5 Kunci Sederhana Untuk Bahagia

Oleh : Arief Maulana

Tidak Bahagia

Tidak Bahagia

Sempat pada suatu malam, saya melayani chatting dari seorang teman baru, seorang gadis cantil, yang berdomisili di bandung. Salah satu profesi yang sedang digelutinya adalah photo modelling. Dan memang ketika saya menelusuri lebih lanjut foto-fotonya, memang pas sebagai foto model (ya iya lah).

Gadis ini bercerita bagaimana kehidupannya pada saya. Tentang dunia yang bisa dibilang “gelap” sebagai bagian dari masa lalunya. Untunglah kini ybs sedang dalam proses menuju kepada keadaan yang lebih baik. Saya ikut senang, manakala mendengar kabar darinya bahwa keluarganya pun masih tetap setia mendukung.

Ketika itu, gadis ini berkeluh kesah pada saya tentang hubungannya dengan seorang lelaki yang sudah lama berakhir. Hubungan yang membuatnya galau maksimal selama lebih dari satu tahun. Hubungan tidak sehat, yang ketika berakhir pun masih tetap tidak bisa membawa ketenangan. Rupanya, sang mantan terlalu sering menjelek-jelekkan si gadis di hadapan teman-temannya (yang juga teman si gadis) dan pacar barunya.

Gadis ini bercerita tentang rasa sakit hatinya yang pada akhirnya mengganggu ketenangan hati dan sulit untuk merasakan bahagia. Well, saya jadi teringat diskusi kecil saya dengan seorang kawan yang lain lagi. Tentang bagaimana menggali kebahagiaan dari dalam, karena memang hakikatnya letak kebahagiaan ada di dalam hati.

Saya hanya bisa menyarankan kepadanya untuk cuek saja. Daripada menghabiskan energi untuk peduli pada mereka yang tidak peduli dengan dirinya, lebih baik fokus pada hal-hal yang bisa membahagiakan dirinya sendiri. Hingga sampailah saya pada suatu pencarian dan menemukan gambar di bawah ini :

5 Simple Rules of Happiness
5 Simple Rules of Happiness

Sumbernya saya lupa darimana, karena langsung save saja ke komputer. Barangkali ada yang tahu, kabari saya yah.

Melihat gambar tersebut, ditambah lagi dengan usai membaca buku “Si Cacing dan Kotorang Kesenangannya” karya Ajahn Brahm, saya rasa memang ada benarnya. Kita terlalu fokus mencari hal-hal yang bisa membahagiakan diri sendiri dari luar hingga mengaburkan hal-hal dasar dari dalam diri yang justru disanalah letak bahagia yang sebenarnya.

1. Bebaskan Hati Anda Dari Kebencian

Pekerjaan paling sia-sia dan hanya membuat hidup jadi susah sendiri adalah ketika kita memelihara kebencian di dalam hati. Susah, kalau melihat orang lain senang. Senang, kalau melihat orang lain susah. Bahkan yang parahnya, berusaha bagaimana orang lain menjadi menderita. Hati yang selalu diliputi kebencian, akan selalu membelenggu cahaya kebahagiaan yang ada di hati. Coba saja lepaskan kebencian pada orang lain. Saya yakin, Anda akan hidup lebih tenang.

2. Bebaskan Pikiran Anda Dari Kekhawatiran

Well, kebanyakan dari kita bukan peramal bukan. Dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Jadi, untuk apa memelihara kekhawatiran yang berlebihan. Ngomong-ngomong, kalau Anda terlalu khawatir dengan masa depan, sama artinya Anda tidak percaya dengan Tuhan Anda. Bukankah Allah, sebaik-baiknya penuntun kehidupan. Dia Yang Maha Tahu atas misteri kehidupan. Cobalah berhenti mengkhawatirkan hari esok dan mulai memaksimalkan hari ini. Nikmati hidup Anda setiap harinya.

3. Hidup Sederhana

Saya teringat celetukan salah seorang teman yang di Jakarta. “Hidup di Jakarta itu tidak semahal yang dibayangkan. Yang mahal itu gaya hidupnya.”

Saya pikir ada benarnya juga. Kita terlalu sering berpikir ingin ini itu dan banyak hal lagi, yang justru membuat hidup kita tidak tenang. Terus berlari mengejar semuanya dan sering lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Padahal mungkin dari segi kebutuhan primer, semua sudah terpenuhi. Hidup lah sederhana dan temukan ketenangan. Tapi, hidup sederhana bukan berarti menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan. Miliki kemapanan finansial, namun tetaplah sederhana dalam menjalani kehidupan.

4. Memberi Lebih Banyak

Kalau Anda sedang dirundung masalah atau kesedihan, cobalah luangkan sedikit apa yang Anda miliki dan berikan kepada orang lain. Senyuman mereka yang menerima atau bahkan doa mereka untuk Anda biasanya cukup efektif untuk membuat Anda tersenyum dan merasakan sedikit kebahagiaan. Berbagilah lebih banyak lagi dan nikmati keajaiban memberi.

5. Mengurangi Harapan

Seringkali hal-hal yang membuat kita tidak bahagia adalah ketika harapan yang kita miliki tidak tercapai. Makin tinggi kita berharap makin “ngenes” kalau lepas dan tidak tercapai. Bukan berarti tidak boleh memiliki impian yang tinggi. Justru kita harus punya impian sebagai goal atau arah kemana kita melangkah. Namun, jadilah pribadi yang fleksibel dan dinamis. Manakala yang kita inginkan tidak tercapai, mungkin Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kita.

Nah, rekan-rekan. Itu penjabaran 5 kunci sederhana untuk bahagia versi saya, dari gambar yang saya peroleh dari internet. Setiap orang, bisa memiliki interpretasinya masing-masing, bukan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Don’t worry, be happy… :)

91 Responses to 5 Kunci Sederhana Untuk Bahagia

  • velleyeti says:

    thx gan , nice banget infonya

  • Cara yg paling primitif dan ampuh agar kita selalu bahagia adalah dgn membahagiakan orang lain terlebih dulu

    arief maulana Reply:

    @blogger bahagia, dan cara paling cepat itu. Hihihi…

  • Fenny Ferawati says:

    Hampir 3 bulan berkabut kelam karena 5 rule yang terlupakan, terlalu sibuk memikirkan sendiri. Ada baiknya sang model membaca buku Provokasi-nya PM Brata, gaya berceritanya yang lugas namun santai lebih mudah dicerna. Sedikit banyak membantu Fenny dari lubang gelap :)
    Fenny Ferawati recently posted..My First Online-Reward WritingMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Fenny, kelam amat fen. Hehehe… tapi itulah kehidupan. Rodanya ga selalu di atas. Kadang di bawah juga.

  • iskandaria says:

    Wah, jangan-jangan si foto model itu berjodoh dengan sang konsultan :hihi:

    Setuju dengan 5 tips di atas. Memang sangat ampuh, walaupun bagi sebagian orang mungkin terasa sulit.
    iskandaria recently posted..Adakah Idealisme yang Bisa Langgeng Dalam Ngeblog?My Profile

    arief maulana Reply:

    @Iskandaria, hahahaha…. Wallahu’alam. Sementara ini sih lagi serius berhubungan sama calon psikolog, bukan foto model :p

  • Wahyu says:

    Yup, setuju. Artikel yang bagus. Tak disangka beberapa poin di atas sudah kulewati. Alhamdulillah.

    arief maulana Reply:

    @Wahyu, alhamdulillah…

  • echa boank says:

    paling membahagiakan ketika uda melakukan 1/lebih kebaikan n bermanfaat bagi orang lain.

    arief maulana Reply:

    @Echa boank, dan paling cepat juga.

  • kereta mini says:

    setuju banget ane gan… mantab deh

  • Habib Yunus says:

    Setiap orang hidup, selalu ingin mencari kebahagian. Namun terkadang kita salah dalam menafsirkan kebahagian dan memperolehnyapun dengan cara yang sebenarnya bukan membuat diri bahagia tapi sebaliknya.

    Menurut saya, jika kita ingin hidup bahagia sebaiknya ingat kembali apa sebenarnya tujuan kita diciptakan. Mudah-mudahan kebahagian itu akan datang.

    Mudah memang diucapkan tapi sangat sulit diwujudkan, jika tanpa bantuanNya…
    Habib Yunus recently posted..Free Download XAMPP For WindowsMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Habib Yunus, banyak2 saja bersyukur… :)

  • sigit says:

    mas arif knpa ya terkadang impian kita tdk tercapai krna bnyk pngaruh luar yg mlemahkn smngt kita,trus gmn kira2 solusinya mas.thnks..

    arief maulana Reply:

    @sigit, maka dari itu Mas Sigit. Dream itu harus benar-benar punya sisi emosional bagi kita. Benar-benar ingin kita wujudkan, sehingga bila ada pengaruh dari luar yang ingin melemahkan kita masih bisa bertahan dan terus berjuang. Kalau memang merasa itu impian yang layak diperjuangkan, ya jangan berhenti berjuang. :)

  • Ke 5 hal di atas akan membuat kita lebih optimis dan bahagia tentunya. Insya Allah. Makasih mas Arief atas sharenya.
    Toko Sepatu Futsal recently posted..Adidas F5 Adizero Prime II Blue/White/High Energy TurfMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Toko Sepatu, sama-sama mas. Terima kasih masih sering berkunjung ke sini.

  • Tulisan Mas kali ini sangat pas dengan kondisi saya saat ini. Sering galau, karena apa yg menjadi harapan masih belum tercapai.

    Ternyata kebahagian itu akan muncul kalau kita taat kepada Alloh SWT. Ketenangan itu akan hadir dengan sendirinya ketika syukur selalu kita panjatkan kepada Nya.

    Pengaharapan itu akan tetap ada kalau upaya maksimal dan do’a selalu kita hadirkan setiap waktu…

    arief maulana Reply:

    @lukman Nulhakiem, ketenangan hidup akan lahir manakala kita percaya dan yakin Allah bersama kita, apapun masalah yg akan muncul ke depannya. Tapi ya gitu, jangan deket kalau ada masalah aja.

  • Taufik says:

    Allhamdulillah 5 kunci udah tak kuasasi, cuma gimana cara supaya gak kuatir akan masa depan? PENSIUN MAU KERJA APA? Mas Arief kayaknya pernah kasih artikel bisnis menyewakan webhosting. Bisa dilanjut?
    Taufik recently posted..BELANJA ONLINEMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Taufik, berarti ya belum dikuasai mas. Baca lagi point no.2

  • trisna says:

    Untuk sekarang yang paling susah yang nomer 2, Bebaskan Pikiran Anda Dari Kekhawatiran. Ada aja yang dikhawatirkan setiap harinya, bagaimana klo terjadi ini dan itu. Pinginnya sih berusaha tenang, tp masih sulit. Kelihatannya masih butuh usaha keras supaya bisa menguasai lima jurus di atas :)
    trisna recently posted..Lenovo 21.5-Inch All-In-One Desktop (Black) B320 77602QUMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Trisna, kekhawatiran yg berlebihan itu karena kita tidak yakin bahwa Tuhan ada dan siap membantu kita.

  • Kekhawatiran dalam menghadapi hidup ini memang sangat mengganggu. Namun, kekhawatiran itu kadang tak mudah lepas dari kehidupan seorang wanita.
    Susie Propolis recently posted..Propolis vs Obat SynteticMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Susie propolis, tidak hanya pada wanita. Pria pun sama. Artinya kita selama ini kurang dekat dengan Tuhan. Sehingga masih tidak yakin akan keajaibannya dalam menolong kita bila memang ada masalah di kemudian hari.

  • Lilih Prilian Ari Pranowo says:

    saya suka yang nomor 2. soalnya itu yang membuat saya cepat beruban. :hiks: adakah tips lebih lanjut untuk ditulis dalam artikel lain?
    Lilih Prilian Ari Pranowo recently posted..Adakah Ide yang Buruk?My Profile

    arief maulana Reply:

    @Lilih Prilian Ari Pranowo, hahaha.. beruban atau tidak ga ada hubungannya kekhawatiran.

    Coba baca buku-buku serial “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” karangan Ajahn Brahm.

    Disana banyak kisah yang bisa dipetik hikmahnya untuk lebih santai dalam menjalani hidup dan menemukan kebahagiaan dengan lebih mudah. :sip:
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • no 5 yang rada susah buat saya praktekin…..

    arief maulana Reply:

    @jelly gamat luxor, nah, harus banyak belajar untuk ikhlas menerima apapun keputusan Tuhan.
    :no:
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • Triagung says:

    Untuk berbahagia itu sebenernya sederhana, seperti yang disampai Mas Arief lewat 5 kunci ini. Hanya saja manusia seringkali membuat persyaratan sendiri untuk mencapai bahagia itu…
    Triagung recently posted..FasaPay Layanan Pembayaran Online Indonesia Cepat dan AmanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Triagung, yup. Kita yang suka membuat ribet dengan ekspektasi-ekspektasi yang berlebihan.
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • agen pulsa says:

    tips yang memang sangat sederhana,tinggal berpulang kepada kita sendiri apakah mampu dan mau menjalankannya
    agen pulsa recently posted..Distributor Pulsa Murah Efata CellMy Profile

    arief maulana Reply:

    @agen pulsa, kalau memang di akhir adalah kebahagiaan sebagai finalnya, saya kira pantas untuk diperjuangkan.

    lagipula 5 tips di atas tidak membutuhkan effort yang terlalu keras.
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • salsa says:

    ya…betuuuull sekaleee….. thanks yaa.. ;) :D

  • adsloko says:

    wah memang benar apa yang dikatakan mengenai hidup sederhana. sebenarnya semuanya itu secara harfiah murah dan yang membuat mahal adalah nafsu manusia sendiri.
    adsloko recently posted..Simbol-Simbol Yahoo EmoticonsMy Profile

    arief maulana Reply:

    @adsloko, gaya hidup kita ini yg bikin mahal. keinginan untuk dipandang tinggi status sosialnya melalui materi dan gaya hidup.

    Padahal ya bikin sumpek sendiri. Akibat terlalu banyak dan sering iri pada “rumput tetangga”. Hehehe…
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • yg paling sulit ialah menghilangkan rasa kekhawatiran hidup,,, ini slalu membayangi. terkadang hilang, dn terkadang juga muncul dg energi khawatir yg lebih besar dari sebelumnya….:kembik2::kembik2:

    arief maulana Reply:

    @Abdul R Hakim, Seperti yg sudah saya tuliskan di atas. Kekhawatiran yang sangat akan melanda kita yang kurang percaya bahwa Tuhan selalu ada untuk membantu.

    Masalahnya adalah seberapa dekat kita dengan Tuhan? Jangan-jangan hanya mendekat ketika ada masalah saja.
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • Miftahudin says:

    Seandainya semua blogger memahami dan menerapkan 5 kunci ini. Pasti dunia internet kita smakin maju
    Miftahudin recently posted..Sandal Jepit Sahabat Profesional (Bahagian 1)My Profile

    arief maulana Reply:

    @Miftahudin, ga cuma blogger saya kira. tapi semua orang, dengan berbagai latar belakang dan profesi.
    arief maulana recently posted..5 Kunci Sederhana Untuk BahagiaMy Profile

  • mantep banget mas arif,,,lima hal yang mudah tapi terkadang sulit sekali untuk dilakukan,,,untuk poin lima saya baca beberapa katanya harus meninggikan harapan,,,gimana mas?

    arief maulana Reply:

    @Obat Herbal Jantung, sebenarnya lebih pada fleksibelitas kita untuk menerima kenyataan dan ikhlas melepasnya manakala tidak tercapai.

    Berharap terlalu berlebihan juga kurang baik.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • ace maxs says:

    :meledak:

    terimakasih atas infonya
    ace maxs recently posted..obat kanker paru paruMy Profile

  • neo hermawan says:

    seharusnya hidup ini memang harus dimaknai sebagai suatu keindahan….

    arief maulana Reply:

    @neo hermawan, hidup ini memang indah sebenarnya. Kitanya yang suka membuat ribet.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • mantap artikelnya. intinya hidup dengan ikhlas seikhlas0-ikhlasnya. InsyaAllah bahagia.

    arief maulana Reply:

    @joko disini saja, yes. INget tujuan utama hidup, untuk ibadah.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • afi nur afifah says:

    saya bingung .. bedanya harapan , impian dan keinginan itu apa ??

    arief maulana Reply:

    @afi nur afifah, impian dan keinginan. Kalau impian itu adalah keinginan yang benar-benar kita inginkan. Yang kalau kita tidak mendapatkannya akan menguras sisi emosional kita. Bukan sekedar ingin yg mudah hilang begitu saja.

    Sedangkan harapan ya berharap agar impian itu tercapai.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • masrukin says:

    yang paling penting kita bisa membahagiakan orang yang kita sayangi
    masrukin recently posted..Conquer the real estate market with Realtr WordPress themeMy Profile

    arief maulana Reply:

    @masrukin, tapi bagaimana mau membahagiakan orang yg kita sayangi kalau kita tidak bisa membahagiakan diri kita sendiri.

    Kemudian, manusia memang by default adalah tipikal yang egois. Keterbatasan kita menahan rasa sakit akibat berkorban terus menerus utk orang lain lah yang akhirnya melahirkan konsep give and take.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • bahgia itu tergantung pilihan kita ..

    arief maulana Reply:

    @Herbal Trica Jus, bahagia itu tinggal kita yang memutuskan.
    arief maulana recently posted..Bijak Pada Diri SendiriMy Profile

  • Agen Xamthone plus samarinda says:

    pokoknya, mulai harimu dengan senyuman..
    berpikirlah positif, insya allah kebahagiaan akan dtang pada diri kita .. :)
    Agen Xamthone plus samarinda recently posted..obat ambeien herbalMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Agen Xamthone plus samarinda, jangan lupa berdoa sebelum beraktivitas.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • surya says:

    bagus banget,jangan pernah takut akan masa yang akan datang,jalani hidup ini dengan cara sederhana.

    arief maulana Reply:

    @surya, dan yakinlah Tuhan selalu bersama kita.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • Ismail says:

    Artikel yang ini q suka bangat deh… thank’s ya artikelnya

    arief maulana Reply:

    @Ismail, sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • raihan says:

    kalau kita ingin hidup bahagia,bahagiakan orang yang ada disekitar kita,terutama orangtua.
    raihan recently posted..Tas Gucci 246718My Profile

    arief maulana Reply:

    @raihan, tapi jangan lupa memberikan ruang untuk membahagiakan diri sendiri juga. Intinya bijaksanalah :)
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • riza says:

    .. apapun yang trjadi..life must go on.. be happy..tetap semangat..

    arief maulana Reply:

    @riza, o ya harus. Namanya juga roda kehidupan. Kadang di atas, kadang di bawah. Yang penting, jalankan terus rodanya.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • Terima kasih kang sudah berbagi informasi tips untuk menuju kebahagiannya memanrik sekli nih tuk di simak, memang gampang-gampang susah sih ngejalaninya. Tapi jadi modal point nih buat kehidupan kita.

    arief maulana Reply:

    @Obat Alami Asam Urat, yang kelewat mudah, hasilnya juga kurang memuaskan. Jadi, gampang-gampang susah. Lebih gampangnya kan daripada susahnya :p
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • setelah membaca artikel ini sedikit tercerahkan
    terimakasih

    arief maulana Reply:

    @Dijual Tanah Malang Raya, Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • okkty says:

    nice informations…thanks

    arief maulana Reply:

    @okkty, terima kasih sudah berkunjung.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • rika says:

    :hiks:
    saya ngerasa harus lebih byk belajar dari hal ini
    karna tidak mudah u menilai diri sendiri

    arief maulana Reply:

    @rika, betul sekali. Bila kesulitan, bisa minta tolong pada teman-teman dekat / sahabat. Mereka biasanya bisa melihat, apa saja kekurangan diri kita. Dari sana, kita bisa mulai berbenah dan memperbaiki diri.
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • indah says:

    Bahagia itu kompleks tidak akan pernah akurat bila dijabarkan dengan kata ataupun kalimat, sebab “BAHAGIA” adalah sebuah keadaan dimana hati merasa nyaman ,dimana ego menemukan pencapaian, dimana nafsu mendapatkan kepuasan, dimana akal menemukan solusi, dimana asa meraih harapan ,dimana bathin merasakan ketentraman ,dimana jiwa merasakan keteduhan, dimana nurani menemukan kehangatan,dimana prestasi mendapatkan pengakuan , dan semua hal adalah hal yg fana, yg singkat karena sifat alami manusia selalu mengimplemetasikan semua yg ingin didapatkan oleh dalih2 Kebahagian ..
    pernah sebuah musibah , kita anggap kebahagiaan?
    apa ini termasuk asumsi kebahagiaan ,90% dominan jawaban “bukan”..
    maka bahagia lah kita semua sebab dapat hidup didunia ini menjadi sebuah pribadi yg berprinsip , dan berkarakter untuk tidak pernah mengeluh di stiap situasi .. bahagia tidak perlu dicari , diraih , untuk diperoleh karna bahagia adalah misteri . i say

    arief maulana Reply:

    @indah, buat saya bahagia itu bukan misteri. Malah mudah banget didapatnya. Karena letak bahagia itu ada di hati

  • bahroni says:

    kalo untuk mengurangi harapan mungkin agak susah karena kita hidup untuk harapan itu sendiri, kalo harapan yg semu benar kali ya.
    btw nice share
    bahroni recently posted..Jual Set Meja Bonsai MurahMy Profile

  • Rudy Permadi says:

    http://ariefmaulana.com/wp-content/plugins/munky-smiley/hore.gif

    T.O.P.B.G.T. boss, sukses selalu ya, n slalu jadi manfaat untuk dunia

    arief maulana Reply:

    @rudy permadi, trims doanya mas.

  • arifin says:

    Pelajaran baru buat saya nih, makasih mas buat tipsnya.

  • Ramzi says:

    Dari kesemua poin diatas menurutku yang paling sulit malah membuat hidup yang sederhana, hmmm.. ni jamannya teknologi ya terkadang kalo ada temen yang punya gadget terbaru kitanya jadi pengen punya juga dan ngengsi ma gadget lama
    Kalo mau bahagia memang kudu bisa hidup sederhana biar kitanya nggak selalu merasa iri / pengen punya barang seperti milik orang lain
    thanks buat artikelnya, bisa menumbuhkan kesadaran kita ni
    Ramzi recently posted..Cara Membuat / Memasang Rating Bintang Rich Snippet Google di BloggerMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ramzi, benar. Saya menyebutnya tekanan sosial. Kalau kita menuruti tekanan-tekanan sosial tersebut, ya tidak akan ada habisnya. Syukuri saja apa yang sudah dimiliki. Banyak loh, yang belum bisa seperti kita dan ingin menjadi seperti kita.

  • wira says:

    info yg bermanfaat, makasih mas arief.

  • hidup hartus dengan sesuatu yg positif :)
    thanks atas berbagi infonya :)

  • jarang gan semua bisa gini, …

    arief maulana Reply:

    @Yadi SUpriadi, justru itu sekarang lebih banyak orang stress daripada yang bahagia. Nah kita tinggal milih, mau jadi yg stress atau bahagia.

  • selalu positif thinking :D
    Info Peluang Bisnis Sampingan recently posted..Peluang Bisnis Online SampinganMy Profile

  • hyden07 says:

    5 poin untuk menuju bahagia, untuk poin nomer 4 yg mungkin masih sulit saya lakukan mas Arief….
    terima kasih
    hyden07 recently posted..Pemilihan Warna Ketika Membuat WebsiteMy Profile

  • azam says:

    trimakasih share tulisannya mas arief..
    nambahin 1 kunci lagi ya.. Supaya bahagia kuncinya sederhana. apa itu?
    “Jangan Sedih” :)
    Berpikir Dan Berjiwa Besar
    azam recently posted..Manfaat Daun SirsakMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Azam, terima kasih tambahannya

  • fiya says:

    Q suka berinspirasi bnget dan masuk akal thks mz adam ????

  • fiya says:

    Sory mksutku buat mz arif maulana hehe

  • sekedar tambahan lagi mas arief, membahagiakan orang lain merupakan salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan.. sesuai hadist rasulullah ” khairunnas anfauhum linnas” sebaik baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya
    Peluang Usaha Rumahan recently posted..Meningkatkan Keterampilan Sebagai Cara Meraih Kesuksesan BesarMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 336,233 bad guys.

Advertisement
Kategori Tulisan
Arsip