Oleh : Arief Maulana

Sudah tiga minggu, saya dan istri saya berkeliling dari satu perumahan ke perumahan lain di Batam untuk mencari rumah kontrakan yang baru. Mau bagaimana lagi, pemilik rumah kontrakan kami yang sekarang menolak untuk diperpanjang masa kontrak rumahnya karena rumah yang ditempati sekarang akan dijual. Maka dengan terpaksa, kami berdua harus keluar dari zona nyaman untuk mencari rumah kontrakan yang baru.

Mencari rumah kontrakan ternyata bukan perkara mudah. Awalnya kami mencari via internet, lumayan juga yang pasang iklan. Hanya saja, rumah-rumah tersebut berada di daerah yang kurang kami minati dan jadikan pilihan terakhir apabila sudah tidak dapat di daerah yang sekarang.

Setelah beberapa kali berkeliling, kami mendapati bahwa sebenarnya ada banyak rumah kosong di daerah sini. Hanya saja statusnya tidak jelas, apakah rumah tersebut dikontrakkan, rumah kosong yang belum dibeli, atau kah rumah yang gagal bayar kredit rumahnya. Ini yang membuat susah, Pun beberapa rumah yang ada keterangannya dikontrakkan, termyata mereka tidak melakukan upaya lebih untuk mengiklankan rumah kontrakannya. Hanya bermodal tulisan “Disewakan” atau “Dikontrakkan, hubungi no. ….. “.

Agen Properti

Sangat disayangkan sebenarnya mengingat di Batam, kebanyakan pekerja adalah pendatang dari luar pulau. Dan yang berkeluarga maupun yang berencana kontrak satu rumah untuk beramai-ramai juga tidak sedikit. Ini bisa berarti sebuah peluang bagi mereka yang mau serius menjalaninya.

Peluang apakah yang saya maksudkan? Agen Properti, itu jawabannya.

Saya membayangkan betapa mudahnya menemukan rumah kontrakan seandainya ada agen properti yang profesional. Dari sisi konsumen, saya tinggal kontak agen propertinya dan menyebutkan di daerah mana rumah kontrakan yang mau saya cari dan spesifikasi dasar rumahnya seperti apa. Di sisi lain, dari pihak pemilik rumah kontrakan pun juga terbantu dalam memasarkan rumahnya. Karena tidak sedikit saya lihat rumah-rumah yang tempatnya agak masuk di perumahan dan tidak terlihat seandainya tidak diberitahu warga setempat ada rumah kontrakan di situ.

Tidak perlu ikut perusahaan besar. Asal bisa memanage data properti di daerah yang akan Anda pasarkan, saya kira bergerak sebagai agen properti yang lepas pun bisa. Apalagi, kalau Anda memiliki pengetahuan di bidang internet marketing, tentu akan memberikan nilai tambah dan memudahkan dalam memasarkan jasa agen properti yang sedang Anda jalani saat ini. Apalagi kini belajar internet marketing kian mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, apapun latar belakangnya.

Seminar Properti
Seminar Properti

Disamping itu, saya melihat bahwasanya trend saat ini adalah seminar-seminar kepemilikan properti ataupun menjadi small developer kian menjamur. Dengan kata lain, akan semakin banyak properti yang diperjual belikan. Anda bisa mengambil posisi disini, sebagaimana layaknya seorang affiliate marketer. Tidak perlu modal yang terlalu banyak, yang penting lihai dalam memasarkan dan berkomunikasi.

Jadi bagaimana menurut Anda tentang profesi agen properti ini? Mau mencoba?

Agen Properti, Profesi Yang Menjanjikan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

2 thoughts on “Agen Properti, Profesi Yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,425 bad guys.