Oleh : Arief Maulana

Tidur siang saya cukup terusik manakala adik membangunkan dengan usil karena saya belum shalat duhur. Well, jam udah menunjukkan pukul 2 PM. Walau masih setengah nyawa, saya cukup kaget juga mendengar kabar dari Masterclickcom via YM. Untung masih YM on, soalnya saya sendiri ngga nyadar dan meninggalkan YM ke dunia mimpi tanpa sempat sign out dan menelantarkan beberapa ucapan say hi, hehehe…

Kabar baiknya adalah ternyata di blog Cosa Aranda dalam salah satu postingan, Mulai Berbisnis Internet Sekarang dengan Bisnis Affiliasi, ada 1 link yang merujuk ke arah download gratis The Simple Internet Selling v1.1. Malah Masterclickcom sempat ngirain saya bayar untuk dapet link disana. Tapi tentu saja tidak, saya rasa itu adalah inisiatif Mas Cosa Sendiri.

Ngga pake lama, usai shalat duhur saya ngecek langsung ke blognya Mas Cosa. Masih ngga percaya juga, akhirnya saya minta tolong Mashengky ikutan ngecek. Ternyata memang benar. Dan untungnya ini bukan di dunia mimpi lagi.

Apa yang membuat saya begitu senang? Anda tentu tahu siapa sosok Cosa Aranda dan bagaimana blognya begitu ramai dikunjungi, belum lagi para infantri resimen Panduan Dasar yang jumlahnya searet-aret. Apa jadinya kalau panglima perang memerintahkan (red.baca merekomendasikan) sesuatu. Udah pasti pasukan ngikut toh, dan itulah yang terjadi.  

Efek dari tulisan Mas Cosa menggetarkan dunia TSIS. Jumlah subscriber meningkat, list bertambah. Efek lainnya adalah terangkatnya branding saya pribadi. Padahal kalau bahasa ABGnya, “Siapa saya gitu loh? Kalo dibandingin sama Master Cosa Aranda”. Dengan secuil rekomendasi dari beliau, paling ngga ada yang mengenal saya gitu, hehehe…

Efek jangka panjangnya? Komunitas! Ya, tentu dengan branding yang makin kokoh dan jumlah member (komunitas) yang makin gede, ada segundang keuntungan yang bisa diperoleh. Dan itulah adalah sisi positif dari aktivitas list + community building. Masalahnya adalah SEMUA ORANG BISA MELAKUKANNYA KALAU MEREKA MAU. Termasuk Anda, juga bisa mendaptkan support untuk menambah list building dan popularitas.

Kejadian tersebut mengingatkan saya pada proses yang mesti dijalani ketika akan membuat TSIS dan melaunchingnya. Secara sederhana, saya kupas dalam 3 point bagaimana mendongkrak popularitas dengan dukungan rekan-rekan senior.

# Jalin Hubungan Dengan Rekan Senior Secara Intensif

Hampir sebagian besar pebisnis internet pemula memegang 1 produk panduan milik rekan senior. Kalau kebetulan produk yang Anda pegang adalah buatan pebisnis internet yang top dan terkenal, artinya modal awal udah dapet. Maka langkah selanjutnya adalah menjalin hubungan yang intensif.

Anda bisa sering-sering berhubungan lewat komunitas yang dibuat oleh IM yang bersangkutan. Entah komunitas itu di blog ataupun di forum tertentu. Bahkan kalau memang mereka punya YM dan kebetulan aktif, sapa saja. Anda bisa mencoba aktif dengan tujuan mencari perhatian si pebisnis internet senior tersebut. Misalnya di blog, kalau adminnya sibuk and ngga sempat ngeladeni, Anda bisa mengisi kekosongan sementara. Atau kalau Anda punya ide lain silahkan, toh tidak ada larangan berekspresi asal bukan nyepam.

# Praktekkan Produknya Dan Tunjukkan Hasilnya

Salah satu idealisme dari pembuat produk, selain keuntungan penjualan, adalah ketika orang lain yang membeli bisa mendapatkan manfaat terbaik dari produk yang dibuat. Maka dari itu, produk jangan sekedar jadi file sampah belaka. Praktekkan.

Jangan meniru saya yang suka hobi membeli banyak produk, tapi ngga semua bisa dipraktekkan. Biar bagaimana pun, ingat fokus saya di affiliate marketing. Dan biasanya hobi shopping ini untuk sekedar menambah wawasan dan memperluas lini pemasaran produk (strategi diferensiasi produk saling melengkapi) sebagaimana yang sudah saya berikan di TSIS, itupun kalau Anda jeli menemukannya.

Back to d’topic, dengan mempraktekkan produk si Pebisnis Internet senior dan menunjukkan hasil Anda bisa segera memberikan testimoni keberhasilan. Paparkan buktinya bahwa produk mereka telah banyak membantu Anda. Biasanya mereka akan senang, karena jarang sekali para newbie mau mempraktekkan apa yang sudah dibeli. Rata-rata newbie biasanya habis beli : baca, keliatan sulit, ngga jadi nyoba trus nuduh bisnis internet sebagai bisnis ngga jelas dan hanya menipu belaka.

Dengan praktek dan menunjukkan hasilnya kita sudah membuat pebisnis senior yang produknya kita beli menjadi senang. 1 point lagi untuk Anda dan menjadi alasan pula bagi mereka mendukung perkembangan Anda lebih lanjut.

# Make A Simple Product

Sekarang sudah masuk di tahap bertindak. Saatnya Anda mencari dukungan para senior dengan membuat produk sederhana. Meski sederhana, bukan berarti mengurangi kualitas. Karena ini akan menyangkut nama baik Anda sendiri dan juga nama baik Pebisnis Internet senior yang Anda mintai dukungan.

Contoh paling mudah, buat saja ebook gratisan untuk menjaring list. Membuat ebook itu mudah. Kalau Anda belum tahu caranya, bisa download gratis di Panduan Dasar. Tapi kudu daftar dulu jadi membernya, itu pun gratis. Kalau memang mau lebih serius lagi membangun bisnis informasi, bisa cek produknya Mas Lutvi about bisnis informasi di Jual Produk.

Produk selesai dibuat, saatnya meminta dukungan. Anda bisa kontak pebisnis internet senior yang sudah didekati secara intensif. Kirimkan draft produk dan mintak masukan bila memang ada kekurangan. Jangan lupa, bila sudah diberi masukkan segera perbaiki dan kirimkan lagi, sampai akhirnya approve. Setelah itu, mintai testimoninya.

Butuh dukungan lebih banyak lagi? Berikan draft produk Anda ke beberapa pebisnis internet senior lainnya. Minta masukan, perbaiki dan minta testimoni ketika sudah diapprove.

Kelihatannya ribet, kaya birokrasi pemerintahan. Tapi dengan cara demikian, Anda bisa menjaga kualitas produk yang dibuat. Tentu senior yang memberikan testimoni ngga mau asal catut nama aja, kontrol kualitas mesti ada. Maka dari itu, ini bisa menjadi sarana pembelajaran untuk Anda.

Jadi inget waktu asistensi TSIS sama Mas Lutvi and Mbak Dini Shanti. Bolak balik edit and resend, edit resend, sampai approve.

Produk oke, testimoni dapet. Tinggal sekarang bagaimana Anda mau menggunakan produk tersebut. Entah jadi bonus untuk pembelian produk lewat link referal Anda, entah Anda bagikan gratis sambil menjaring list, atau Anda sebar secara bebas ala viral marketing.

Dan inilah cara saya menyusun dan membuat The Simple Internet Selling (TSIS). Sampai akhirnya di kolom testimoni bisa bertengger nama-nama IM Top yang mensupport TSIS (sambil menunggu respon apakah Mas Cosa juga berkenan memberi testimoni, pasca rekomendasi di blognya).

Intinya, jangan cuma jadi affiliate marketer sapi perah. Kreatiflah dalam memasarkan produk. Bangun image dan branding yang oke sebagai pemasar profesional. Kalau perlu bukan Anda yang mencari produk tapi pemilik produk mencari Anda untuk memasukkan produk mereka dalam list produk yang dipasarkan.

Karena baik itu affiliate marketer ataupun affiliate merchant sudah seharusnya saling memberikan keuntungan. Pemilik produk tanpa ribuan affiliate yang menjadi ujung tombak marketing juga ngga optimal. Pun affiliate marketer tanpa produk berkualitas mau memasarkan apa?

Selamat mencoba. Semoga artikel yang panjang ini, bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
arief maulana
space

3 Langkah Mendongkrak Popularitas dengan Dukungan Pebisnis Internet Senior
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

160 thoughts on “3 Langkah Mendongkrak Popularitas dengan Dukungan Pebisnis Internet Senior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.