Percaya Diri

5 Cara Instan Menaikkan Kepercayaan Diri Anda

Oleh : Arief Maulana

Saya ingin membuka postingan ini dengan sebuah quote dari Eleanor Roosevelt,

“Nobody can make you feel inferior without your consent” – Eleanor Roosevelt

Artinya, segala sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan diri selalu pangkalnya ada pada diri kita sendiri. Kalau sudah percaya diri, tidak ada hal-hal yang bisa membuat Anda merasa rendah diri dan menghentikan langkah Anda meraih keberhasilan yang Anda targetkan.

Saya bicara tentang kepercayaan diri bukan sebatas pada teori semata. Karena saya pernah berada pada satu titik dimana kepercayaan diri saya rendah. Tidak berani berbicara dengan orang tidak dikenal, takut berbicara di depan umum, minder ketika dihadapkan pada situasi harus bernegosiasi dengan orang, dan masih banyak lagi. Sampai-sampai kedua orang tua saya mengikutkan saya pada banyak lomba ketika kecil untuk memupus ketidakpercayaan diri ini. Tapi sekarang? Well, just read in my “about me” page.

Apa rahasia saya mendongkrak kepercayaan diri dengan instan ? 

#1 Self Talk

Self Talk
Self Talk

Ada sebuah rutinitas pagi hari yang tidak pernah saya tinggalkan sampai saat ini. Berkata pada sosok yang ada di cermin hal apapun yang pada intinya adalah memuji dan mengatakan bahwa “dia” adalah yang terbaik dan akan menjadi yang terbaik hari ini. Terlihat seperti hal yang bodoh? Memang.

Tapi tahukah Anda itu adalah cara paling sederhana bagaimana kita menghargai diri sendiri. Mungkin selama ini dunia luar kejam dan tidak pernah menghargai Anda. Nah, kalau bukan kita sendiri lantas siapa lagi. Disamping itu dengan berbicara hal-hal baik di depan cermin, Anda secara tidak langsung menanamkan pada alam bawah sadar bahwasanya Anda adalah orang yang terbaik. Kalau pada diri Anda sendiri di cermin saja Anda tidak yakin, minder, menyalahkan ketidaksempurnaan fisik Anda, bagaimana orang lain akan menghargai Anda. Jelas saja Anda tidak akan pernah percaya diri.

#2 Berpakaian Yang Baik

Siapa yang tidak pernah merasa hebat dan keren ketika memakai pakaian yang baru dibeli? Tidak ada. Semua pasti merasa paling keren dan sangat percaya diri ketika memiliki satu set pakaian yang bagus dan baru. Lantas kenapa tidak mencoba mempertahankan kebiasaan ini?

Saya bukan bermaksud mengatakan bahwa Anda harus selalu membeli pakaian yang bagus atau mahal setiap saat. Tapi setidaknya, beli lah pakaian yang membuat diri Anda terlihat baik, keren, profesional, dan nyaman. Tidak harus pakaian yang mahal. Banyak pakaian yang bagus, namun harganya terjangkau.

Ke kantor, berpakaian lah yang rapi. Aksesoris yang tepat. Sepatu yang selalu bersih mengkilat. Rambut yang disisir rapi. dst. Kalau jalan-jalan keluar, cukup casual saja, tapi tetap terlihat keren. Intinya, berpakaian lah yang baik, yang membuat Anda lebih percaya diri karena merasa keren! Khusus untuk Anda para Pria, coba kunjungi web Fashion Pria sebagai referensi.

Berpakaian Baik
Berpakaian Baik

#3 Parfum

Bagian ini tidak wajib. Tapi ini sangat bekerja baik pada saya. Parfum fungsinya bukan hanya agar orang lain terbius dengan wangi kita melainkan juga memberikan efek ke dalam diri kita. Wangi parfum yang sesuai dengan kita akan menenangkan dan membuat kita lebih percaya diri. Bicara soal parfum, kalau Anda kesulitan memilih parfum coba saja 212 Sexy Man. ;)

#4 Meningkatkan Nilai Diri Anda

Kepercayaan diri yang didongkrak dengan faktor eksternal seperti berpakaian, biasanya sifatnya adalah sementara. Kalau ingin terus pede ya mesti meningkatkan nilai yang ada dalam diri Anda. Perluas pengetahuan Anda. Berlatih untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Apa yang membuat dosen bisa dengan pede mengajar di depan kelas? Karena dia menguasai materi dan punya pengetahuan yang luas terhadap materi yang diajarkan. Apa yang membuat para jutawan sales bisa percaya diri dalam menjual barang? Karena mereka punya kemampuan menjual yang selalu diasah dengan praktek, workshop, dll.

Jadi pastikan Anda punya cukup waktu untuk meningkatkan nilai diri Anda

#5 Investasi Pada Diri Sendiri

Terakhir, jangan takut atau merasa rugi berinvestasi pada diri sendiri, baik itu investasi untuk outer side (pakaian bagus, penampilan oke, dll) dan juga inner side untuk meningkatkan nilai diri Anda. Sudah saya bahas panjang lebar di postingan saya yang lalu, “2 Investasi Penting Yang Kerap Terlupakan“. Tidak punya uang? Maka sisihkan sedikit pendapatan Anda untuk berinvestasi pada diri sendiri.

Terakhir ada 2 saran sederhana untuk Anda :

  • Beli Cermin panjang, yang memungkinkan Anda melihat tubuh Anda dari ujung rambut sampai ujung kaki. Gunakan untuk self talk dan menilai cara Anda berpakaian.
  • Kalau Anda punya DVD Player, coba cari dan beli film seri “SUITS”. Fokus pada karakter yang bernama Harvey Specter. Belajar lah bagaimana karakter itu bisa begitu percaya diri dalam menjalani kegiatannya sehari-hari.

Bagaimana, tercerahkan? :D

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,947 bad guys.