manajemen waktu, bisnis, sampingan,

3 Cara Memanage Waktu Untuk Bisnis Sampingan

Oleh : Arief Maulana

Salah satu keluhan yang sering terdengar dari rekan-rekan yang masih memiliki pekerjaan utama di kantor dan mencoba berbisnis sampingan adalah mengatur waktu untuk mengerjakan bisnis sampingan itu. Mereka merasa bisnis sampingan sangat menyita waktu. Sudah seharian bekerja dari pagi sampai sore (bahkan ada yang sampai malam) di kantor, masih harus mengerjakan “PR” bisnisnya. Anda merasakan hal itu juga? Lantas bagaimana solusinya? 

Saya belajar dari rekan-rekan saya yang sudah berhasil duluan dan sama-sama berawal dari bisnis sampingan. Ini dia beberapa solusi agar Anda tetap bisa menjalakan bisnis sampingan tanpa merasa terbebani :

#1 Maksimalkan Media Internet

Sekarang sudah zamannya apa-apa internet, jadi kenapa tidak dimaksimalkan saja media internet untuk melejitkan bisnis kita. Lagipula sudah banyak model bisnis atau cara menjalankan bisnis melalui internet yang tidak banyak menyita waktu misalnya bisnis dropshipping, facebook marketing, affiliate marketing, dsb. Anda cukup pilih salah 1 saja, kemudian fokus di sana. Jangan semua dicoba dalam waktu bersamaan, biasanya cenderung tidak berhasil dan malah gagal semua.

#2 Pilih Waktu Bekerja Yang Nyaman Untuk Anda

Bisnis sampingan dengan media internet, benar-benar membutuhkan fokus. Anda tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak karena saya yakin Anda pasti sudah lelah di kantor. Carilah waktu yang nyaman untuk mengerjakan bisnis Anda, cukup 2 jam saja per hari. Atau kalau masih merasa kurang bisa ditambahkan jadi 3 jam per hari, suka-suka Anda. Yang terpenting di 2-3 jam itu, fokus lah!

bisnis sampingan di rumah
bisnis di pagi hari, sebelum berangkat kerja

Saya biasa mengambil waktu di pagi hari sebelum atau sesudah subuh. Karena kalau malam hari, biasanya sudah capek karena sudah seharian bekerja di kantor. Dan malam hari adalah waktu berkumpul bersama keluarga. Tapi kalau Anda tipe pekerja tengah malam, ya boleh saja. Yang penting selama 2 jam itu fokus. Jangan bermain social media atau membuka web  yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan bisnis Anda.

#3 Delegasikan Pada Orang Lain

Ada dua hal yang biasanya saling bertolak belakang, yaitu waktu dan tenaga vs uang. Kalau memang ada sedikit modal berlebih, Anda bisa mencoba mendelegasikan hal-hal teknis seperti : membuat website penjualan dan berpromosi di waktu-waktu yang Anda tidak bisa kerjakan karena pekerjaan utama sebagai karyawan.

Namun apabila memang tidak ada uang berlebih, ya mau tidak mau harus mengorbankan sedikit waktu dan tenaga untuk melakukan semuanya sendiri terlebih dahulu. Kalau sudah begini, maka pastikan apa yang Anda kerjakan sudah atau akan memberikan hasil yang maksimal. Misalnya :

  • Apabila media marketing Anda menggunakan Blackberry Messenger, maka pastikan menggunakan DP BBM yang responsif dan langsung membuat orang tertarik pada promosi atau penawaran Anda.
  • Apabila media marketing atau toko penjualan Anda menggunakan facebook, maka pastikan akun jualan facebook teroptimasi dengan baik. Bukan asal bikin akun, upload foto jualan sekenanya, atau nyepam sana sini.
  • Apabila menggunakan email, Anda bisa gunakan autoresponder agar bisa menjadwalkan email-email promosi / penawaran di saat Anda sibuk dengan pekerjaan utama di kantor. dll.

Maksud contoh di atas apa? Adalah tidak lain agar setiap waktu senggang yang Anda gunakan untuk bisnis bisa dimaksimalkan semaksimal mungkin. Anda maunya hanya meluangkan waktu 2 jam per hari saja toh?

dp bbm, bbm marketing, dp jualan
contoh DP BBM yang responsif dan menjual, tidak terpotong di recent update bbm

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan kebetulan istri / suami nganggur di rumah misalnya, coba diajak bekerja sama. Ajarkan sedikit pada mereka pengetahuan bisnis internet / bisnis online Anda. Atau kalau mereka masih tidak mengerti, ajarkan saja sekedarnya pada bagian-bagian yang berkaitan dengan tugas yang bisa Anda delegasikan.

Bagaimana, tercerahkan? Ada yang mau didiskusikan terkait manajemen waktu untuk bisnis sampingan Anda?

  1. Terima kasih mas maulana utk tips2nya.
    Sy karyawan n lg belajar affiliate marketing. Pulang kantor sempatin posting artikel. N cari buat artikel…
    Klo ada duit lebih, beli jasa buat artikel n backlink

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,947 bad guys.