5 Strategi Mempengaruhi Orang Lain (Bagian 2)

Oleh : Arief Maulana

Posting ini adalah kelanjutan dari 5 Strategi Mempengaruhi Orang Lain (Bagian 1). Silahkan baca kalau Anda belum membaca dua poin pertama di posting terdahulu. Bagi yang sudah, mari kita lanjutkan ke poin ketiga.

TINGKAT EMOSIONAL TINGGI

Setiap orang pasti punya kenangan. Kenangan akan momen-momen tertentu yang istimewa tentunya. Kenangan yang tidak mudah tergerus oleh waktu. Tahukah Anda kenapa kenangan tersebut bisa terus ada dalam ingatan kita? Itu tidak lain karena ketika momen tersebut terjadi, tingkat emosional yang Anda miliki sedang berada di titik tertinggi. Oh ya, emosional bukan berarti selalu tentang amarah. Melainkan hal-hal yang mengusik sisi emosi Anda. Itu bisa marah, sedih, senang, dll.

Pada saat tingkat emosional sedang tinggi apa yang ditanamkan ke dalam pikiran kita baik itu sengaja atau tidak sengaja akan mudah masuk dan teringat terus menerus. Itu kenapa para korban bencana, dimana titik emosionalnya sedang tinggi-tingginya, lebih baik tidak mendengarkan pemberitaan media masa yang terus menerus mengungkit-ungkit bencana yang sedang terjadi. Ini akan menimbulkan efek trauma mendalam dan makin sulit untuk bagi mereka untuk melupakan musibah tersebut.

Dalam seni mempengaruhi orang lain, kita bisa melakukannya dengan menciptakan momen-momen yang mengusik sisi emosional terlebih dahulu. Baru kemudian perlahan, masukkan hal-hal yang ingin sampaikan atau kita berikan pengaruhnya kepada orang lain.

momen emosional

momen emosional

Para pemimpin yang baik dan mudah mempengaruhi timnya, dan bahkan mendapatkan loyalitas yang tinggi dari timnya tanpa diminta, biasanya kerap melakukan hal-hal yang sifatnya personal namun memberikan kesan mendalam yang menyenangkan bagi anggota timnya. Lebih lanjut, Anda bisa baca di buku “25 Ways Winning With People” karangan John C. Maxwell. Disana Anda akan mencapatkan lebih banyak contoh-contoh event kecil yang bisa dilakukan untuk mengusik sisi emosional dan menanamkan apa Anda inginkan pada orang lain. Tentunya dalam tujuan yang baik.

THE POWER OF COMMUNITY

Terjadi pada adik saya sendiri. Dulu dia tidak pernah punya keinginan untuk memiliki gadget BlackBerry (BB). Namun melihat satu persatu temannya mulai menggunakan BB dan saling bertukar PIN untuk chatting via BlackBerry Messenger, akhirnya gatal juga adik saya untuk membeli BB. Tekanan komunitas, itulah yang terjadi. Trend yang terjadi pada komunitas sering kali menciptakan tekanan-tekanan sosial tertentu saat kita tidak mengikutinya.

Satu contoh lagi, lingkungan sosial. Katakanlah Anda hidup sebagai seorang pejabat. Di awal mungkin Anda memiliki pemikiran idealis untuk hidup sederhana dan apa adanya. Namun fakta berkata lain. Lingkungan sosial pejabat akan memaksa Anda untuk hidup di atas kesederhanaan. Saat Anda tidak mengikuti apa budaya di lingkungan sosial tersebut, dengan cepat sekali akan menyebar cemohan yang menjatuhkan harga diri Anda. Mau tidak mau Anda harus mengikuti komunitas dimana Anda bergaul.

komunitas pengguna blackberry

Tekanan-tekanan kelompok atau komunitas seperti ini akhirnya akan mempengaruhi kita dalam setiap keputusan yang diambil. Itulah mengapa brand-brand saat ini sedang gencar-gencarnya menciptakan komunitas para pengguna produk mereka. Harapannya adalah produk tersebut menjadi trendsetter dan memberikan tekanan sosial tertentu untuk mempengaruhi orang lain yang belum menggunakan produk tersebut.

Lihat saja BlackBerry. Saat ini sudah bukan barang mewah lagi. Dulu mungkin segelintir orang bisa berbangga menggunakan BB. Terutama para pekerja profesional yang menggunakannya di awal BB masuk ke Indonesia (termasuk saya). Sekarang? Tidak lagi. BB bahkan menjadi icon anak muda gaul di masa kini. Apalagi saat BB harganya mulai turun dan terjangkau. Makin banyak yang menggunakan BB. Walaupun tantangan brand BlackBerry saat ini adalah kehadiran gadget yang mengusung Android.

Kalau Anda sedang mengusung brand tertentu, ciptakan saja komunitas-komunitas yang akan memperkuat produk Anda. Lewat komunitas itu, perlahan bergeraklah mempengaruhi yang lainnya. Ciptakan tekanan sosial yang memaksa orang lain mengikuti ‘permainan’ Anda. Ciptakan kesan : “Ga pake produk ini, ga gaul!” Hehehe…

HYPNOSIS

Kawan saya @DonyPutra_ mendefinisikan hypnosis dengan sederhana sekali. Baginya, hypnosis adalah semua komunikasi, dalam bentuk apapun yang sifatnya efektif dan bisa mempengaruhi orang lain. Salah satunya adalah dengan story telling.

Pernah saya tuliskan di postingan “Social Skill” bahwa story telling adalah salah satu skill yang mesti dikuasai untuk lebih enak bergaul dengan orang lain. Nah, @DonnyPutra_ sendiri memaparkan bahwa story telling yang dilakukan dengan baik dengan menggunakan ekspresi yang tepat, akan mampu mengusik sisi emosional pendengarnya. Balik lagi ke poin tiga, kalau sudah berada pada titik emosional tertentu orang akan sangat mudah untuk dipengaruhi.

Selain story telling ada juga pola-pola lain yang bisa digunakan untuk mempengaruhi. Misalnya dalam hypnowriting untuk menulis sales letter. Bagi yang sudah memiliki produk SMUO, tentu sudah paham tentang pola AIDA + C (Attention, Interest, Desire, Action dan Close). Itu juga sama. Lebih lanjut mengenai pola-pola hypnowriting, Anda bisa baca buku “Hypnowriting” karangan Joe Vitale.

-

Lima poin penting bagaimana mempengaruhi orang lain hasil sharing dan diskusi saya bersama @DonnyPutra_ sudah dipaparkan. Selebihnya gunakan kreativitas Anda untuk menciptakan momen-momen yang melibatkan ke lima unsur ini. Mungkin nantinya tidak semua. Mungkin hanya tiga dari lima poin saja yang bisa Anda gunakan sekaligus. Tidak apa-apa, itu sudah cukup bagus. Lebih banyak tentu lebih powerful.

Pesan saya, bijak-bijaklah menggunakan kelima hal ini. Karena tidak hanya untuk tujuan baik, untuk menipu pun terkadang kelima poin ini bisa digunakan. Saya tetap membagikan ilmu ini karena menurut saya ada manfaatnya. Masalah penggunaannya bagaimana, kembali pada masing-masing pribadi. Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda.

-

Ps. Tambahan lagi dariMas Lulu Kemaludin di kolom komentar :

Tambahan Komentar

Tambahan Komentar

Share This!

43 Responses to 5 Strategi Mempengaruhi Orang Lain (Bagian 2)

  • udah lama nunggu kelanjutannya, trims yah..

    pertamax
    xamthone plus recently posted..Agen Xamthone Plus TubanMy Profile

  • Toko Herbal says:

    “Tingkat emosional tinggi”, cara ini sering digunakan stasiun televisi pada acara lomba2 dengan menceritakan keluarga peserta yang miskin, bermasalah dan lain2. Dan hal ini efektif untuk mempengaruhi pemirsa. Terima kasih mas Arief atas sharenya.
    Toko Herbal recently posted..Madu Anak SyamilMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Toko Herbal, betul dan ini juga amat disesalkan. Why? Karena bila yang melihat adalah korban bencana, trauma malah makin dalam. Sudah kondisi emosional lagi tinggi²nya, eh siarannya diulang-ulang.

    Rohiman Reply:

    @arief maulana, setuju mas. Seringkali korban bencana dimanfa’atkan oleh orang/perusahaan/organisasi untuk kepentingan orang/organisasi tertentu. Thanks.
    Rohiman recently posted..Peluang Bisnis MusimanMy Profile

    anas lee Reply:

    @Rohiman, tidak jangan dipukul rata semuanya sepeerti itu, ketahuan kok yg niatnya memang seperti itu, tapi yg biarlah itu bukan urusan kita, itu urusannya ALlah, bagi yg penting berbuat baik dan yg terbaik bagi kita sendiri dan orang orang lain

    Toko Herbal Reply:

    @anas lee, Kalau memukul rata jelas tidak boleh. Makasih udah mengingatkan. Semoga Allah memberi taufiqk bagi kita untuk berbuat baik.
    Toko Herbal recently posted..Terapi Sakit Jantung Dengan MaduMy Profile

  • Halo mas, apa kabar?

    arief maulana Reply:

    @Budhi K. Wardhana, Alhamdulillah baik mas. Mas sendiri gimana? Lama sekali rasanya mas ga update blog :)

  • Ditter says:

    Mmmm… poin yg paling mungkin saya lakukan sekarang ini adalah repetisi, tingkat emosional tinggi, dan hypnosis dgn story telling. Mudah-mudahan berhasil dalam mempengaruhi beberapa rekan kerja saya di kantor, hehe…. :sip:
    Ditter recently posted..Tidak Lagi Kecanduan Video GameMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ditter, semangat brooo! :D

  • agenHERBALsex.com says:

    Rupanya ada Juga Hypnosis yang baik, selama ini kalau mendengar hypno… konotasinya selalu ke hal-hal yang buruk yaitu bukan mempengaruhi tapi memaksa orang lain dalam hitungan detik.

    arief maulana Reply:

    @agenHERBALsex.com, pada dasarnya semua ilmu itu netral mas. Tinggal kitanya, mau dipake ke arah (+) atau ke arah (-).

    Lulu Kemaludin Reply:

    @arief maulana, Great! Setuju om! :sip:

  • Artinya kreatifitas sangat dituntut untuk penggabungan ke 5 hal tersebut ya mas? Thanks for your share.
    Teknik Dasar Futsal recently posted..Tingkatkan 5 Hal Penting Dalam FutsalMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Teknik Dasar Futsal, wajib. Kalau kreativitas bermain, ke-5 hal ini bisa dijalankan dalam secara efisien. Misalnya dalam 1 event ada 2-3 poin yang terlaksana. Sehingga efek mempengaruhinya lebih besar.

    Teknik Dasar Futsal Reply:

    @arief maulana, Terima kasih mas Arief.
    Teknik Dasar Futsal recently posted..15 Tips Meningkatkan Stamina Pemain FutsalMy Profile

  • yoetama says:

    wah telat nyimak ini,, baru jalan2 ke sini,, salam
    yoetama recently posted..suka duka kontes seoMy Profile

  • ya…ya…
    aku sering mendapatkan pelatihan bahwa, untuk mendistributsikan produk kesetiap rumah, kita harus banyak berbagi cerita tentang hasil produk.
    sharing cerita hasil produk yang luar biasa, juga bisa menghipnosis orang lain untuk ikutan mencoba produk ini.

    orang lain tidak membeli produk yang kita jual, tapi mereka membeli kepercayaan kita terhadap produk yang kita tawarkan berdasarkan sharing cerita yg kita sampaikan.

    arief maulana Reply:

    @Joko Disini Saja, sebenarnya konsep seperti ini sudah ada dari jaman dulu. Kita kan hobi cerita tuh, dengan sukarela cerita kalau puas atau tidak puas terhadap sebuah produk. Nah, sekarang tinggal diarahkan aja. Mau cerita tentang apa? Ya tentang produk yang mau kita jual. Tentunya berdasar pada user experience.

  • Toko Baju Online Bandung says:

    bagus juga nih infonya,,
    thx y yang udh posting

  • koreksi mas… tidak semua pejabat gaya hidupnya di atas keserhanaan…. banyak juga yang hidupnya sederhana… :sikut:
    Blogger Bahagia recently posted..Gaya Hidup Aktif itu MenyenangkanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Blogger Bahagia, maksud saya sebagian besar mas. Karena tuntutan sosial pejabat sulit dielakkan. Kalau memang benar bisa bertahan dengan kesederhanaan, itu bagus. Tapi sulit biasanya.

    blog informasi dan hiburan Reply:

    @arief maulana, tergantung manusianya mas arief.. masih banyak pejabat yang idealis…..

    arief maulana Reply:

    @Omjun, ini sepertinya pejabat ini yang bersuara. Hahahaha…. Bagus deh kalau masih idealis.

  • Grandchief says:

    Sekarang mungkin tantangannya bagaimana cara mempraktekannya :)
    Grandchief recently posted..Liga Champions Pertandingan IMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Grandchief, pola pikirnya dibawa ke yang sederhana dulu saja mas. Contoh :
    Poin 1 : Repetition –> dipromosikan berulang-ulang.
    Poin 2 : Authority Figure –> bangun personal branding, atau bisa minta bantuan temen2 yang sudah populer untuk ngebuzz
    Poin 4 : Komunitas –> main-main di forum atau bikin komunitas sendiri. Contohnya seperti Group di FB atau Fans Page.
    Poin 5 : Hypnosis –> belajar hpynowriting & nulis salesletter :D

    Ini contoh sederhana mas.

    Toko Sepatu Online Reply:

    @arief maulana, Alhamdulillah dapat tambahan ilmu baru. Terima kasih mas Arief.
    Toko Sepatu Online recently posted..Sepatu Futsal Adidas F10 Adizero PrimeMy Profile

    Lulu Kemaludin Reply:

    @Grandchief, kuasai salah satu atau satu per satu… Apalagi jika ingin hasilnya maksimal. Karena sukses bukan berarti serba bisa.

    arief maulana Reply:

    @Lulu Kemaludin, bener banget. Kalau tidak bisa semua, coba ambil satu poin dulu dan dalami.

  • Belajar Bisnis Online GRATIS says:

    ilmu yang sangat bermanfaat sebagai modal kita untuk memperkuat interpersonal skill dalam menghadapi orang lain. Akan membuat kita lebih disukai dan bisa membuat rekan kerja kita lebih respek. Thanks mas Arief. Anda memang hebat..

    arief maulana Reply:

    @John Martin, saya juga masih sama-sama belajar kok pak. Makanya sambil belajar, sambil saya sharingkan. :D

  • Andi Sakab says:

    saya suka point yang terakhir hehe
    Andi Sakab recently posted..Hindari Ketergantungan Dalam BekerjaMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Andi Sakab, wah, udah biasa menghipnosis orang ini :p

  • Ijin menambahkan mas Arief.. :)

    Ada 8 strategi lainnya yang pernah saya pelajari, diantaranya:

    1. Ingratiation Tactics: Strategi ini sama seperti teori “Give and Take”, yaitu sebuah strategi dimana kita berusaha untuk membuat si target merasa win terlebih dahulu, sebelum mengajukan permintaan yang sebenarnya.

    2. Inspiration Appeals Tactics: sebuah strategi / taktik dengan meminta ide si target untuk membangkitkan antusiasme si target.

    3. Pressure Tactics: strategi dengan memberikan ancaman / peringatan. Sudah gak asing pak komandan mengancam pecat bawahan kalo gak becus.. :D

    4. Rational Persuasion: siasat meyakinkan orang lain dengan memberikan pendapat yg logis / masuk akal.

    5. Personal Appeals Tactics: Ini sebuah strategi untuk mempengaruhi seseorang dengan landasan persahabatan.

    6. Exchange Tactics: Ini hampir sama dengan teknik yg sebelumnya (poin 5), namun ini lebih dari itu, misal karena kita memiliki ide yg sama, hobi, dll.

    7. Coalition Tactics: Strategi sebuah “kemenangan / keberhasilan” karena jumlah pengikut dipakai dalam siasat ini. Misal berkoalisi dengan pihak lain. Sudah gak asing kali yah, kalo pemilu… :D

    8. Legitimizing Tactics: Menggunakan kekuasaan (otoritas)… Gak asing juga untuk seorang presiden atau seorang raja.

    Rekomendasi Buku:
    “Consequences of Influence Tactics used with Subordinates, Peers, and the Boss”

    Tambahannya bisa jadi satu postingan yah.. :puyeng:

    Semoga bermanfaat untuk semuanya… :)
    Lulu Kemaludin recently posted..Info Workshop Jadi Semakin Mudah DidapatMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Lulu Kemaludin, saya sudah masukkan di dalam postingan mas, tambahan-tambahannya :D
    arief maulana recently posted..Belajar Menghargai Proses Perubahan Diri SendiriMy Profile

    Lulu Kemaludin Reply:

    @arief maulana, :ngakak: pertama kali seperti itu… :D thanks… :)
    Lulu Kemaludin recently posted..Info Workshop Jadi Semakin Mudah DidapatMy Profile

  • formula bisnis mlm says:

    Coba praktek yang repetisi dulu ah…:sip:

  • Franky T says:

    Tentunya ke 5 poin ini memiliki sebuah benang merah yang tidak terpisahkan, jadi alangkah baiknya kalau penerapannya secara keseluruhan, karena dari poin selalu memiliki nilai positif yang berbeda, tapi tetap harus diterapkan untuk sebuah tujuan yang mulia. Thx Mas Sharenya. GBU
    Franky T recently posted..Lowongan Kerja Garuda IndonesiaMy Profile

  • Endi Al Chemy says:

    strategi2 diatas diantaranya sudah saya terapkan, sebagiannya belum. Benar-benar hebat!.. :D

    arief maulana Reply:

    @Endi, kalau diterapkan semua, jadi hebat luar dalam kali ya :p

  • kang hary says:

    menarik. tapi too much.. bagi saya bisnis adalah masalah kemauan, keberanian dan kesabaran. dan satu hal yg paling penting dlm bisnis adalah siap untuk gagal. jangan pernah menghitung tentang keuntungan atau kesuksesan. karena pada dasarnya kita ini sudah terlahir untuk sukses, tapi kita tidak pernah menyadarinya, tidak mau tahu hal itu. jadi tanpa kita rencanakan atau atur untuk suksespun, kita bisa sukses. jadi jangan pernah untuk merencanakan sebuah kesuksesan, tapi rencanakanlah kegagalan. karena sebuah kesuksesan itu terlahir dari ribuan rahim kegagalan.

    arief maulana Reply:

    @kang hary, dan juga kejujuran. Biar ga sikut kanan kiri, atas bawah hanya untuk menaikkan omzet.

  • setuju mas arif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 440,338 bad guys.

Advertisement
Kategori Tulisan
Arsip