Oleh : Arief Maulana

pebisnis online, level, bisnis, vcc, smuo, produk online, onbuk, wordpress, hak jual vccMakin tinggi levelnya, makin tinggi incomenya

Berbicara soal bisnis memang tidak ada habisnya. Karena suka atau tidak suka inilah salah satu jalan untuk meraih kebebasan financial, kebebasan waktu, kebebasan pikiran, dan kebebasan batin.

Saya memang bukan seorang marketer sukses sekelas Hermawan Kertajaya, apalagi pebisnis top sekelas Donald Trump. Namun dari pengalaman dan perjalanan singkat dalam memulai dan mempelajari dunia bisnis yang notabene sangat tidak ada hubungannya dengan jurusan tempat saya kuliah, saya mencoba membagi level pebisnis online menjadi 3.  

3 level ini adalah versi penilaian saya pribadi. Jadi bila agak subyektif mohon dimaafkan. Dan masukan dari Anda semua sangat saya harapkan karena kita sama-sama belajar.

Nah level-levelnya adalah :

Level 1 – Beginner (Memasarkan Produk Orang Lain)

Ciri utama para pebisnis level 1 adalah masih memasarkan produk orang lain. Ini adalah tingkatan paling mudah (mudah bukan berarti gampang). Kenapa? Karena kita tidak perlu repot-repot membuat produk ataupun sistem bisnisnya. Yang kita lakukan tinggal memasarkan produk orang dengan sistem bagi hasil.

Level ini kebanyakan ditempati oleh rekan-rekan yang banting stir jadi pebisnis. Kenapa? Karena mungkin pendidikan yang dikenyam sebelumnya tidak mensupport pelajaran bisnis. Atau boleh jadi mereka merintis sebagai pebisnis pertama dalam keluarganya (seperti saya, hehehe…)

Sehingga mereka memulai bisnisnya sendiri dengan jalan memasarkan produk orang lain dulu. Tujuannya adalah selain meraih keuntungan dengan sistem bagi hasil, bagian terpentingnya adalah mereka bisa belajar bagaimana membuat sistem yang teruji dan berhasil.

Bila dirasa sudah mulai memahami seluk beluk bisnis yang akan diterjuni, maka mereka pun langsung membuat produk dan sistem bisnis sendiri.

Nah, saya sendiri masih berada di level 1, walau sudah malang melintang sejak bulan Mei 2008 lalu. Tapi bukan berarti akan terus di level tersebut. Manusia hidup untuk selalu berkembang bukan, maka dari itu saat ini pun saya tengah mencoba membuat produk dan sistem bisnis yang mantap.

Tentu saya tidak sendiri, ada rekan-rekan pebisnis senior yang saya ajak kerjasama dan tempat saya berkonsultasi. Dan yang paling penting, saya punya beberapa panduan dasar untuk membangun bisnis online.

Space

Level 2 – Medium (Memasarkan Produk Sendiri)

Rekan-rekan yang berada di level 2 ini bisa dikatakan sebagai pemilik bisnis. Mereka sudah masuk pada tahap memiliki dan memasarkan produk sendiri, tentu dengan support sistem yang telah dibangun sebelumnya berupa web penjualan, blog, dll.

Di level 2 keuntungan tentu lebih besar daripada level sebelumnya. Bayangkan bila sebuah produk dipasarkan dengan sistem viral marketing, maka pemilik produk akan terus mendapatkan keuntungan seiring dengan bertambahnya customer yang kemudian menjelma menjadi sales produk dengan sukarela.

Bila Anda yang berada di level 1 (atau bahkan belum terjun di bisnis online) berpikir bahwa selama ini yang paling diuntungkan adalah para pemilik produk, maka saya jawab itu benar adanya. Tapi pernahkah Anda melihat bagaimana perjuangan para pebisnis level 2 dalam menciptakan sebuah produk dan sistem bisnis yang akan memastikan bisnis mereka hidup sepanjang masa.

Salah satu pebisnis level dua yang saya kenal baik adalah Mas Agung G. Jatnika. Saya salut dengan beliau karena saya lebih dulu terjun di bisnis online, namun beliau bisa naik level lebih cepat dari saya.

Mas Agung menggawangi dua produk luar biasa dan revolusioner, yaitu kumpulan produk online (ebook, software, dan script web) yang dijual dalam satu paket bernama DVD KESS yang bisa dipesan lewat Produk-Online.com sehingga Anda tinggal cari domain dan hosting saja.

Tidak hanya itu, tidak berselang waktu yang lama Mas Agung kembali meluncurkan produk revolusioner berupa software yang bisa membantu Anda membuat semua cover produk online hanya dalam hitungan menit. Produk kedua ini dibanderol dalam satu paket yang dipesan lewat Coverku.com.

Melihat ini ada sebuah pelajaran berharga yang saya dapatkan. Setiap orang boleh jadi start duluan dalam sebuah perlombaan. Namun, bukan berarti yang akan finish dan menjadi juara duluan adalah mereka yang start pertama kali. Semua itu tergantung dengan effort dan kerja kerasnya.

space

Level 3 – Expert (Memasarkan Bisnis)

Nah, ini adalah level tertinggi pebisnis online (versi saya). Rekan-rekan yang berada di sini tak ubahnya Ray Kroc (founder McDonald). Jika Anda berpikir Roy Macrock berjualan burger McD, Anda salah besar. Yang dia jual bukanlah burgernya melainkan bisnis McD itu sendiri dengan sistem Frenchise (pernah dimuat dalam artikelnya Mas Hengky).

Kalau di bisnis burger ada Ray Krock maka di bisnis properti ada Robert T. Kiyosaki yang hobi jual beli bisnis. Kerjaannya selain membangun properti adalah mencari bisnis yang tengah berkembang untuk kemudian disupport dan dijual dengan harga tinggi saat sistemnya sudah bagus.

Para pebisnis di level 3 biasanya sudah memiliki produk dan stabilitas bisnis yang bagus. Maka dari itu, mereka mencoba mengembangkannya dengan jalur semacam frenchise atau menjual hak bisnisnya.

Salah satu rekan saya di level 3 adalah Mas Hengky yang bisa Anda kunjungi di  www.Mashengky.com

Berawal dari level 1, Mas Hengky naik ke level 2 dengan bisnis VCC (Virtual Credit Card) yang laku keras. Bahkan kalau bicara soal VCC, maka icon yang muncul ya Mas Hengky. Tidak hanya itu, kreativitas dan inovasi Mas Hengky untuk memasarkan VCC memang patut diacungi jempol. Hingga kini beliau naik ke level 3 dengan memasarkan hak bisnis VCC.

Kedahsyatannya belum berhenti. Mas Hengky tidak hanya sukses di dunia online saja, melainkan juga di dunia offline. Buktinya beliau menjadi owner dari Distrology Clothing Company (brand kaos lokal desain terbatas khusus distro dan juga menerima pesanan kaos lain). Maka dari itu, saya sangat salut dan banyak belajar dari beliau.

Nah, itu 3 level pebisnis online versi mas Arief. Seperti biasa selalu ada pertanyaan penutup.

Di level manakah Anda saat ini? Dan kapan rencana Anda untuk menjadi business tycoon seperti Mas Hengky?

Salam Sukses,
Photobucket
space

3 Level Pebisnis Online
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                             

50 thoughts on “3 Level Pebisnis Online

  • mantabs neh…kalau saya target tahun depan sudah harus di level ke-2, sekarang masih taraf belajar dalam mencapai ke level-2. Kalau mas arief sendiri gmn? :D

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Ini lagi dalam proses pembuatan produk mas. Saya malah ada beberapa ide, nulis buku, jasa, atau JV mega proyek kemarin. Mau bertapa dulu, mana yg enaknya diselesaikan terlebih dahulu. Hahaha…

  • alhamdulillah saya ucapkan terima kasih atas review mas Arief.. semoga artikel ini berguna untuk para pembaca..

    satu lagi, makin lama makin menonjol neh bakat motivatornya … kalo udah sukses saya dapet undangan seminar ya mas.. saya bayar penuh deh hahaha…

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Hehehe… terima kasih mas. Doakan saja. Ntar mas tak kasih tiket VIP gratis kok. Kalau perlu tak ikutin jadi pebicara. Kan Mas motivatornya motivator.

  • Mas, maaf mo nanya bikin paypal itu hrs pake kartu kredit ya, ada alternatif laen ga mas semisal pake debit gitu, terimakasih mas smg tdk tersinggung dgn pertanyaan saya ini, mhn di maafkan kiranya ga berkenan, sukses terus mas

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Setahu saya ngga bisa mas. Kalo ngga punya kartu kredit pake virtual credit card aja. Lebih mudah and ngga repot. Silahkan ngurus lewat http://www.VCCard.co.cc

  • salam kenal dan salam sukses buat mas arief, artikelnya menarik juga sebagai motivasi buat saya dalam melangkah berbisnis di dunia maya ini. so thx so much.. hehe…

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Terima kasih. Saya juga senang bila artikelnya menginspirasi dan memotivasi Anda. Artinya tujuan blog ini tercapai…

  • Sekalian nebeng mas Muklis numpang nanya masalah paypal.

    kalau beli VCC setiap tiga bulan , dengan harga sekitar Rp 175.000,- apa masih menguntungkan mas?
    atau pas ingin dicairkan saja baru beli lagi, nunggu paypalnya terisi paling tidak diatas nominal harga VCC.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Gini mas. Untuk membuat account PayPal ngga perlu VCC.
    VCC dipakai untuk memverified aja. Nah kita memverified kan tujuannya agar bisa ditarik ke bank lokal. Jadi mending dikumpulin aja dulu uangnya, baru ntar ngurus VCC untuk memverified PayPal dan menarik uang di PayPal tadi ke Bank Lokal.

    Info lebih lengkap coba cek di helpnya PayPal.com

    Kalo pesen vcc bisa disini

  • Tes Ting…….??????????????!!!!!!!!!!!

    Ahaaaaa…!!!….ternyata berhasil juga posting komentar.

    Kalau kita sekarang kita berada si level 1, berarti targetnya adalah masuk level 2
    Kalau kita sekarang kita berada si level 2, berarti targetnya adalah masuk level 3
    Kalau kita sekarang kita berada si level 3, berarti targetnya adalah masuk level …..apa ya, Mas Arief? Apa sudah cukup dilevel itu saja. Maklum insting pebisnis biasanya selalu agresif dan kreatif.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Kalo udah di level 3 biasanya cenderung passive income mas…
    Hobinya ya cari bisnis kembangin jual dengan harga mahal.

  • kalau saya sih masih level 1 menuju tidak lama lagi ke level 2 dalam akhir tahun ini. tepatnya 31 des 08 00:01
    tapi main sitenya bahasa inggris kenbapa karena pangsa pasar sangat luas sekali. untuk terjun ke indo setelah yang satu jadi lainnya pun menyusul.

    salam sukse rief, lets strat and finish together

    adi wardana

    http://www.adiwardana.blogspot.com
    http://www.carabisnishot.co.cc
    http://www.tinyurl.com/kaya96

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Produknya apa di? Kalau cuma web / blog dan produk masih milik orang lain ya sama aja masih di level 1. Aku gi nulis buku untuk naik ke level 2. Ujiannya buat buku, hahaha…

  • 1 hal lagi yg saya lupa sampaikan,
    di level manapun kita, peluang suksesnya sama-sama ada.

    Namun bila kita bisa memegang 3 level sekaligus, maka sumber income pun besar. Buat saja 3 web. Yang satu memasarkan produk orang, yg satu memasarkan produk sendiri, yg satu lagi memasarkan bisnis.

    Jangan lupa blog untuk branding.

  • Kalau saya tidak salah analisa, secara tidak langsung berarti mas arief menempatkan dirinya di level 1. Kalau begitu saya jadi malu nih, saya dilevel berapa ya? Namanya baru bergabung 1,5 bulan.
    Btw (ikutan mas arief), kita jangan pesimis. Semoga kita semua step by step bisa naik ke level yang lebih tinggi.

    So, ada oleh-oleh nih buat mas arief dan rekan-rekan yang lain… post saya terbaru, “Belajar Kekuatan Bisnis dari Samurai.”
    http://www.web-sumartono.blogspot.com

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Betul bang, masih di level 1. Selama Anda sudah action memasarkan produk orang lain ya level 1 juga. Santai bang, level 1 juga bisa sukses kok.

  • ihix…masih belajar di level 1 neeh. tapi dah da planning ke level 2. tapi kayaknya salah tulis Mas di :

    Level 1 – Beginner (Memasarkan Produk Orang Lain)

    Ciri utama para pebisnis level 1 adalah masih memasarkan produk “sendiri”.

    (dasar melankolis. salah dikit protes. hihi….)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah… bagus dah kalo gitu mbak. Btw trims udah dikoreksi, langsung saya betulin lho…

  • mungkin saya msh level -1 yah… :D
    salam,,,

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Semangat aja mas. Level 1 juga bisa sukses kok. Saya banyak menemui profil-profil internet marketer level 1 yang sukses di luaran sana.

  • trims atas suportnya mas…klo aku berarti masih di level 1/2 neh he.he,maklum maseh belajar mas

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Jangan kelamaan belajar mas. Langsung ada learning by doing…

  • Sungguh pencerahan yang luar biasa. Dimanapun posisi anda dalam bisnis online yang penting ditekuni dan pantang menterah. Kata orang bijak “Bisa Karena Biasa” ayo jalan terus … Jangan lupa membaca !!!!
    Informasi tambahan baca juga di : htpp://investasi7.wordpress.com (No. Sponsor 8D16A121)
    Selamat berjuang semuanya

  • Semangat-semangat-semangat!!!

    yang habis ikut seminar, masih anget informasinya!
    Bisa diekspos buat oleh-oleh kita yang kering seminar.

    (ini baru uptodate jamnya, namanya kunjungan tengah malam menjelang dini hari hehehe… sambil dengerin mas arief ngoroxxx)

    Dalam hening malam…
    merdu kudengar denting gerimis
    taburkan kata dalam lembar sucimu
    agar esok kau tersenyum syahdu
    saat kau lihat ada kata-kataku…
    bukti ku masih menyapamu di tengah lelap tidurmu

    ARIEF MAULANA MENJAWAB

    Trima kasih mas umar atas kunjungannya. Sering begadang ya? Ngga baek bagi kesehatan mas.
    Mending tidur awal-awal trus bangun tengah malem, shalat & online lagi. Dunia dapet akhirat juga.

    Tentang seminar, beres sedang saya review.

  • Wah kalo saya rasanya masih kurang pantas di Level 1.. ada gak yg dibawah itu ? (diatas itu… banyak…hehehe)

    Target saya sih membangun traffic dulu aja, sebelum bicara masalah income.
    Trik SEO menurut saya sangat penting, bagaimana bisa berjualan, kalo gak dikenal… dan saya juga sependapat dengan mas Wawan Purnama

    Trims, Artikel yg bagus

  • Mengenai artikel diatas : sepertinya saya masih masuk ke level satu dulu.Benar Mas, Target jangka pendek kali ini yang menurut saya lebih penting adalah “Soal branding dan kredibilitas”.
    Buat saya, rezeki mengikuti…

    Saya percaya itu..terbukti dengan usaha konvensional saya…lagi pula usia blog saya mengudara baru 2 bulan..jadi masih perlu cari teman sebanyak-banyaknya.

    Salam Semangat!! buat Sang Motivator Arief..

    =====================
    Info Posting terbaru :
    http://wawanpurnama.com/2008/12/21/persoalan-pembaca-blog/
    =====================

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Trims for support. Bener mas, jangan terburu-buru dalam berbisnis online. Semua perlu dilakukan dengan langkah yang pasti walau itu mungkin perlahan.

    Saya juga dulu di awal demikian. Memfokuskan pada branding and credibility.

    Semangat…

  • Terimakasih emailnya mas,

    Bicara soal level pebisnis online,saya termasuk yang mana yaaah?
    Kayanya saya belum masuk level 1,apalagi level 2 dst, heheh…

    Tapi Alhamdulillah,setelah ketemu mas Arief, saya kecipratan semangatnya mas Arief,bagaimana saya bisa atau menyamai atau mengungguli mereka ha..ha..,bercita-cita bolehkan kan?

    Dengan modal “harus Bisa”,maka saya yakin akan bertahan dan berjuang terus,bukan begitu mas?

    Saya dalam tarap ngumpulin ilmu sambil mempraktekan mas,nanti saya khabari hasilnya deh,mungkin orang yang pertama dihubungi adalah mas Arief,biar keluar komentar and motivasi-motivasinya he..he..

    Terimakasih mas,doakan saya ya…,
    Salam sukses selalu

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Insya Allah akan selalu saya doakan. Sering-sering aja main ke sini mas.

  • “Jika Anda Adalah Orang Yang Kekurangan Uang, Tetapi Anda Mampu Untuk Memutar Otak Anda Sedikit Saja, Maka Anda Sudah Cukup Untuk Menghasilkan Uang Dari Internet dan Tinggalkan Teman Anda Yang Sedang Kepayahan Mencari Uang. Tapi, Jika Anda Tahu Caranya Lho”

    Website ini telah membuka pikiran saya kunjungi http://www.ebooksampah.co.cc

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Udah bang… kreativ juga. Sangat menghibur saya yang lagi kosep buat ebook “sampah”. Btw, saya jadi pengen tahu. Udah berapa banyak ebook sampah yang Anda beli? Karena ebook yang saya beli selama ini high quality semua.

    Apes banget ya Anda. Hehehe…

  • yups… saya setuju dengan mas Hengky. insting motivatornya Mas Arief ini semakin hari semakin terasa…

    kalo saya masih berada di level 1 neh mas. tapi saya yakin bisa menyusul teman-teman yang lain.

    salam sukses semuanya!

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Terima kasih untuk supportnya. National Motivator Trainer memang menjadi salah satu dream saya mas.

  • produknya ada rief , rencanaya mau buat membership site ada dua option free dan paid membership.
    dimana yang free dapat product master resell right sebagian memang free tapi yang lebih berkualitas akan diberikan di paid membership site. produk akan update 1bulan sekali.” this way to make residual income and you can sell any product what we want. ” by ewn chia

    A True Lazy Way To Make Automatic Profits

    http://wardanz.succeedyou.hop.clickbank.net?itm=autoprofit

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah… tambah mantap aja rekan yang satu ini. Ngga di bisnis offline, online selalu menyundul dan menyalip saya. Hehehe… Keep Move cause our dream must become true.

    Oh ya… coba cek di http://www.Produk-Online.co.cc punya temenku. Sama tuh yang dijual dengan produkmu.

  • Assalam.
    mmh….. mmh.. tulisannya ok punya… setiap orang pasti ingin dapat peningkatan, termasuk dalam bisnis OL. sepakat2x…

    Untuk sementara aku ambil blog khusus tentang minatku di Kelapa, ya untuk sosialisi diri. pengen juga ambil blog yang umum, tapi belum nyampe waktune, mungkin next time…. disambi2.
    thanks info dan sarannya…

    banyak memberi = banyak menerima
    banyak infak = banyak rejeki
    kutunggu jawabannya…

    wasalam

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wassalamu’alaikum

    Ngga apa-apa mas kalo fokus di bidang yang pilih dulu. Malah lebih bagus daripada meng-General. Tenang, saya support terus kok.

    Btw pertanyaan mas saya jawab panjang lebar via email. Kalau disini rasanya kurang pas. Terima kasih kembali.

  • Artikel luar biasa…, sangat membantu memetakan jalan buat para pemula. Ketika peta sudah terbentuk…., tinggal menjalani sesuai goal setting….
    Sip Mas Arief…, ditunggu tulisan menarik lainnya.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Tenang mas… masih banyak ide dan artikel yang siap diposting…
    Tapi nunggu rekan-rekan biar baca yang udah ada dulu. Kasihan kalau kecepetan, ngga bisa diresapi…

  • Kalau saya mungkin belum masuk level kali ya. Maklumlah baru bergabung di FB . Sampai sekarang belum dapat member. Tanya satu Mas, kalau untuk yang hobby membaca, bagusnya bikin produk apa ya. Bantuin dong, lagi bingung nih.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Buat aja toko buku online… barang bisa berupa ebook atau buku biasa dengan tambahan ongkos kirim…

  • @mashengky
    mmg sih… klo dari segi angka di buku tabungan seperti bumi dan langit. Sy yakin juga spt yg diyakinkan oleh Mas Hengky dan Mas Arief. Sukses selalu.

    Dan S’lmat natal buat yg merayakan-nya.

  • saya akan segera meninggalkan level 3 menuju level 4… ayoo mas arief, anda harus me-revisi artikel ini.. ternyata ada tuh level 4 sampai 10! hahaha

    tanya dong, level 4 itu kategori twister yg kayak gimana ya?

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Hahaha… ini kan penilaian saya sendiri mas. Emang level 4 apa tuh? Kosong berarti di artikel ini yang level 3.

    Kan yang saya kenal di level 3 cuma mas hengky. Hahahaha…

  • Pingback: Hidup Tanpa Visi Bagai Tubuh Tanpa Jiwa | ARIEF MAULANA .com
  • Hi mas Arief,

    Review yang bagus, menambah motivasi saya untuk masuk ke level 3, tapi bukannya masih di level 1 kita sudah bisa dapat passive income, mungkin lebih kecil dibanding level 3 ya mas.

    Saya tunggu review berikutnya. terima kasih.

    1. bisa mas dengan catatan rajin promosi. Atau mas pasang banyak iklan bulanan… sehingga ngga perlu kerja lagi.
      Iklan yg bekerja! Dan itu perlu modal yang sangat besar mas… untuk benar2 passive income di level 1.

      Sebagai referensi bila memang mau sukses di level satu, silahkan kunjungi segera http://www.AriefMaulana.com/rahasiareseller
      Disana anda akan melihat seorang reseller sudah passive income dan sudah meraih lebih dari 50 juta.

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  • Hmmmmmm……
    Memang segala sesuatu emang harus dimulai dari yang paling kita kuasai…(biar enjoy) dan dari bawah.
    Wah ini bisa jadi pedoman untuk memulai.
    Makasih mas…tulisan yg top markotop

  • Pingback: 4 Cara Berbisnis Online Lewat Blog
  • Wah berarti saya masih level 1 nih mas. Masih jadi reseller produk orang lain. Tapi memang dari level 1 ini saya banyak belajar untuk berbisnis mas. Ini saja masih memasang di iklan gratis dan masih pakai lapak gratisan.

    1. @Cultan, justru di level satu ini kita bisa banyak belajar basicnya, terutama masalah marketing atau memasarkan produk. Sehingga ketika nantinya kita punya produk sendiri, kita sudah tidak kagok dalam upaya memasarkannya.

  • kalau saya tahu diri masih di level 1 alias belum jelas… belum bisa fokus, ngeblog masih belum teratur kadang seharian kadang seminggu tidak aduh…aduh…:hiks:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.