Oleh : Arief Maulana

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah newsletter bagus sekali dari seorang pebisnis internet papan atas, Bob Bastian. Well, saya tidak terlalu mengenalnya memang. Namun, gara-gara nama tersebut terlontar ketika ketemuan bareng Mas Ardy Pratama dan Mas Cosa Aranda, saya cari webnya dan bergabung dengan newsletternya.

Isi newsletter itu mengupas soal 3R, yang menjadi rahasia sukses para pebisnis internet. Saya pikir ada benarnya juga. Selama ini ternyata 3R tersebut sudah saya praktekkan, walau tidak pernah dirumuskan. Bahkan saya malah ingin menambahnya menjadi 4R. Biar ngga asal copas, saya ulas 4R versi saya sendiri sesuai dengan pengalaman menjalankan bisnis internet selama ini. Apa aja 4R ini?  

  • The RIGHT Mindset,
  • The RIGHT Attitude,
  • The RIGHT System, and
  • The RIGHT Community

|

# THE RIGHT MINDSET

Ini adalah awal segalanya. Dari awal mulai berbisnis internet, kita mesti memiliki mindset yang tepat. Karena ini akan mempengaruhi point kedua, attitude.

Pun sejak awal akan terjun di bisnis internet, saya berusaha menamkan ke dalam benak dan berusaha mempertahankan logika ketimbang emosi. Saat itu, adalah pertama kalinya saya mencari panduan bisnis internet pertama. Dan sama seperti yang Anda temukan, apapun sales letter websitenya seakan-akan menggambarkan kemudahan-kemudah dan instannya meraih penghasilan lewat bisnis internet.

Yang jelas, saya berusaha keras untuk tetap bisa berpikir logis dan tidak kepancing emosi. Tidak ada sesuatu yang instan selain mie instan di dunia ini. Apalagi menyangkut soal bisnis dan uang. Semua butuh proses dan butuh waktu. Mereka yang tidak bisa mengedapankan logika dan mengutamakan emosi inilah biasanya yang menjadi korban penipuan-penipuan bisnis internet berkedok ponzi.

Ketika mindset kita berpikir benar, bahwa bisnis internet bukan bisnis cepat kaya, maka kita tidak akan mudah termakan “iklan” cepat kaya ala instan tersebut. Alih-alih kepancing emosi kemudian join, kita malah mencoba mencari informasi selengkap-lengkapnya secara obyektif.

Disamping itu, andai tidak bisa meraih penghasilan besar dalam waktu singkat pun kita akan mengganggapnya wajar. Ini semua adalah proses yang mesti dijalani (selama system yang diikuti benar). Yang penting jangan langsung menyerah dan menyebarkan black campaign bahwa bisnis internet adalah bisnis tipu menipu.

|

# THE RIGHT ATTITUDE

Dengan mindset yang benar, biasanya attitude atau sikap perilaku kita akan terarah menjadi lebih baik. Kita tidak akan gegabah dan selalu hati-hati. Berpikir sebelum bertindak. Bahkan kalau perlu merencanakan strategi yang matang terlebih dahulu, alih-alih langsung main grasak sana grasak sini.

Termasuk juga bagaimana sikap kita dalam memperlakukan bisnis internet. Apakah kita menganggap ini adalah bisnis potensial yang bisa mendatangkan penghasilan dalam jumlah besar, ataukah yang ada di pikiran kita ini adalah bisnis coba-coba layaknya undian berhadiah.

Mereka yang memperlakukan bisnis internet dengan profesional tentu akan memetik hasilnya. Contoh gampangnya seperti disiplin meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk mempelajari ilmu bisnis internet dan mempraktekkannya. Tidak perlu terlalu ekstrim, cukup 1-2 jam, yang penting konsisten. Paling ngga kalau bingung mulailah dari aktivitas blogging.

|

# THE RIGHT SYSTEM

Mindset yang tepat dengan ditunjang sikap yang profesional tidak akan memiliki efek besar seandainya tidak didukung oleh system yang oke punya. Saya ambil contoh, affiliate marketing, bidang yang saya tekuni saat ini. Kalau Anda masih baru, bisa download dulu ebook “The Simple Internet Selling” untuk mendapatkan gambaran seperti apa bisnis affiliate marketing yang saya jalankan.

System affiliate marketing untuk pasar lokal di Indonesia saat ini mengalami perubahan trend. Yang jelas walau menuntut kreativitas tinggi dalam hal memasarkan produk-produk di tengah persaingan yang ketat, beberapa pemilik bisnis yang menggunakan sistem affiliate marketing pelan tapi pasti mulai mengubah sistemnya. Lebih memanjakan para ujung tombak marketingnya.

Saya pun merasakan kenyamanan ini dan membuat lebih betah setidaknya saat ini untuk lebih eksis di affiliate marketing ketimbang membuat produk sendiri. Well, bukan berarti suatu saat nanti saya tidak mengeluarkan produk sama sekali. Bukankah saya sudah membuat satu produk, meskipun itu sifatnya gratis (TSIS). Nah, kenyamanan system seperti apa yang saya nikmati sebagai affiliate marketer? Coba cek ke salah satu situs berikut :

  • Panduan Dasar, dimotori oleh Cosa Aranda
  • d’BC Online, dimotori oleh Dini Shanti
  • Café Bisnis, dimotori oleh Lutvi Avandi

2 situs pertama, mempunyai sistem yang mengikat pembeli produk lewat referal kita dalam satu sistem membership portal produk (entah apa sebutan sistemnya, ini istilah saya sendiri). Suatu saat pembeli membeli produk lain, maka kita sebagai referalnya akan menerima komisi. Dengan kata lain cukup sekali kerja.

Sedangkan café bisnis, ada 2 sumber income yang diperoleh. Pay Per Lead dan komisi afiliasi. Andai yang mendaftar dalam free membership café bisnis (non premium), kita masih dapet komisi pay per leadnya. Kalaupun member upgrade ke premium, dapet lagi komisi affiliatenya.

|

# THE RIGHT COMMUNITY

Dan yang terakhir, bergaullah dengan penjual parfurm maka kita akan kena efek bau wanginya. Jika ingin sukses dalam bisnis internet, maka bergaullah dengan komunitas yang isinya banyak orang sukses dan positifnya alih-alih mereka yang negatif dan sistemnya bisnisnya ngga jelas.

Komunitas yang bagaimana? Terserah. Entah itu forum bisnis internet (misal : Forum Arek IM dan Forum d’BC-Online), ataupun blog-blog para IM Top Indonesia (cek aja di sidebar blog saya). Saya pun demikian, mengikuti blog-blog IM yang saya anggap cukup berpengaruh di dan cukup sarat ilmu bisnis internet. Bahkan selain itu, kadang-kadang saya pun bergabung dengan newsletter beberapa IM, yang salah satunya Bob Bastian ini.

Masih belum cukup? Cari facebook dan twitter mereka, add kemudian pantau statusnya. Kadang-kadang ada info yang hanya disebarkan via social media site, agar penyebaran informasinya cepat.

Dengan bergabung dalam komunitas positif pebisnis internet, kita paling tidak bisa sedikit tertular pola pikir dengan mengamati arus diskusi yang terjadi dalam komunitas tersebut. Cari sisi positif sebanyak-banyaknya dan ambil untuk mengembangkan kapasitas diri Anda sebagai pebisnis internet profesional.

Udah deh, kayanya ulasan versi saya kok malah lebih panjang dari newsletter yang saya terima. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
arief maulana
space

4 Penunjang Sukses Bisnis Internet
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

133 thoughts on “4 Penunjang Sukses Bisnis Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.