3 Langkah Mendongkrak Popularitas dengan Dukungan Pebisnis Internet Senior

Oleh : Arief Maulana

Tidur siang saya cukup terusik manakala adik membangunkan dengan usil karena saya belum shalat duhur. Well, jam udah menunjukkan pukul 2 PM. Walau masih setengah nyawa, saya cukup kaget juga mendengar kabar dari Masterclickcom via YM. Untung masih YM on, soalnya saya sendiri ngga nyadar dan meninggalkan YM ke dunia mimpi tanpa sempat sign out dan menelantarkan beberapa ucapan say hi, hehehe…

Kabar baiknya adalah ternyata di blog Cosa Aranda dalam salah satu postingan, Mulai Berbisnis Internet Sekarang dengan Bisnis Affiliasi, ada 1 link yang merujuk ke arah download gratis The Simple Internet Selling v1.1. Malah Masterclickcom sempat ngirain saya bayar untuk dapet link disana. Tapi tentu saja tidak, saya rasa itu adalah inisiatif Mas Cosa Sendiri.

Ngga pake lama, usai shalat duhur saya ngecek langsung ke blognya Mas Cosa. Masih ngga percaya juga, akhirnya saya minta tolong Mashengky ikutan ngecek. Ternyata memang benar. Dan untungnya ini bukan di dunia mimpi lagi.

Apa yang membuat saya begitu senang? Anda tentu tahu siapa sosok Cosa Aranda dan bagaimana blognya begitu ramai dikunjungi, belum lagi para infantri resimen Panduan Dasar yang jumlahnya searet-aret. Apa jadinya kalau panglima perang memerintahkan (red.baca merekomendasikan) sesuatu. Udah pasti pasukan ngikut toh, dan itulah yang terjadi.  

Efek dari tulisan Mas Cosa menggetarkan dunia TSIS. Jumlah subscriber meningkat, list bertambah. Efek lainnya adalah terangkatnya branding saya pribadi. Padahal kalau bahasa ABGnya, “Siapa saya gitu loh? Kalo dibandingin sama Master Cosa Aranda”. Dengan secuil rekomendasi dari beliau, paling ngga ada yang mengenal saya gitu, hehehe…

Efek jangka panjangnya? Komunitas! Ya, tentu dengan branding yang makin kokoh dan jumlah member (komunitas) yang makin gede, ada segundang keuntungan yang bisa diperoleh. Dan itulah adalah sisi positif dari aktivitas list + community building. Masalahnya adalah SEMUA ORANG BISA MELAKUKANNYA KALAU MEREKA MAU. Termasuk Anda, juga bisa mendaptkan support untuk menambah list building dan popularitas.

Kejadian tersebut mengingatkan saya pada proses yang mesti dijalani ketika akan membuat TSIS dan melaunchingnya. Secara sederhana, saya kupas dalam 3 point bagaimana mendongkrak popularitas dengan dukungan rekan-rekan senior.

# Jalin Hubungan Dengan Rekan Senior Secara Intensif

Hampir sebagian besar pebisnis internet pemula memegang 1 produk panduan milik rekan senior. Kalau kebetulan produk yang Anda pegang adalah buatan pebisnis internet yang top dan terkenal, artinya modal awal udah dapet. Maka langkah selanjutnya adalah menjalin hubungan yang intensif.

Anda bisa sering-sering berhubungan lewat komunitas yang dibuat oleh IM yang bersangkutan. Entah komunitas itu di blog ataupun di forum tertentu. Bahkan kalau memang mereka punya YM dan kebetulan aktif, sapa saja. Anda bisa mencoba aktif dengan tujuan mencari perhatian si pebisnis internet senior tersebut. Misalnya di blog, kalau adminnya sibuk and ngga sempat ngeladeni, Anda bisa mengisi kekosongan sementara. Atau kalau Anda punya ide lain silahkan, toh tidak ada larangan berekspresi asal bukan nyepam.

# Praktekkan Produknya Dan Tunjukkan Hasilnya

Salah satu idealisme dari pembuat produk, selain keuntungan penjualan, adalah ketika orang lain yang membeli bisa mendapatkan manfaat terbaik dari produk yang dibuat. Maka dari itu, produk jangan sekedar jadi file sampah belaka. Praktekkan.

Jangan meniru saya yang suka hobi membeli banyak produk, tapi ngga semua bisa dipraktekkan. Biar bagaimana pun, ingat fokus saya di affiliate marketing. Dan biasanya hobi shopping ini untuk sekedar menambah wawasan dan memperluas lini pemasaran produk (strategi diferensiasi produk saling melengkapi) sebagaimana yang sudah saya berikan di TSIS, itupun kalau Anda jeli menemukannya.

Back to d’topic, dengan mempraktekkan produk si Pebisnis Internet senior dan menunjukkan hasil Anda bisa segera memberikan testimoni keberhasilan. Paparkan buktinya bahwa produk mereka telah banyak membantu Anda. Biasanya mereka akan senang, karena jarang sekali para newbie mau mempraktekkan apa yang sudah dibeli. Rata-rata newbie biasanya habis beli : baca, keliatan sulit, ngga jadi nyoba trus nuduh bisnis internet sebagai bisnis ngga jelas dan hanya menipu belaka.

Dengan praktek dan menunjukkan hasilnya kita sudah membuat pebisnis senior yang produknya kita beli menjadi senang. 1 point lagi untuk Anda dan menjadi alasan pula bagi mereka mendukung perkembangan Anda lebih lanjut.

# Make A Simple Product

Sekarang sudah masuk di tahap bertindak. Saatnya Anda mencari dukungan para senior dengan membuat produk sederhana. Meski sederhana, bukan berarti mengurangi kualitas. Karena ini akan menyangkut nama baik Anda sendiri dan juga nama baik Pebisnis Internet senior yang Anda mintai dukungan.

Contoh paling mudah, buat saja ebook gratisan untuk menjaring list. Membuat ebook itu mudah. Kalau Anda belum tahu caranya, bisa download gratis di Panduan Dasar. Tapi kudu daftar dulu jadi membernya, itu pun gratis. Kalau memang mau lebih serius lagi membangun bisnis informasi, bisa cek produknya Mas Lutvi about bisnis informasi di Jual Produk.

Produk selesai dibuat, saatnya meminta dukungan. Anda bisa kontak pebisnis internet senior yang sudah didekati secara intensif. Kirimkan draft produk dan mintak masukan bila memang ada kekurangan. Jangan lupa, bila sudah diberi masukkan segera perbaiki dan kirimkan lagi, sampai akhirnya approve. Setelah itu, mintai testimoninya.

Butuh dukungan lebih banyak lagi? Berikan draft produk Anda ke beberapa pebisnis internet senior lainnya. Minta masukan, perbaiki dan minta testimoni ketika sudah diapprove.

Kelihatannya ribet, kaya birokrasi pemerintahan. Tapi dengan cara demikian, Anda bisa menjaga kualitas produk yang dibuat. Tentu senior yang memberikan testimoni ngga mau asal catut nama aja, kontrol kualitas mesti ada. Maka dari itu, ini bisa menjadi sarana pembelajaran untuk Anda.

Jadi inget waktu asistensi TSIS sama Mas Lutvi and Mbak Dini Shanti. Bolak balik edit and resend, edit resend, sampai approve.

Produk oke, testimoni dapet. Tinggal sekarang bagaimana Anda mau menggunakan produk tersebut. Entah jadi bonus untuk pembelian produk lewat link referal Anda, entah Anda bagikan gratis sambil menjaring list, atau Anda sebar secara bebas ala viral marketing.

Dan inilah cara saya menyusun dan membuat The Simple Internet Selling (TSIS). Sampai akhirnya di kolom testimoni bisa bertengger nama-nama IM Top yang mensupport TSIS (sambil menunggu respon apakah Mas Cosa juga berkenan memberi testimoni, pasca rekomendasi di blognya).

Intinya, jangan cuma jadi affiliate marketer sapi perah. Kreatiflah dalam memasarkan produk. Bangun image dan branding yang oke sebagai pemasar profesional. Kalau perlu bukan Anda yang mencari produk tapi pemilik produk mencari Anda untuk memasukkan produk mereka dalam list produk yang dipasarkan.

Karena baik itu affiliate marketer ataupun affiliate merchant sudah seharusnya saling memberikan keuntungan. Pemilik produk tanpa ribuan affiliate yang menjadi ujung tombak marketing juga ngga optimal. Pun affiliate marketer tanpa produk berkualitas mau memasarkan apa?

Selamat mencoba. Semoga artikel yang panjang ini, bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
arief maulana
space

      • @arief maulana, heheh… cuman bedanya, sampean karna punya scedule dan self management-nya buagus. kalo saya, karna kebanyak tugas, nggak bisa fokus, dan mengidap insomnia :hihi:

        ngomong2 mau nanya ni mas arief, saya lagi coba2 jalanin point yang ke-3. tapi kurang pede karna baru belajar. dan sepertinya ini karna tidak melalui urutan no.1 & 2 mas. untuk kasus seperti saya mas arief ada saran tah? gimana gitu baiknya?

      • @arief maulana, maunya duluan tadi…..tapi apa daya, blog arief noe tll hebat, jd rada lola bukanya……sarat muatan berkualitas….hehehehe

          • Gustin Leslie says:

            @arief maulana, eh mas arief tapi terkadang saya mikir kok para senior2 gitu agak sombong gitu mas,
            terus agak dikit yah ak bilang meremehkan banget para newbie.

            menurut mas areif gmna?

            • arief maulana says:

              @Gustin Leslie, agak sombong gimana yah? Apa saya juga terlihat seperti itu…? :diem:

              *introspeksi diri :baca:

              Mungkin kadang-kadang newbienya juga kebangetan. Sukanya ngga percaya apa yang dibilangin sama senior.
              :siul :siul :siul

              • Gustin Leslie says:

                @arief maulana, ah mas arief mah ga sombong.:sip:
                Udah gitu baik hati dan suka menabung. :hore:

                Yah misalnya,saya lihat ada newbie tanya2 sesuatu kadang g dijawab..
                Tapi emang jarang si saya lihat yang seperti itu seniornya..
                :puyeng:

                • arief maulana says:

                  @Gustin Leslie, yang bikin males kadang gini mas. Materi yang ditanyain itu udah ada, entah di artikel atau di ebook (gratis).

                  Tapi giliran disuruh baca sendiri, pada males. Padahal tujuannya selain apa yg ditanyain newbie tsb dapet semua ilmunya gitu!
                  :uhuk:

      • Luthfi Fuadi Majid says:

        @arief maulana,
        wah dah lama ngga berkunjung ke sini mas areif, rindu nich diskusi dengan anda mas…hehe

        dari segi statistik blognya keren mas,,,wah saya kudu banyak belajar nich ama anda..maklum dan lama ngga OL lagi penelitian buat Skripsi mas..

        salam sukses buat anda ya mas..
        Luthfi Fuadi Majid

  1. :sip: congrats yah….dpt dukungan dr sang master….anda memang layak……..selalu memberi tips2 ampuh untuk pemula dan semua ditulis berdasar pengalaman

  2. mas arief tulisannya luar biasa, “enak dibaca dan perlu” kyk taglinenya Tempo aj,hehehe….

    mas aku msh newbie, ksh tipsnya dong supaya bisa menghasilkan tulisan berkualitas kyk tulisan mas arief..

    • arief maulana says:

      @setyo, tips saya singkat mas.

      1. Banyaklah menulis. Minimal 100 tulisan. Karena saya udah melampaui itu.

      2. Sering2 membaca buku/artikel/koran yg bhs redaksionalnya bagus. Itu akan membantu secara ga langsung lewat alam bawah sadar kita ketika menulis.

    • arief maulana says:

      @mashengky.com, lha yg pebisnis tulen ngaku newbie, bagaimana yg semi pebisnis… :ngakak:.

      Asal umur panjang, pasti suatu saat kita bertemu. Di manapun itu belahan buminya. Hahaha…

      • arief maulana says:

        @KangAsep, ehm… dalam artikel ini, asumsi saya kita udah pegang 1 panduan mas. Jadi pdkt tentu lebih mudah… :sungkem

        Kalau pun belum punya, link referal saya terbuka untuk siapapun… :sup: :sup: :sup:

  3. akhirnya bs ikutan dsni…selamat ya atas kberhasilannya,mas arief memang pantas.unek2 sya dah trjwb,sbab g jauh bd dg prtnyaannya mas setyo.
    smoga sy bs seperti anda,thanks.

  4. online-business-story.com says:

    jadi ingin tanya mas arief…
    mas arief buat TSIS setelah berapa bulan nge-blog ?
    Jadi pingin buat free ebook juga nih :mikir:

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

  5. Wah selamat Mas Arief.
    Boleh donk saya menjalin hubungan yang baik dengan Anda untuk melengkapi point no 1.

    Salam Sukses,
    Ligo Saint

  6. rata-rata semua komentar mencerminkan kekaguman padamu mas Arief, termasuk saya. selamat! tapi sebenarnya pengalaman mas arief ini adalah ilmu yang sangat berharga. “strategis dan fundamental”. inilah pesan inti yang bisa saya petik. sukses terus mas

    • arief maulana says:

      @fadly muin, terima kasih. Harapan saya juga gitu mas. Pengunjung ga sekedar datang and memuji. Yg jauh lebih penting adlh bs mengambil hikmah and pelajaran dari setiap posting…

  7. hehehehe..maaf ms kedoublean,loadingnya lambat td.Selamat ms direkomendasikan ama ms Cosa,kebanggaan tersendiri.Ms Arief benar2 semakin menuju puncak.Selamat!:sip:

  8. MasterClickCom says:

    Sy kaget 3 (tiga) kali pas baca artikel ini :

    – Dari jarang pandang 40cm dgn layar monitor, foto yang terdapat di artikel ini sekilas mirip sy bngt, sampe berpikir “nih mas arief, ambil foto-nya dari mana?”

    – Nama sy di sebut-sebut di blog ini

    – Plus, Mas Arief “membocorkan” isi chatting di YM di artikel ini pula

    eniwei.. artikel ini telah “membuka” pikiran sy jauh lebih luas lagi. . . :sip:

    • arief maulana says:

      @MasterClickCom, :hihi:
      1. Saya pake penerawangan, yg mirip dgn masterclick.com. Asal aja kok ambilnya.

      2. Sebagai pemberi informasi pertama, Nama Anda layak dituliskan sbg ungkapan terima kasih saya.

      3. Isi YM, tentu harus dipaparkan. Cuma berhubung kemarin chat lewat BB, jadi ngga bisa ambil screen shotnya! :hihi:

  9. emang salah satu cara untuk mendongkrak popularitas ya dengan menjalin hubungan itu sob, apalagi kalo yang kita jalin hubungannya sama expert yang udah lama berkecimpung diinternet pastinya akan sangat terbantu seperti artikel sobat diatas. Aku pribadi juga lagi gencar2nya membangun hubungan persahabatan dengan blogger lain dan beberapa diantarnya sudah menjadi teman saya yang sekarang juga sering bertukar info melalui YM, facebook atau sms.

    Aku juga lebih intense untuk berkomentar diblog teman2 yang lain termasuk diblog sobat sekarang yang tujuannya tentu menambah teman. semoga awal komentar ini bisa menjalin hubungan pertemanan kedepannya. thank sob

  10. Met siang mas, alhamdulillah ya di bangunin jadi ga kebablasan, he…he…terimakasih mas tipsnya sangat bagus dan saya sangat terbantu dengan tips tipsnya mas, oh ya klo sempet mampir mas, (he…he…ngarep banget) semoga selalu sehat dan makin sukses mas Arief

    • arief maulana says:

      @Muklis, Iya mas. Cuma cara membangunkannya itu loh, kadang jengkelin. Padahal saya bukan orang yg sulit dibangunkan… :hihi:

      Oke, nanti saya mampir ke blognya mas Muklis! :sip:

  11. Wah selamat ya buat mas Arief :sip: Lah klo blognya gak setema ama blog master, mana ada yang mau kasih rekomendasi :hiks: Yah pokoknya tetep semangat :sip:

    • arief maulana says:

      @turisuna, Setema sih ngga setema-tema amat Mas. Soalnya kan materi disini campuran 3 materi : motivasi, bisnis, manajemen diri.

      Cuma mungkin TSISnya kebetulan nyambung dengan materi Mas Cosa Aranda! :sip:

  12. mantabs mas…speechless lagi deh saya…^_^:diem:

    1. membangun brand memang tantangan besar yah mas…
    2. untung ada sharing ini, jadi terbayang langkah berikutnya yang mesti dilakukan… MATUR NUWUN Bro..:wooo:

    • arief maulana says:

      @Alfred, ya… karena di bisnis internet, KEPERCAYAAN adalah salah satu modal terbesar. Apalagi bisnis kita berjalan di tengah maraknya penipuan…

      :yoyo:

  13. Saya rasa dengan membeli produk milik internet marketing dari senior kita maka secara tidak langsung kita bisa juga mendekatkan diri kita dengan senior IM.semakin dekat hubungan kita dengan IM maka kita juga bisa menjalin kerjasama dengannya.Dengan begitu peluang untuk menciptakan income akan lebih mudah.

  14. andrik sugianto says:

    Sukses ya mas! pean dah pantes menyandang gelar IM Senior. Saya melihat mas arief jago dalam penulisan, Di TSIS bahasanya mantab dan mudah dimengerti. jadi pengen belajar nulis kayak mas arief. selama ini tulisan ku masih g karu2an mas, menggok sana menggok sini.

    • arief maulana says:

      @andrik sugianto, bisa karena biasa mas. Itu kuncinya. Makin banyak nulis makin meningkat kualitas tulisan kita.

      Dan jangan lupa sering2 membaca bacaan yg redaksionalnya bagus! :baca:

  15. andrik sugianto says:

    kalau blh sedikit usul mas, loading blognya kog rada “males” ya mas, karna browser q atau ada sesuatu di webserver mas arief?

    • arief maulana says:

      @andrik sugianto, Ehm, kalau saya tergantung koneksi mas. kalau pas oke cepet. Tapi kalau lagi cuaca ngga jelas berat.

      tapi coba deh nanti saya minimalkan lagi pluginnya!

    • arief maulana says:

      @Suarakelana, ehm… kalau cuma teori thok ngga asik Pak. Hehehe …

      Dan memang saya usahakan apa yang disharingkan disini sudah saya lakukan lebih dulu. :cendol

  16. Cara Memperbesar Penis says:

    Menjalin hubungan dengan internet marketing yang senior akan mempermudah dalam menjalankan kerjasama dalam bisnis.

    • arief maulana says:

      @Cara Memperbesar Penis, ya. Itu salah satu metode untuk bisa sukses dengan lebih cepat.

      Kata Pak Tung Desem Waringin, learning from the best! Lebih dahsyat lagi JV with the best.
      :yoyo:

  17. memang untuk menjadikan kita sukse perlu tutor karena kesuksesan seseorang kebanyakan mengmbil pelajaran dari penglaman seorang tutor

  18. ilmunya mantap niehh.. lam kenal mas arif.. saya newbie banget nie.. malah baruh hari ini komen2 di blog orang hhe.. mudah2an bisa sukses kaya kalian yang dah senior deh.. hhee..

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,744 bad guys.