau, sama-sama. lebih tepatnya terima kasih ke Pak Ary kali yah, kan pengalamannya beliau yg dahsyat.

      saya juga sama-sama belajar kok.

  15. Hikmah dan hidayah bisa datang dimana dan kapan saja… Semoga kita bisa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah…

  16. Alhamdulillah, menarik banget kisahnya mas Arief, qta bisa belajar dari kesabaran pak Ary, memang apapun, segalanya dalam kehidupan ini tidak ada yang bisa mengalahkan yang namanya sabar, sampai ilmu seberapa besarnya / hebatnya tetap saja tutupnya adalah sabar (ditutup dengan sabar)dan yang kedua adalah syukur, apapun kondisinya harus ada syukur (apapun harus disyukuri, walaupun yang didaptnya secara jujur/halal) thank’s mas Arief

  17. Emang benar mas ESQ benar2 bagus dan terbukti bisa memberikan manfaat.Bpk mertua sy yg pernah ikutan dan beliau bercerita byk akan isi dari materi training yg telah diberikannya. Dan kalo sy liat P.TDW pun jg menerapkan isi materi ESQ saat seminarnya dia berlangsung.Dan 1 lg kita sbg hamba yg beriman hrs selalu mensikapi positif segala apa yg terjadi krn itu selalu sarat dgn hikmah. Semoga bermanfaat.

    • arief maulana says:

      @Bisnis di Internet, betul pak ESQ harus jalan. Dan mereka yang sukses ESQnya cukup tinggi.

      Saya mah masih belajar :hihi:

  18. Gila, pengalaman yang keren banget. Hal ini mengajarkan saya untuk selalu mengambil sisi positif dari setiap kejadian.
    Nice done, bro.:sip:

  19. CaraPemula.com says:

    Kita dapat mengambil hikmah dari postingan mas Arief Maulana ini bahwa setiap masalah ada solusinya dan setiap masalah pasti ada hikmah di baliknya.

  20. Kita hanya menjalankan hidup sesuai dengan blueprint yang hanya Allah yang Tahu dari semenjak kita belum lahir sampai kita kembali. Jangan menyesali dengan apa yang telah terjadi tapi bersyukurlah ( merespon positip ) dengan apa yang telah terjadi. Bersabarlah dengan apa yang akan terjadi.

    • arief maulana says:

      @Barkah, bener Pak. Namun demikian, Allah masih memberikan kita kebebasan memilih tindakan seperti apa.

      Tentunya dengan konsekuensinya masing-masing.

    • arief maulana says:

      @evan, betul. Bahkan positive thinking itu sendiri bisa dikontrol lewat positif feeling.

      Makanya dalam kasus ban bocor, gimana caranya saya berusaha menjaga mood (feeling)
      :hihi:

  21. Terkadang yang kita harapkan dengan berbuat baik adalah menerima balasannya secepat mungkin, dan kalau bisa saat itu juga, namun yang terjadi biasanya tidak sama dengan harapan yang berlebihan, intinya berbuat baik wajib dijadikan sebagai identitas diri dan bukan tameng diri, tetap semangat utk berbuat baik apapun dan kapanpun balasannya datang

  22. Wah iya tuh mas saya juga udah pernah nonton filmnya Pak Ary Ginanjar, emang keren.
    Karena emang kualitas seseorangdi tentuin dari kecerdasan emosi dan spiritualnya.

    Thanks udah ngingetin

    • arief maulana says:

      betul. Tinggal kita mau membuka mata hati saja agar bisa melihat makna apa yang terkandung dalam setiap kejadian.

    • arief maulana says:

      @Ardiawan.Com, ga bisa mas. Pesawat itu bannya rigid. Isinya penuh dan padat ga seperti ban biasa yg diisi udara :ngakak:

      • antibanbocor says:

        @arief maulana, mas ban pesawat itu isinya angin juga, cuma dia pakai nitrogen agar nggak beku atau menyusust di udara

  23. Betul Mas Arief. Justru, akhir-akhir ini saya sering merasa gundah dan resah. Rupanya karena tidak mampu bersyukur dalam keadaan apapu. Tetapi, ketika, hati mulai bersyukur, walau seburuk apapun keadaan yang dihadapi, alhamdulillah, keadaan malah jadi lebih baik. Mudah-mudahan, kedepan, dengan sykur, bisa menjadi lebih baik. Amiin..

  24. antibanbocor says:

    alkhamdulillah
    sangat sedikit orang dpt mensyukuri musibah.

    padahal musibah itu satu anugerah yg tidak ada satupun orang yg iri.

    utk anda yg belum bisa menerima musibah ban bocor silahkan lihat ke situs kami

  25. intinya selalu bersyukur dan berperasaan positif terhadap semua hal yang terjadi ya mas bro….. ?
    mantap tulisannya.

    kesimpulannya adalah be thankful. :)

    • @joko, benar mas. Saat kita membiasakan dengan hal-hal positif, nanti ketika hukum daya tarik bekerja, ya hal-hal positif juga yang akan datang kepada kita. Dan sebaliknya.

  26. ya mas, setiap kejadian yang kita lalui pasti ada hikmah na..tapi aneh na kita malah menyalahkan nasib au takdir..padahal klo kita telusuri kejadian apes yang menimpa kita maka kita akan nyadar dan bersyukur..

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,007 bad guys.