5 Penghambat Aliran Rezeki

Oleh : Arief Maulana

penghalang rezeki, penghambat rezeki, membuka pintu rezekiTidak sia-sia rasanya saya mbelani berkantuk-kantuk ria disertai sergapan dinginnya udara malam di Pacet.  Apalagi saya lupa membawa jaket atau semi jas untuk sekedar menghangatkan diri. Yah, tuntan hidup sebagai pengganti ayah, kudu siap kapanpun diminta untuk menyetir mobil kemanapun ortu pergi.

Kepergian saya ke Pacet kali ini bukan untuk rekreasi, melainkan ke Pondok Pesantren tempat Wulan, adik saya, di godok dan dicetak menjadi pribadi unggul yang berprestasi. Kebetulan seluruh wali murid murid santri diundang untuk wisudaan + pengambilan raport. Bukan Wulan saya yang diwisuda melainkan anak-anak MTs-nya. Jadi kedatangan kami cuma untuk ambil raport saja.

Tadinya saya pikir bisa ambil raport terus ijin pulang duluan. Ternyata tidak. Pembagian raport ditaruh di akhir acara (sekitar jam 11.30 malam). Wah, repot ini pikir saya. Jatah tidur tadi siang rasanya hanya cukup untuk mengcover rasa kantuk sampai jam 10 saja. Akhirnya demi ibu (ayah ngga ikut), saya cari warung di sekitar sana dan memaksakan diri ngopi 2 gelas (addict, hehehe…). Setelah ngopi 2 gelas + nge-mie 2 porsi (kejangkit laper gara-gara udara dingin), ngga terasa udah jam sepuluh. Saya balik ke tempat acara. Ternyata acaranya bertepatan dengan waktunya ceramah agama.

Tidak seperti ceramah agama yang biasa dibawakan dengan membosankan, Al Ustadz Syekh Ali benar-benar luar biasa dalam membawakan tausiah malam ini. Ilmu komunikasi yang dimiliki benar-benar keren disamping memang pembawaannya yang humoris. Namun demikian hal tersebut tidak mengurangi kewibawaan beliau sebagai seorang Kiai yang cukup disegani. Materi tausiahnya cukup bagus, yaitu 5 Penghambat Aliran Rezeki. Dan karena bermanfaat saya sharingkan resumenya untuk Anda semua.

space

5 Penghambat Aliran Rezeki

Sesungguhnya pada diri setiap manusia, telah ditetapkan bagi mereka rezekinya sejak roh ditiupkan pertama kali ke dalam kandungan ibu. Bermacam-macam tingkatan rezeki setiap manusia. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa berubah karena walau bagaimanapun itu adalah hak prerogatif Allah SWT.

Rezeki yang dituliskan tersebut bisa diibaratkan 1 botol aqua yang penuh berisi air. Ketika itu habis maka habislah usia manusia hidup di dunia ini. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa rezeki telah ditetapkan, hanya tinggal bagaimana cara kita meraihnya. Anda mau meraihnya dengan jalan halal penuh berkah, ataupun dengan jalan haram yang pasti sudah ada jaminan rezeki untuk kita semua. Maka tidak salah jika AA Gym, Ust. Mansur, dll, lebih suka mengatakan menjemput rezeki daripada mencari rezeki.

Beberapa dari kita mungkin meras, kok ya rezeki saya rasanya seret banget. Usaha ini itu, tidak juga membuahkan hasil Pokoknya serba sulit deh. Jika itu terjadi, maka kita perlu introspeksi diri. Jangan-jangan ada hal-hal yang membuat rezeki kita ditahan oleh Allah hingga sampai akhir hayat pun kita hidup berkesusahan. Nah, ada 5 hal yang menjadi penghambat rezeki kita yaitu ….

1. Hilangnya Rasa Tawakkal Kepada Allah

Kadangkala ketika rezeki kita mulai mengalir, ada rasa bangga dalam diri. Seolah-olah kita merasa bahwa ini semua adalah hasil dari kerja keras dan semangat pantang menyerah yang ada dalam diri kita. Kita merasa super hebat dan luar biasa. Kita lupa bahwa kesemuanya itu tidak terlepas dari faktor “x” yaitu Maha Pemurah dan Pengasihnya Allah.

Ketika itu terjadi, maka bersiaplah karena itu adalah titik balik dari tanjakan kesuksesan kita. Dan itulah titik balik dimana kita bukannya naik malah terus meluncur ke bawah. Bukankah Allah sudah berfirman “… Aku adalah seperti prasangka hambaku…”. Maka, pada saat kita berpongah-pongah ria dan lupa kepadaNya, maka Dia akan menganggap kita tidak membutuhkannya lagi. Disaat itulah Allah berpaling dari kita dan mencabut faktor “x” yang sebetulnya banyak mendominasi keberhasilan usaha kita.

2. Terlalu Banyak Dosa

Terlalu banyak dosa akan membuat hati kita tertutup debu. Memupuskan setiap doa yang dipanjatkan ke langit. Bahkan ada seorang Syekh terkenal yang mengatakan bahwa penutup dari pintu rezeki adalah dosa yang terlampau banyak. Sedangkan pembukanya adalah taubat. Jadi kalau Anda merasa rezeki seret, cobalah bercermin dosa apa saja yang sudah Anda perbuat selama ini.

Allah itu adil. Siapa yang berusaha maka pasti akan diberikan hasil. Ada hukum tanam benih tuai hasil. Selama kita usaha, ada hasil dibalik semua itu. Kalau kita tekun pasti berhasil. Tapi kalau tidak berhasil, dosa apa coba yang ada dalam diri kita. Jadi segeralah bertaubat. Saya pikir itu wajar dan bisa dianalogikan dengan mudah. Bayangkan saja Anda adalah karyawan di sebuah perusahaan. Kira-kira kalau perilaku Anda tidak baik, kerjaan ngga pernah beres, mudah dapet promosi kenaikan jabatan ngga? Kira-kira atasan melirik Anda ngga ntuk dinaikkan jabatannya? Apalagi Allah yang punya kuasa menaik turunkan rezeki dan kedudukan kita.

3. Berbuat Maksiat dalam Mencari Nafkah

Jaman sekarang jujur itu susah, orang yang ngga jujur aja kadang masih susah dapet duit. Akhirnya mark up sana mark up sini. Demi mencari uang melimpah. Sikut sana sikut sini, kalau perlu pakai dukun atau sewa orang untuk melakukan hal yang tidak-tidak. Ini terang-terangan membuat rezeki kita ditahan oleh Allah. Andaikata kita merasa dapat banyak duit itu semua tidak berkah. Dan ciri-ciri harta yang tidak berkah diantaranya :

  • Sering dibelanjakan untuk hal yang sifatnya sia-sia belaka. Tidak banyak mendatangkan manfaat, baik dirinya maupun orang lain dan lingkungan sekitarnya.
  • Sering dilanda penyakit, baik itu penyakit lahir maupun penyakit batin (iri, dengki, dll)
  • Sulit sekali hatinya tergerak untuk membelanjakan harta berlebih tersebut di jalan Allah. Padahal di setiap harta kita, ada hak orang lain yang mesti diberikan.
4. Dalam Bekerja Sering Melupakan Allah

Ciri-ciri paling mudah ditemui adalah meremehkan Shalat. Ketika kita benar-benar sibuk dan tiba waktunya shalat, kita cenderung menunda-nunda. Lebih penting kerjaan daripada shalat. Bahkan yang kebangetan, sampai ngga shalat gara-gara kerjaan. Atau bisa juga berupa ketidakjujuran dalam berbisnis. Kita menganggap tidak ada yang tahu kebohongan kita. Itu artinya, kita sudah melupakan Allah yang selalu mengamati dan mengetahui setiap tindakan kita. Kalau Anda luoa padanya, Dia pun dengan mudah melupakan Anda.

5. Enggan Bershodaqoh

Shodaqoh itu memiliki beberapa kelebihan jika dilakukan dengan ikhlas.

  • Menolak “bala” yang datang kepada kita, entah itu berupa penyakit, musibah, ataupun hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Kalaupun terpaksa terjadi (karena kehendak Allah), maka skalanya akan menjadi lebih kecil untuk kita.
  • Pupuk Kebaikan. Maksudnya dengan kita rajin bershodaqoh, sama artinya kita menebar pupuk-pupuk kebaikan. Ini nantinya akan menyuburkan pohon kebaikan dan berujung pada hak kita untuk memetik buah kebaikan itu sendiri. Bukankah sudah janji Allah bahwa setiap kita bershodaqoh dengan ikhlas, Alah akan melipatgandakan gantinya untuk kita. Cobalah dan buktikan sendiri.
  • Menjadi pelicin turunnya rezeki. Sudah banyak orang sukses yang merumuskan teori “Makin banyak memberi, makin banyak menerima”. Keluarkan sebagian harta Anda untuk shodaqoh dan tunggulah, sesungguhnya akan datang lebih banyak ganti yang dibarikan oleh Allah. Itulah mengapa orang-orang sukses kelas dunia (Donald Trump, Warren Buffet, Bill Gates, dll) berlomba-lomba menyumbangkan sebagian harta ataupun penghasilan dari bisnisnya untuk kegiatan sosial. Dan Anda lihat, bukannya bangkrut, malah bisnis mereka semakin besar.

Saya kira ini dulu sharingnya. Semua materi di atas saya resume dari tausiah Al Ustadz Syekh Ali dengan penafsiran ala Arief Maulana. Jika ada yang salah, mohon dimaafkan dan dibetulkan karena tidak ada manusia yang sempurna.

Salam Sukses,
Photobucket
space

133 Responses to 5 Penghambat Aliran Rezeki

  • bunda says:

    Pertamax

    arief maulana Reply:

    @bunda, :waaa: argh… GAGAL PERTAMAX :nangis:

    bunda Reply:

    @arief maulana, :hore: loh masa yg punya mw jd pertamax…yang nyambut saya siapa donk…..hehehe akhrnya tergoda juga u komen..

  • bunda says:

    :sip: betul mas.,rezeki dah digariskan….yuk dijemput.ga usah dicari..

    wiwinds Reply:

    @bunda, betul bunda..tapi tetap usaha kan bunda?
    slm kenal bwt bunda.:sip:

    arief maulana Reply:

    @wiwinds, yuk… betul mbak… kamsud bunda menjemput ya dengan usaha hehehe :hihi:

    bunda Reply:

    @wiwinds, :sip: ya mbak…namanya menjemput ya pake usaha…kalo ga njemput namanya nunggu…diam no action cuma bisa resah….Salam kenal juga..penikmat blog motivasi MA

  • Reza Fauzi says:

    sodaqoh, ngasih duit malah dapet duit gitu istilahnya ya :sip:

    arief maulana Reply:

    bukan mas… ngasih duit dapetnya duit berlimpah-limpah… hanya jika Anda ikhlas… :mataduitan:

    wiwinds Reply:

    @Reza Fauzi, betul kata mas arif…shodaqoh bisa dapetin hasil yng melimpah..dan arahnya nggak pernah disangka2……

    sudah shodaqoh belum mas?

    arief maulana Reply:

    @wiwinds, sudah dwong… :hihi: tiap ada yg masuk rekening… langsung keluar 10%.

    Lha itu lho yg buat bisanis lancar terus2an ada aja yg masuk ke rekening…

    And doa orang yg kebagian jatah itu kan tapa hijab… langsung naik ke langit! :sip:

  • Winarno says:

    5 Penghambat rizky yang bagus Mas, perlu diterapkan. Good info…makasih Mas:baca:

    arief maulana Reply:

    @Winarno, eh bukan diterapin lho mas… tapi dihindari heheheh … :hihi:

  • Ardy Pratama says:

    ksuskesan psti gak trlpas dri faltor ‘x’, yaitu cmpur tngan Allah dlam stiap usaha dan perkejaan kita….

    Bnar apa yg dktakan mas arief diatas, benar… saya setuju. Trkadng merasa bangga dngn apa yg ddpat smpai lupa brsyukur… :)

    ola mas, ni ratna.. :ngakak:

    arief maulana Reply:

    @Ardy Pratama, ssst…:bisik: jangan diungkit-ungkit dwong… :diem:. Ntar bisa jatuh neeh reputasi… :mimisan: :telpun:

    Ardy Pratama Reply:

    @arief maulana, :ngakak::ngakak::ngakak::ngakak:

  • petanionline says:

    kadang kesombongan manusia yang bisa menghambat rezeki…hukum alam menanam akan tuai akan lebih dahsyat lagi di iringi rasa ikhlas…moga bisa menerapkan 5 yang di atas:ngakak:

    arief maulana Reply:

    @petanionline, wadew… kalo diterapin bisa seret rezeki mas… :tidur::tidur: itu untuk dihindari…

    petanionline Reply:

    @arief maulana, maksudnya di terapkan untuk di hindari….:hihi:

    arief maulana Reply:

    @petanionline, hihihi… jangan2 fast reading neeh! :puyeng:

    petanionline Reply:

    @arief maulana, maybe pas baca lupa minum kopi:sip:

    rudy azhar Reply:

    @petanionline, sebaiknya jangan minum kopi Mas, jadi tambah puyeng…:waaa:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, Capucino aje… enakan!

    petanionline Reply:

    @arief maulana, senegx minum moca:hihi:

    Ardy Pratama Reply:

    @arief maulana, wakaakakaka… kykx mas :hihi:

  • hade says:

    Pin 1, 4 & 5 nih masih sering menimpa diriku. Masih dalam proses pencarian “default” diri yang pas…, semoga bisa menjaga kelima poin diatas.

    Thx Mas…

    arief maulana Reply:

    @hade, lebih pas kayanya smoga bisa menghindari 5 hal di atas

  • Susilo says:

    Ass mas Arief, sungguh sarapan rohani dipagi ini yang bagus dan memberi kesejukan bathin dan jiwa, artinya rumus dari A+B+C+D harus diterapkan untuk sukses Alat+Usaha+Cita-cita+Do’a dan pagi ini kita harus terus memohon pada yang maha kuasa untuk menjemput rezeki.

    arief maulana Reply:

    @Susilo, yup… diawali dengan basmalah dan diakhiri dengan alhamdulillah… :sip:

  • Sebab musabab rejeki tersumbat telah diuraikan dengan baik oleh Mas Arief.
    Instropeksi diri untuk menemukan akar masalah adalah baik.
    Jangan sampai instropeksi justru dilarikan ke dukun, dengan maksud untuk diruwat, hehehe…

    arief maulana Reply:

    @Umar Puja Kesuma, kalo ke dukun blogger (MH) gpp mas… biar blognya rame :ngakak:

  • Tapi Allah SWT itu maha welas asih kok. Walaupun dosa bertumpuk dan maksiat menggunung bahkan kafir sekalipun, DIA tetap memberi makan makhluk ciptaannya.
    Wallahu’alam…
    Ada rahasia di balik itu yang hanya Ia ketahui.

    arief maulana Reply:

    @Umar Puja Kesuma, emang Maha Pemurah and Pemaaf Allah…

    kita nya aja yg suka kebangetan…
    :lempar: :mimisan:

    Does Ichtiah CP Reply:

    @Umar Puja Kesuma, kalau gak salah, rahasianya adalah (yg pernah kudapatkan ilmunya) nikmat di dunia hanya 1% untuk semua makhluk di dunia, sedang di akherat adalah 99% hanya untuk yang beriman pada Allah SWT…betul gak Mas??LamKenal:nyembah::nyembah

    sari Reply:

    @Does Ichtiah CP,
    hemmm..beda ya mba dg yang saya dengar.katanya di mulai dari subuh diseluruh dunia itu hanya mendapatkan jatah 1% nikmat yang diberiakan Allah.dan 99%nikmat itu adanya di madinah 24 jam.madinah adalah kota yang penuh barokah,disana tidak ada yang namanya maksiat,pada batasan yang terdapat di kota madinah, jika kita melakukan kejahatan atau mengatakan sesuatu yang buruk maka Allah tidak akan mengampuninya.Allahu’alam.disana anda tidak pernah merasakan khawatir diculik atau dilecehkan,karena hal tsb tak ada yang melakukannya(itu pengalam saya)salam kenal mba…

    arief maulana Reply:

    @sari, weis…. sarat ilmu semua neeh disini. Dahsyat!:hihi:

  • ALHIJR ADWITIYA says:

    ..DUH ..JADI BAHAN INTROSPEKSI ..NIH…,,

    INi BENER BENER HRUS DIRENUNGKAN OLEH SETIAP MANUSIA TERUTAMA MUSLIM N MUKMIM

  • ALHIJR ADWITIYA says:

    TUGAS KITA MENJEMPUT REZEKI…KALW KATA Aa Gym

  • Tri Agung Y says:

    “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap bulir tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui ” (QS. 2:261)

    arief maulana Reply:

    @Tri Agung Y, terima kasih tambahannya mas… :nyembah::nyembah:

  • rudy azhar says:

    5 point yang dibabarkan Mas Arief diatas emang benar, tapi rahasia Allah tetap menjadi rahasia, kenapa saya katakan begitu? karena saya pernah mengalaminya sendiri dan saya sudah berusaha untuk merubahnya mulai dari point 1 sampai 5. Wejangan dari Ustad Yusuf Mansyur dalam hal bersedekahpun udah saya terapkan tapi waktu udah berjalan 2 tahun rezeki saya sampai sekarang masih juga terhambat
    Memang dikatakan kita harus bersabar dan sabar itu tidak ada batasannya, sementara kebutuhan hidup terus berjalan, gimana kita harus mengatasinya ya? Bisa tolong kasih jalan keluarnya Mas?:kembik2:

    fajar Reply:

    @rudy azhar, menurutku sih ga cukup cuma sabar, tapi iktiarnya harus maksimal, kl dah berdoa, ikhtiar maksimal kan tinggal tunggu janji nya Allah.

    rudy azhar Reply:

    @fajar, Yang kasih komentar kok nggak ngasih link sih, jadi nggak tau nich yang ngasih komentar…:mlorok:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, kayanya ngga punya blog mas.. cuma pengunjung setia blog AM.com :sip:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, coba baca ini mas http://ariefmaulana.com/2009/04/berkat-tuhan-datang-tepat-pada-waktunya/

    Kadang2 ada lho mas… dosa2 tersembunyi yg kita g tahu. Kita sih ngerasanya fine2 and lurus ae… tapi dimata Allah atau manusia yg lain itu udah ngga pas… :hihi:

    rudy azhar Reply:

    @arief maulana, Hati-hati Mas, Tulisannya Allahnya kok huruf kecil? ntar kuawat lo…:hiks:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, udah digedein mas… :hihi:

  • fajar says:

    wah pagi2 baca artikel ini bikin semangat aja kerja

    arief maulana Reply:

    @fajar, sip… full of spirits is the key of success :sip:

  • Stop Dreaming Start Action says:

    Posting yang fresh mas…thanks buat waktunya ya mo posting ini sepulang dari pacet..he..he..

    Btw, lain kali diposting masalah pelicin rejekinya ya…:hehe::hehe::hehe:

    arief maulana Reply:

    @Stop Dreaming Start Action, pake sabun colek katanya bisa licin mas… :ngakak:

    Kan udah ada tuh… saya bahas di atas… banyakin aja shodaqohnya

  • saya pikir semua point di atas sifatnya universal, setiap orang yang berbuat baik dan bisa menahan nafsu, pasti akan selamat sampai tujuan akhir..

    arief maulana Reply:

    @mashengky.com, yup… btw kok masih banyak ya yg bilang… akan saya lakukan atau diterapin. PAdahal 5 hal diatas kan untuk dihindari, hahaha…

    Prosesor Pentiumnya mulai keliatan neeh… :ngakak:

    mashengky.com Reply:

    @arief maulana, belum core 2 duo mas.. masih AMD (abri masuk desa)

    Ahmad N Reply:

    @mashengky.com, ya mungkin, bacanya cepett2an jd ada 1-2 kata yang ga kebaca, jd salah deh kayak saya:puyeng:, komenya kurang aja hurufnya…

    arief maulana Reply:

    @Ahmad N, wkwkwk… jebakan fast reading mas… :lempar:

    candradot.com Reply:

    @arief maulana, bacanya penuh nafsu mas, jadi nggak dibaca pelan2. alias buru2 pengen komen.

    plis deh ah…

    arief maulana Reply:

    @candradot.com, nepsong soale pengen pertamax… :ngakak:

    rudy azhar Reply:

    @mashengky.com, Saya udah banyak berbuat baik Mas, tapi nafsu ini yang susah dikendalikan…:jedug:

    Does Ichtiah CP Reply:

    @rudy azhar, wedew…bahaya Mas…:-)lamkenal

    rudy azhar Reply:

    @Does Ichtiah CP, bahaya emang sih, makanya saya minta wejangan nih (jangan diartikan jorok ya…)

    Does Ichtiah CP Reply:

    @rudy azhar, nggak jorok lho…banyak macam…nafsu makan, nafsu tidur, nafsu kerja, nafsu marah…dll …ya kan??

    mashengky.com Reply:

    @Does Ichtiah CP, aduh maap kalo sm ibu2 harus sopan gitu ganti..:sip:

    arief maulana Reply:

    @mashengky.com, :ngakak: betul mas! Kalo ngga sopan ntar kualat

  • Mike says:

    mudah-mudahan saya tidak termasuk ke dalam kategori di atas:lompat:

    artikelnya bagus mas..inspiratif dan mengingatkan lagi bagi yg lupa.
    salam kenal ya..:shakehand:

    arief maulana Reply:

    @Mike, salam kenal juga mas… ntar aku tak mampir kesana…:sip:

  • iskandaria says:

    Mau nambahin lagi. Salah satu penghambat rezeki yaitu suka berbuat sesuatu secara tidak ikhlas atau tidak tulus. Sebab salah satu kunci rezeki terbesar adalah ketulusan hati. Termasuk kemurahan hati. Lainnya udah masuk dalam 5 poin di atas.

    arief maulana Reply:

    @iskandaria, :sip:

  • muna says:

    muna minta ijin pake buat materi konten blog ya mas.. ga copas kok, nulis lagi dari sudut pandang muna.. teteub, ntar muna taro link mas arief.. mohon kritiknya ya mas kalo udah jadi.. materi nya telak soalnya.. makasih udah diingetin lagi lagi dan lagi..

    rudy azhar Reply:

    @muna, silahkan aja muna, selama postingan ini dirasa bermanfaat untuk di copas mentah-mentah juga boleh (lho kok saya pula yang ngasih izin???):nyembah:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, hahaha… gpp mas… santai aja…

    Someday i believe your blog will be full of traffic:hihi:

    arief maulana Reply:

    @muna, oh silahkan mbak… mo copy banner saya disamping dan dipasang juga boleh… udah tak sediain tuh codenya… hehehe…

    Link asli kesini tolong dicantumin yah! :nyembah:

  • Does Ichtiah CP says:

    Betul banget Mas, kalau kita sudah mendalami,memahami dan menghayati arti datangnya rejeki, pada waktu rejeki kita seret, tetap harus bersyukur dengan nikmat-nikmat yang sudah kita dapat diantaranya berupa kesehatan dan kesempatan hidup…sehingga menjadikan kita tidak merasa seret…Karena yang namanya rezeki tidak hanya dalam bentuk materi terutama uang…Toh semuanya tidak kita bawa bila kita mati nanti…Setuju??

    arief maulana Reply:

    @Does Ichtiah CP, yup… rezeki ngga cuma uang… sehat pun rezeki… rasa tenang pun rezeki (rezeki bathin) :sip:

  • d D4n says:

    weh, msih segar nich artikel!!! :love:

    ya ya ya, :mlorok: bgus jg.

    btw, gmna pndpt mas2 disni tntang poin no.3 :lirik:

    sring diblanjain pd hal2 yg tdak brguna.

    klo kta mblnjkan hal yg brguna
    tpi duit nya hram gmna tuch??
    :ngupil:

    kyak bli bku cuma duit nya hsil nyolong!!! :ngikik:

    tuch bkan gw yach!!!! :kesel:

    arief maulana Reply:

    @d D4n, podo ae mas… dosa… dosa… dosa… ah… ah… ah… :ngakak:

  • Ahmad N says:

    Boleh tuh mas Arief blajr banyak lagi, Nyusul Jadi Ustadz..:ngakak:
    Ya Hal si atas jangan samapi dilakukan… Yang baik aj yg dkerjakan..:sip:

    arief maulana Reply:

    @Ahmad N, ah saya mending jadi pebisnis aja deh… tapi cari guru spiritual gitu… hahaha :hihi:

  • ke 5 hal diatas jika dilakukan dengan ketulusan hati, semuanya tidak akan menjadi berat.
    siapa menebar dia menuai.

    :sip:

    candradot.com Reply:

    @candradot.com, tetep sholat, tetep sodhakoh, beryukur, tidak melakukan dosa

    candradot.com Reply:

    @candradot.com, ayo tobat, tobat, tobaaat

    rudy azhar Reply:

    @candradot.com, iya Mas, saya tobat sekarang, tapi namanya manusia sering khilaf..:plis:

  • fadly muin says:

    ini sebenarnya ajaran “fundamental” sudah kita kenal dari masa kanak2.. tapi setelah di kemas kembali dalam bentuk tulisan yang menarik, bikin kita sadar kembali.. thanks siraman rohaninya mas arief:plis:

  • Sumartono says:

    Setelah tadi siang sholat jumat, kini malamnya dapat penyejuk iman di blognya Mas Arief. Benar-benar hari yang penuh berkah:plis:

    arief maulana Reply:

    @Sumartono, :sip:

  • sari says:

    :hiks::hiks:sesama muslim memang sudah sepantasnya agar saling mengingatkan untu beribadah dan menebar kasih sayang.saya seperti sedang ikut pengajian sambil berbisnis..banyak sisi positif yang saya dapatkan disini.jazakaallah khair…..

  • harto says:

    Tambahan nih mas…………
    Kunci2 Rizki :
    1. Istighfar & Taubat
    2. Taqwa
    3. Bertawakal kepada Allah SWT
    4. Beribadah kepada Allah dengan sepenuhnya
    5. Melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya
    6. Silaturrahim
    7. Berinfaq di jalan Allah
    8. Memberi nafkah kepada orang yang sepenuhnya menuntut ilmu syariat (agama)
    9. Berbuat baik kepad orang2 lemah
    10. Hijrah di jalan Allah SWT (barang siapa berhijrah di jalan Allah SWT, niscaya mereka mendapati di muka bumi tempat hijrah yang luas & rizki yang banyak / qs annisa : 100)

  • ZAMS says:

    komplit mas arief.. Syukron nih atas tausiahnya.. jadi tambah tahu mana penghambat rejeki…semoga bisa menghindarinya biar rejeki tambah banjir…:sip::wooo:

    arief maulana Reply:

    @ZAMS, sama-sama… uk rame-rame cari banjir rezeki.. :hehe:

  • aeres says:

    jadiii.. klo pingin banjir rejeki… selain kerja keras, eksyen nya tambahin : 1.tawakkal, 2.tinggalin dosa, 3.banyakin amal sholih kebaikan, 4.inget Allah trs, dan.. 5.sedekaaah… gitu kan yaa UA *ust arief* :mikir:

    arief maulana Reply:

    @aeres, ya gitu… jangan panggil ust dong… masih belum cukup neeh ilmunya… hahaha

  • David says:

    Benar itu…dalam bekerja kita harus mengikutsertakan Tuhan dalam setiap langkah kita karena Dia yang memberi waktu & kesempatan untuk kita beraktivitas dengan leluasa. termasuk sebelum mulai bekerja kita harus menyerahkan rencana kita kepada-Nya

  • hakky says:

    mantap mas…
    introspeksi diri memang penting.:uhuk:

    karna kalo tidak demikian kita tidak akan pernah tahu bahwa ada diantara sikap kita ada yang menyebabkan rezeki kita seret…

    btw mas sempat di catat ya ceramah nya bisa hapal banget…:hehe:

    tapi bagus mas bisa di share disini…:matabelo:

    arief maulana Reply:

    @hakky, iya mas… tak catet di HP. Saya gitu, kalau ada yang bagus ato ide oke… tak simpen di notes :hihi:

  • trieand says:

    Yang sulit ya ga ngelakuin dosa, pdhal pastilah walaupun kecil kita pasti ngelakuin dosa setiap harinya, mungkin ditambahi ibadahnya n shodaqohnya bisa menghapus dosa juga ya mas…:sip::sip:kan tambah amalan baiknya…:nyembah::nyembah:

    rudy azhar Reply:

    @trieand, Kita coba berjalan di jalan yang lurus sebisa mungkin jangan sengaja untuk malakukan dosa, kecuali hal yang tanpa kita sadari itu adalah dosa (jadi bukan sengaja)…:ngikik:

    arief maulana Reply:

    @trieand, bisa… dan emang ngga ada manusia yang sempurna. Makanya kalo sempat sih tiap saat tobat gitu! :sip:

  • rudy azhar says:

    Postingan yang baru kok hilang ya???:mlorok:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, ada tuh muncul yang baru lagi! :sip:

  • baitul alim says:

    Artikel manrik dengan pendekatan spiritual yang dipaparkan. Kita memang harus mensukuri setiap nikmat yang diberikan oleh yang maha agung. karena semakin kita mensyukuri nikmat maka nikmat itu akan terus ada dan akan bertambah. semoga kita menjadi orang yang selalu bersyukur atas karunia dan nikmat yang diberikanya pada kita.amin

  • noto says:

    Mantab bos, selama ini saya tetep berpedoman “Kalau kita shodaqoh 1 maka akan di balas 10x lipat” Jadi, kalau kita ingin mendapat rejeki 1jt berarti saya harus sedekah dulu minimal 100rb. Tentunya dengan catatan kita sedekah dengan “IKLAS”. Bukan begitu bos?

    arief maulana Reply:

    bener sekali mas Noto. Makanya saya selalu sisihkan 10% dari pemasukan karena berpegang pada itu.

  • Dimas says:

    Hau…
    jadi teringat ama dosaku…
    :setan:
    musti perbanyak tawakkal…

  • riezno says:

    mantab pak.,. semoga rizki yang kita dapatkan bukan hasil darhi hambatan2 rizki yang tidak halal.
    amin..

    arief maulana Reply:

    amin…

  • Pingback: Rezeki Tidak Pernah Salah Alamat | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • muhamad arifin says:

    :hiks:

    ya Allah, terima kasih engkau berikan petunjukmu lewat mas arif..ternyata diriku banyak kurangnya..astagfirullahaladzim

    arief maulana Reply:

    alhamdulillah… kalau memang tulisan ini bisa saling mengingatkan satu sama lain…

  • Tulisannya mas Arief bisa jadi acuan/bahan introspeksi buat kita semua. moga2 point2 diatas tidak ada didalam diri kita semua..yg bisa menyebabkan terhambatnya rejeki kita.

  • Listio Wuryanto says:

    Rezeki, Jodoh,Bahagia dan Susah Serta Maut sudah tertulis dalam lauh mafudzh, mari kita berbondong2 untuk melakukan kebaikan, insya alloh akan tahu jawabannya kemudian

    arief maulana Reply:

    ya. Sebagai manusia… kita hanya bisa berusaha yang terbaik…

  • nakhdimurizal says:

    wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta maulana fanshurna ‘ala alqoumi alkafiriin. amiiin ya Rob

  • salman says:

    Alhamdulillah..artikel yang bagus…terima kasih atas pencerahannya

  • Maria says:

    Thanks infonya. Dengan membaca ini membuat kita instrupeksi diri…..

  • Arif says:

    Makasih sharing nya Mas…ijin share ya Mas…

    arief maulana Reply:

    @Arif, silahkan :)

  • Pingback: Rezeki Tidak Pernah Salah Alamat | ARIEF MAULANA.com

  • Dan Abdullah says:

    :melet::baca:

  • iya mas,,saya sadar bulan ini pendapatan saya nggak ada,,mungkin karena sifat saya sbgai manusia yang melakukan banyak dosa,,dan sejak saya kerja di tempat sekarang saya selalu sholat ashar tidak tepat waktu karena memang jadwal pulang kerja sore,,,saya merasa bersalah sekali,,tapi alhamduulillah sekarang saya bwa mukena sendiri dan meminta ijin saat hendak sholat,,
    terima kasih mas ,,,

    arief maulana Reply:

    @Cara Mengobati Gagal Ginjal Secara Tradisional, alhamdulillah… :)
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • Pingback: Seberapa Sering Kita Bersyukur | ARIEF MAULANA.com

  • haris says:

    gimana cara nya agar selalu dapat tips tips dan artikel dari mas.

    arief maulana Reply:

    @haris, masukkan saja nama dan email di form sidebar kemudian klik submit.

    Nanti klik link konfirmasi yang saya kirimkan.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • Syukron says:

    :nangis: Kita-kita ini mah hanya sekepok hawa nafsu…

  • Siapa yang menanam dia akan menuai benih, dia akan mendapatkan hasil…

    Selain orang tersebut bertakwa kepada Allah SWT, orang itu juga harus berusaha untuk memperoleh hasil yang diinginkan ^_^

  • Abdilah says:

    thx ya gan, ini aku jadiin materi presentasi ane.. makasih. Jazakumulloh

    arief maulana Reply:

    @Abdillah, silahkan

  • iput says:

    Jangan lupa kalau masih punya hutang sama orang lain, lunasi dulu hutangnya kemudian cukupi nafkah keluarga baru sedekah…..
    Karena sedekah hukumnya sunah sedang membayar hutang dan menafkahi keluarga adalah wajib.
    Hutang itu termasuk ngeridit barang, abis narik uang arisan kecuali narik yan terakhir.

  • Pingback: Sebab Turunnya Rezeki | Jalius HR

  • Insya Allah, artikelnya bermanfaat..

  • Pingback: (Ramadhan Post) Rejeki seret? Sadari dulu apa penyebabnya | {ndutyke}

  • Pingback: 7 Keajaiban Rezeki - Review Buku Dahsyat Ippho Right Santosa | ARIEF MAULANA.com

  • Yoga says:

    Alhamdulillah.. Saya sudah istiqomah tahunan masih makin disempitkan jalan rejeki dan kehidupan rumah tangga.
    Masyaallah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 336,363 bad guys.

Advertisement
Kategori Tulisan
Arsip