5 Kunci Sederhana Untuk Bahagia

Oleh : Arief Maulana

Tidak Bahagia
Tidak Bahagia

Sempat pada suatu malam, saya melayani chatting dari seorang teman baru, seorang gadis cantil, yang berdomisili di bandung. Salah satu profesi yang sedang digelutinya adalah photo modelling. Dan memang ketika saya menelusuri lebih lanjut foto-fotonya, memang pas sebagai foto model (ya iya lah).

Gadis ini bercerita bagaimana kehidupannya pada saya. Tentang dunia yang bisa dibilang “gelap” sebagai bagian dari masa lalunya. Untunglah kini ybs sedang dalam proses menuju kepada keadaan yang lebih baik. Saya ikut senang, manakala mendengar kabar darinya bahwa keluarganya pun masih tetap setia mendukung.

Ketika itu, gadis ini berkeluh kesah pada saya tentang hubungannya dengan seorang lelaki yang sudah lama berakhir. Hubungan yang membuatnya galau maksimal selama lebih dari satu tahun. Hubungan tidak sehat, yang ketika berakhir pun masih tetap tidak bisa membawa ketenangan. Rupanya, sang mantan terlalu sering menjelek-jelekkan si gadis di hadapan teman-temannya (yang juga teman si gadis) dan pacar barunya.

Gadis ini bercerita tentang rasa sakit hatinya yang pada akhirnya mengganggu ketenangan hati dan sulit untuk merasakan bahagia. Well, saya jadi teringat diskusi kecil saya dengan seorang kawan yang lain lagi. Tentang bagaimana menggali kebahagiaan dari dalam, karena memang hakikatnya letak kebahagiaan ada di dalam hati.

Saya hanya bisa menyarankan kepadanya untuk cuek saja. Daripada menghabiskan energi untuk peduli pada mereka yang tidak peduli dengan dirinya, lebih baik fokus pada hal-hal yang bisa membahagiakan dirinya sendiri. Hingga sampailah saya pada suatu pencarian dan menemukan gambar di bawah ini :

5 Simple Rules of Happiness
5 Simple Rules of Happiness

Sumbernya saya lupa darimana, karena langsung save saja ke komputer. Barangkali ada yang tahu, kabari saya yah.

Melihat gambar tersebut, ditambah lagi dengan usai membaca buku “Si Cacing dan Kotorang Kesenangannya” karya Ajahn Brahm, saya rasa memang ada benarnya. Kita terlalu fokus mencari hal-hal yang bisa membahagiakan diri sendiri dari luar hingga mengaburkan hal-hal dasar dari dalam diri yang justru disanalah letak bahagia yang sebenarnya.

1. Bebaskan Hati Anda Dari Kebencian

Pekerjaan paling sia-sia dan hanya membuat hidup jadi susah sendiri adalah ketika kita memelihara kebencian di dalam hati. Susah, kalau melihat orang lain senang. Senang, kalau melihat orang lain susah. Bahkan yang parahnya, berusaha bagaimana orang lain menjadi menderita. Hati yang selalu diliputi kebencian, akan selalu membelenggu cahaya kebahagiaan yang ada di hati. Coba saja lepaskan kebencian pada orang lain. Saya yakin, Anda akan hidup lebih tenang.

2. Bebaskan Pikiran Anda Dari Kekhawatiran

Well, kebanyakan dari kita bukan peramal bukan. Dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Jadi, untuk apa memelihara kekhawatiran yang berlebihan. Ngomong-ngomong, kalau Anda terlalu khawatir dengan masa depan, sama artinya Anda tidak percaya dengan Tuhan Anda. Bukankah Allah, sebaik-baiknya penuntun kehidupan. Dia Yang Maha Tahu atas misteri kehidupan. Cobalah berhenti mengkhawatirkan hari esok dan mulai memaksimalkan hari ini. Nikmati hidup Anda setiap harinya.

3. Hidup Sederhana

Saya teringat celetukan salah seorang teman yang di Jakarta. “Hidup di Jakarta itu tidak semahal yang dibayangkan. Yang mahal itu gaya hidupnya.”

Saya pikir ada benarnya juga. Kita terlalu sering berpikir ingin ini itu dan banyak hal lagi, yang justru membuat hidup kita tidak tenang. Terus berlari mengejar semuanya dan sering lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Padahal mungkin dari segi kebutuhan primer, semua sudah terpenuhi. Hidup lah sederhana dan temukan ketenangan. Tapi, hidup sederhana bukan berarti menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan. Miliki kemapanan finansial, namun tetaplah sederhana dalam menjalani kehidupan.

4. Memberi Lebih Banyak

Kalau Anda sedang dirundung masalah atau kesedihan, cobalah luangkan sedikit apa yang Anda miliki dan berikan kepada orang lain. Senyuman mereka yang menerima atau bahkan doa mereka untuk Anda biasanya cukup efektif untuk membuat Anda tersenyum dan merasakan sedikit kebahagiaan. Berbagilah lebih banyak lagi dan nikmati keajaiban memberi.

5. Mengurangi Harapan

Seringkali hal-hal yang membuat kita tidak bahagia adalah ketika harapan yang kita miliki tidak tercapai. Makin tinggi kita berharap makin “ngenes” kalau lepas dan tidak tercapai. Bukan berarti tidak boleh memiliki impian yang tinggi. Justru kita harus punya impian sebagai goal atau arah kemana kita melangkah. Namun, jadilah pribadi yang fleksibel dan dinamis. Manakala yang kita inginkan tidak tercapai, mungkin Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kita.

Nah, rekan-rekan. Itu penjabaran 5 kunci sederhana untuk bahagia versi saya, dari gambar yang saya peroleh dari internet. Setiap orang, bisa memiliki interpretasinya masing-masing, bukan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Don’t worry, be happy… :)

  1. Fenny Ferawati says:

    Hampir 3 bulan berkabut kelam karena 5 rule yang terlupakan, terlalu sibuk memikirkan sendiri. Ada baiknya sang model membaca buku Provokasi-nya PM Brata, gaya berceritanya yang lugas namun santai lebih mudah dicerna. Sedikit banyak membantu Fenny dari lubang gelap :)
    Fenny Ferawati recently posted..My First Online-Reward WritingMy Profile

  2. Setiap orang hidup, selalu ingin mencari kebahagian. Namun terkadang kita salah dalam menafsirkan kebahagian dan memperolehnyapun dengan cara yang sebenarnya bukan membuat diri bahagia tapi sebaliknya.

    Menurut saya, jika kita ingin hidup bahagia sebaiknya ingat kembali apa sebenarnya tujuan kita diciptakan. Mudah-mudahan kebahagian itu akan datang.

    Mudah memang diucapkan tapi sangat sulit diwujudkan, jika tanpa bantuanNya…
    Habib Yunus recently posted..Free Download XAMPP For WindowsMy Profile

  3. mas arif knpa ya terkadang impian kita tdk tercapai krna bnyk pngaruh luar yg mlemahkn smngt kita,trus gmn kira2 solusinya mas.thnks..

    • @sigit, maka dari itu Mas Sigit. Dream itu harus benar-benar punya sisi emosional bagi kita. Benar-benar ingin kita wujudkan, sehingga bila ada pengaruh dari luar yang ingin melemahkan kita masih bisa bertahan dan terus berjuang. Kalau memang merasa itu impian yang layak diperjuangkan, ya jangan berhenti berjuang. :)

  4. Tulisan Mas kali ini sangat pas dengan kondisi saya saat ini. Sering galau, karena apa yg menjadi harapan masih belum tercapai.

    Ternyata kebahagian itu akan muncul kalau kita taat kepada Alloh SWT. Ketenangan itu akan hadir dengan sendirinya ketika syukur selalu kita panjatkan kepada Nya.

    Pengaharapan itu akan tetap ada kalau upaya maksimal dan do’a selalu kita hadirkan setiap waktu…

    • @lukman Nulhakiem, ketenangan hidup akan lahir manakala kita percaya dan yakin Allah bersama kita, apapun masalah yg akan muncul ke depannya. Tapi ya gitu, jangan deket kalau ada masalah aja.

  5. Allhamdulillah 5 kunci udah tak kuasasi, cuma gimana cara supaya gak kuatir akan masa depan? PENSIUN MAU KERJA APA? Mas Arief kayaknya pernah kasih artikel bisnis menyewakan webhosting. Bisa dilanjut?
    Taufik recently posted..BELANJA ONLINEMy Profile

    • @Susie propolis, tidak hanya pada wanita. Pria pun sama. Artinya kita selama ini kurang dekat dengan Tuhan. Sehingga masih tidak yakin akan keajaibannya dalam menolong kita bila memang ada masalah di kemudian hari.

    • @Lilih Prilian Ari Pranowo, hahaha.. beruban atau tidak ga ada hubungannya kekhawatiran.

      Coba baca buku-buku serial “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” karangan Ajahn Brahm.

      Disana banyak kisah yang bisa dipetik hikmahnya untuk lebih santai dalam menjalani hidup dan menemukan kebahagiaan dengan lebih mudah. :sip:
      arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  6. yg paling sulit ialah menghilangkan rasa kekhawatiran hidup,,, ini slalu membayangi. terkadang hilang, dn terkadang juga muncul dg energi khawatir yg lebih besar dari sebelumnya….:kembik2::kembik2:

    • @afi nur afifah, impian dan keinginan. Kalau impian itu adalah keinginan yang benar-benar kita inginkan. Yang kalau kita tidak mendapatkannya akan menguras sisi emosional kita. Bukan sekedar ingin yg mudah hilang begitu saja.

      Sedangkan harapan ya berharap agar impian itu tercapai.
      arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

    • @masrukin, tapi bagaimana mau membahagiakan orang yg kita sayangi kalau kita tidak bisa membahagiakan diri kita sendiri.

      Kemudian, manusia memang by default adalah tipikal yang egois. Keterbatasan kita menahan rasa sakit akibat berkorban terus menerus utk orang lain lah yang akhirnya melahirkan konsep give and take.
      arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  7. Agen Xamthone plus samarinda says:

    pokoknya, mulai harimu dengan senyuman..
    berpikirlah positif, insya allah kebahagiaan akan dtang pada diri kita .. :)
    Agen Xamthone plus samarinda recently posted..obat ambeien herbalMy Profile

  8. Terima kasih kang sudah berbagi informasi tips untuk menuju kebahagiannya memanrik sekli nih tuk di simak, memang gampang-gampang susah sih ngejalaninya. Tapi jadi modal point nih buat kehidupan kita.

    • @rika, betul sekali. Bila kesulitan, bisa minta tolong pada teman-teman dekat / sahabat. Mereka biasanya bisa melihat, apa saja kekurangan diri kita. Dari sana, kita bisa mulai berbenah dan memperbaiki diri.
      arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  9. Bahagia itu kompleks tidak akan pernah akurat bila dijabarkan dengan kata ataupun kalimat, sebab “BAHAGIA” adalah sebuah keadaan dimana hati merasa nyaman ,dimana ego menemukan pencapaian, dimana nafsu mendapatkan kepuasan, dimana akal menemukan solusi, dimana asa meraih harapan ,dimana bathin merasakan ketentraman ,dimana jiwa merasakan keteduhan, dimana nurani menemukan kehangatan,dimana prestasi mendapatkan pengakuan , dan semua hal adalah hal yg fana, yg singkat karena sifat alami manusia selalu mengimplemetasikan semua yg ingin didapatkan oleh dalih2 Kebahagian ..
    pernah sebuah musibah , kita anggap kebahagiaan?
    apa ini termasuk asumsi kebahagiaan ,90% dominan jawaban “bukan”..
    maka bahagia lah kita semua sebab dapat hidup didunia ini menjadi sebuah pribadi yg berprinsip , dan berkarakter untuk tidak pernah mengeluh di stiap situasi .. bahagia tidak perlu dicari , diraih , untuk diperoleh karna bahagia adalah misteri . i say

  10. Dari kesemua poin diatas menurutku yang paling sulit malah membuat hidup yang sederhana, hmmm.. ni jamannya teknologi ya terkadang kalo ada temen yang punya gadget terbaru kitanya jadi pengen punya juga dan ngengsi ma gadget lama
    Kalo mau bahagia memang kudu bisa hidup sederhana biar kitanya nggak selalu merasa iri / pengen punya barang seperti milik orang lain
    thanks buat artikelnya, bisa menumbuhkan kesadaran kita ni
    Ramzi recently posted..Cara Membuat / Memasang Rating Bintang Rich Snippet Google di BloggerMy Profile

    • @Ramzi, benar. Saya menyebutnya tekanan sosial. Kalau kita menuruti tekanan-tekanan sosial tersebut, ya tidak akan ada habisnya. Syukuri saja apa yang sudah dimiliki. Banyak loh, yang belum bisa seperti kita dan ingin menjadi seperti kita.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,948 bad guys.