Oleh : Arief Maulana

Melanjutkan posting sebelumnya, 4 Hal Yang Membantu Sukses Dalam Berkarir (Bagian 1), pada bagian ini saya akan membagikan dua poin terakhir hal-hal yang bisa membantu Anda sukses dalam meniti karir. Tentu saja, seusai penuturan @RevolusiRupiah pada event Hitman System Reload IV yang lalu. Yuk kita mulai dari poin ketiga :

SKILL

Kemampuan atau skill tidak sama dengan pendidikan. Orang yang ketika kuliah menyandang IPK tinggi belum memiliki kemampuan yang tinggi sebagai penunjang kesuksesan karirnya. Ini sudah banyak terbukti. Yang IPKnya pas-pasan kerap kali bisa menduduki jabatan struktural yang lebih tinggi daripada mereka yang IPKnya nyaris sempurna. Meski demikian, bukan berarti ber-IPK tinggi adalah jelek. Perlu ada perimbangan dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam industri dimana kita terjun nantinya.

skill tinggi
skill tinggi

Untuk itu ketika kita terjun di bidang pekerjaan apapun nantinya, cobalah untuk mencari tahu critical skill yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut. Dengan menguasai critical skill, Anda akan memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain. Tentunya ini akan sangat menunjang karir. Seperti yang pernah saya ceritakan dalam postingPentingnya Pengembangan Diri”, kecenderungan yang akan diangkat untuk menduduki posisi penting atau jabatan struktural dalam perusahaan adalah mereka-mereka yang berprestasi dan memiliki nilai lebih, disamping kekuatan koneksi yang saya paparkan di postingan terdahulu.

Setelah Anda mengetahui critical skill yang dibutuhkan, maka ikuti pelatihan-pelatihan terkait atau belajar secara otodidak. Jadilah orang yang aktif mengembangkan diri dan jangan menunggu perusahaan. Berinvestasi “leher ke atas” itu tidak pernah rugi. Walaupun tidak terlihat hasil investasinya secara instan dan seketika, yakinlah suatu hari kelak Anda akan menikmati hasilnya.

DETERMINASI

Sama halnya seperti impian atau visi yang menjadi pemimpin hidup Anda, pun agar bisa bertahan dan sukses dalam berkarir dibutuhkan keinginan yang kuat untuk sukses. Dalam perjalanan karir Anda nantinya, tidak akan semulus seperti yang Anda harapkan. Batu sandungan selalu ada. Masalah juga demikian. Semakin besar tanggung jawab yang akan Anda pikul, semakin besar pula masalah yang harus Anda hadapi.

Belum lagi permainan politik kantor yang mau tidak mau Anda mesti bermain di dalamnya. Namun semua ini akan sebanding dengan pendapatan yang Anda miliki, saat semua masalah-masalah tersebut bisa Anda atasi. Yang penting bertahan dan bermainlah dengan cantik. Tuhan tidak tidur. Dia melihat siapa-siapa hambaNya yang berusaha sebaik-baiknya untuk menjadi yang terbaik.

determinasi
skill tinggi

Ada satu hal lagi yang ingin saya tambahkan. Tidak saya masukkan ke dalam poin-poin di atas karena memang sudah seharusnya tanpa diingatkan, otomatis kita melakukan hal terakhir ini. Apa itu? BERDOA. Tanpa pertolongan Tuhan, Anda mungkin tidak akan bergerak kemana-mana. Bergerak pun mungkin pergerakannya akan sangat lambat. Dan sebaliknya, kalau Tuhan berkehendak tidak ada manusia yang bisa menghalangi percepatan laju karir Anda.

Saya sendiri sudah menyaksikan bagaimana miracle Allah bekerja membantu Ayah saya untuk duduk di jabatan struktural tertentu ketika beliau masih bekerja. Saat calon-calon pejabat lainnya bermain dengan uang untuk “membeli” posisi, Ayah hanya mengandalkan doa saja kepada Allah serta profesionalisme dalam bekerja. Sampai-sampai ketika nama Ayah diumumkan dan menjabat, ada teman-teman beliau yang bilang kalau Ayah sakti karena tidak bermain dengan uang sogokan. Sakti… yang sakti ya Allah, hehehe…

Saya kira itu saja yang ingin saya sharingkan tentang 4 Hal Yang Membantu Sukses Dalam Berkarir. Apa yang saya tulis, hasil sharing @RevolusiRupiah, bukanlah satu pakem yang baku. Namun, pola ini adalah apa yang dilakukan oleh @RevolusiRupiah hingga hanya dalam kurun waktu lima tahun sejak lulus kuliah, beliau bisa menduduki posisi sebagai Senior Manager di salah satu Bank Asing di Indonesia. Yang mau coba, silahkan.

Di postingan selanjutnya saya akan mensharingkan 5 strategi untuk mempengaruhi orang lain. Tentu saja masih hasil sharing dengan salah satu brother Hitman System dalam momen Hitman System Reload IV. Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda.

4 Hal Yang Membantu Sukses Dalam Berkarir (Bagian 2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

32 thoughts on “4 Hal Yang Membantu Sukses Dalam Berkarir (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.