2 Model Bisnis Internet Untuk Pemula

Oleh : Arief Maulana

Saya sering mendapat email dari rekan-rekan newbie yang menanyakan bisnis internet apa yang paling cocok untuk para pemula. Daripada saya jawab berkali-kali dengan jawaban yang sama, mungkin lebih baik saya posting saja sebagai artikel di blog ini.

Sebenarnya kurang tepat bila kita bertanya pada orang lain bisnis internet apa yang paling cocok. Kenapa? Karena saya bukan dukun yang bisa menebak dan meramal masa depan bisnis internet Anda. Lagipula beda bisnis beda pula karakternya. Bisa jadi apa yang menurut saya mudah dan bisa dilaksanakan menjadi sulit dan imposible bagi Anda.

Yang paling bisa mengukur model bisnis internet adalah diri kita masing-masing. Perhatikan saja apa dan bagaimana karakter Anda. Kemudian carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang model-model bisnis internet. Nanti, Anda tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dan cocok untuk Anda jalankan dengan serius.

Kembali topik pembahasan. Bila saya ditanya model bisnis internet yang paling cocok dengan pemula itu apa, maka saya akan menjawab 2 model bisnis internet. Dua model ini bisa dibilang paling dasar. Kalau sudah menguasai ini, Insya Allah pengembangan ke arah yang lain akan lebih muda. Apa dua model bisnis internet tersebut? Blog Monetizing dan Affiliate Marketing.

space

BLOG MONETIZING

Blog monetizing bisa diartikan mengupayakan blog kita sedemikian rupa, hingga bisa menghasilkan uang. Saya ingat, Mas Cosa Aranda sendiri juga merekomendasikan blog monetizing untuk pemula pada saat “Seminar Nasional Empowering Netpreneur” di Intiland Tower, Surabaya.

Tentunya dasar dari blog monetizing adalah kemampuan Anda mengolah dan mengelola blog, baik itu dari segi teknis blog maupun dari segi konten atau isi. Anda bisa menggunakan blog gratisan (direkomendasikan blogger.com) ataupun yang lebih profesional dengan menggunakan wordpress hosting berbayar. Jika Anda benar-benar pemula dan belum mengenal teknis pengelolaan blog, ada baiknya belajar kepada Mbak Dini Shanti.

Kekuatan blog monetizing ada pada konten dan traffic. Sebuah blog yang terlihat bagus tidak akan bertahan lama manakala konten yang disajikan tidak berkualitas dan tidak bisa memenuhi selera pengunjung blog tersebut. Maka dalam hal ini diperlukan konsistensi dalam menyajikan konten yang bermanfaat bagi manusia pengunjung blog, tidak hanya untuk SEO semata.

Sumber penghasilan dari blog monetizing macam-macam. Diantaranya :

  1. PPC (Pay Per Click) Business.
    Modelnya seperti google adsense ataupun adsense camp, dll. Dalam hal ini, Anda dibayar pada saat iklan yang dipasang di blog di klik oleh pengunjung. Tapi jangan coba-coba untuk mengklik sendiri. Karena pihak pengelola PPC Business biasanya punya mekanisme sendiri untuk mengetahui apakah klik yang terjadi benar-benar alami dari pengunjung ataukah pemilik blog tersebut yang melakukan kliknya. Untuk pemula, Anda mungkin bisa mencoba di PPC lokal dulu seperti Adsense Camp, PPC Indo, Kumpul Blogger, Klik Saya, dll. Jangan meremehkan PPC lokal karena rekan satu team saya di Sekolah Bisnis Internet, Pak Mufli, pernah menunjukkan hasilnya. Dari 1 PPC lokal beliau bisa menghasilkan jutaan rupiah.
  2. PPR (Paid Per Review) Business.
    Pada bisnis PPR Anda akan dibayar atas review yang dilakukan. Makin ramai blog Anda, PR tinggi, Alexa Rank rendah, maka makin mahal bayaran Anda untuk setiap review yang dilakukan. Untuk urusan review ini, Anda bisa bergabung dengan salah satu pengelola bisnis review seperti Reviewmu.com. Atau jika memang Anda sudah “tenar dan punya nama”, tawarkan saja langsung jasa review kepada perusahaan, instansi, ataupun bisnis internet lainnya.
  3. PPS (Pay Per Sale).
    Model bisnis PPS punya nama lain yaitu program reseller ataupun affiliate marketing. Disini kita dibayar setiap ada pembelian satu produk melalui link affiliate kita. Komisinya beragam mulai 10% bahkan sampai 100%. Tinggal Anda pilih saja mana yang mau dipasang di blog Anda. Seperti page ataupun sidebar internet business tools yang ada di blog ini, semuanya terhubung dengan link affiliate saya. Andai ada yang membeli, ya saya dapat komisinya.
  4. Online Store Business.
    Siapa bilang toko online harus pakai website yang rumit atau script khusus. Dengan blog wordpress + plugin tertentu, Anda sudah bisa membuat toko online sederhana namun powerful. Yang Anda jual bisa macam-macam, entah itu produk informasi ataupun produk fisik yang biasa dipasarkan secara offline. Bila memang Anda menggunakan produk fisik, tinggal tambahkan saja biaya pengiriman dalam harga jual Anda. Contohnya, silahkan kunjungi www.UnakUnik.com yang dikelola oleh kawan saya Fadly Muin bersama istrinya.

Nah, itu 4 macam metode penghasil uang yang bisa didapatkan dari model bisnis Blog Monetizing. Anda bisa pilih salah satunya atau jalankan sekaligus. Seperti halnya blog bisnis ini, saya jalankan 3 dari 4 model di atas. Mulai dari PPC, PPR dan PPS.

space

AFFILIATE MARKETING / RESELLER

Model bisnis affiliate marketing didasari pada konsep jasa broker atau makelar penghubung. Disini Anda menghubungkan antara pembeli dan penjual produk. Nantinya Anda akan diberikan link affiliate khusus, yang akan menandakan bahwa pembelian terjadi atas rekomendasi Anda.

Bermain di sektor affiliate marketing memerlukan satu strategi marketing yang bagus. Anda tidak perlu harus memilik blog atau website. Intinya adalah promosi, dan itu bisa dilakukan tanpa website atau blog sendiri. Tentu promosi bukan sekedar promosi melainkan diperlukan satu strategi khusus. Seperti halnya mas Nicko dengan Genius Biz nya. Disana beliau ajarkan rahasia dan strategi menggulung modal promosi hingg menghasilkan pendapatan melimpah dari affiliate marketing.

Lebih simpel dari blog monetizing menurut saya. Karena Anda tidak harus membangun blog dan bersusah payah konsisten mengisi posting, walau saya amat merekomendasikan Anda punya blog. Sebagai gambaran awal, Anda bisa download ebook gratis saya “The Simple Internet Selling”. Disana saya berikan langkah-langkah sederhana dan praktis serta aplikatif bagi Anda yang mau menjalankan bisnis affiliate marketing. Anda tinggal bergabung saja ke dalam membership newsletter saya, dan itu gratis.

Dua model bisnis di atas (blog monetizing dan affiliate marketing) adalah yang paling simpel dan sederhana menurut saya. Cocok untuk pemula yang baru terjun di bisnis internet / online. Tapi seperti yang saya paparkan di awal. Cocok menurut saya, bukan berarti langsung ideal untuk Anda lakukan.

Mungkin Anda tipikal orang yang sibuk dan tidak punya waktu. Untuk itu Anda bisa mencoba membangun satu produk sendiri. Bila produk sudah jadi, Anda bisa menghire orang untuk memasarkan produk Anda via online, dsb.

Banyak jalan menuju sukses dari bisnis internet. Bebaskan pikiran Anda, ikuti mana yang sesuai dengan hati nurani Anda. Pilih model bisnis hanya yang Anda sukai karena itu yang akan memastika Anda tetap bertahan dalam perjalanan menuju sukses melalui bisnis internet. Karena sukses adalah hak setiap orang dan karena sukses adalah pilihan.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. :plis:terima kasih mas arief, atas ilmunya. Insya Allah selalu bermanfaat… SELALU IKUTI KATA HATI NURANI.Siap mas arief..:belajarkeras::matabelo: Semoga Allah memberkahi Mas arief.. Amin..:matabelo:

  2. alternatif model bisnisnya mantap, terutama poin 4 he he..

    online store / toko online memang berkesan. bikin webnya sih cepet, konsep dan setting sana-sininya yg bikin lama.

    thanks bonus link-nya mas Arief:sip:

    • @fadly muin, konsep tuh penting agar online shop tidak berantakan…

      web emang cepat bikin cuman konsep memerlukan proses panjang.
      :puyeng:

      hal ini sama dengan saya tuh yang lagi bangun konsep blog baru nantinya…
      :belajarkeras:

    • arief maulana says:

      @fadly muin, itu dia mas… makanya sampe sekarang profesional media ngga mari2… masih mikir konsep matengnya. Biar bisa bener-bener profrsional :sip:

  3. petanionline says:

    petani online pindah rumah..sliweran: biar lebih mantap sebagi pemula untuk cari penghasilan di internet….:sip:

    • arief maulana says:

      @Tutorial & Review, yg mana di blog ini tah. Kalau isinya review melulu bisa ditinggal ama pengunjung bos. Hahaha… kudu balance… :yoyo:

      • @arief maulana, betul mas
        jgn terlalu banyak review, ntar bosan kayak baca iklan di koran yang isinya sama melulu…
        :puyeng:

        lagian kan pengunjung tuh menginginkan info yang fresh n up to date gitu loh…

        • arief maulana says:

          @Dimas, bener Dim. And makanya tak balance juga dengan yg gratisan di newsletter. Special for member newsletter blog ini pastinya. :hihi:

  4. asslm mualaikum, mas arief, jujur aja saya masih bingung tentang bisnis online, padahal pekerjaaan saya designer yg setiap saat di depan komptr dan buka internet, semoga mas arief selalu menjadi motivator bagi saya….thanks

  5. Trims Mas Arief artikelnya, sangat berguna nih bagi saya…Jujur saya katakan disini saya kenal Mas Arie semenjak Mas Arief masih punya …blogspot sampai sekarang masih jadi panutan saya. Karena seringnya masuk ke dunia maya sejak th 2008, dan Juni kemarin saya baru benar2 memutuskan untuk punya Blog jadi masih benar2 pemula yang sangat hauuuss… Apapun produk (rekomendasi) yang Mas Arief tawarkan Insya Allah akan saya pesan (yang pasti lihat kocek nya dulu) Tks ya Mas…

    • arief maulana says:

      @harto, Sama-sama mas Harto. Tenang pak, saya bukan maniak yg kemaruk produknya kudu dibeli semua hehehe…

      Biasanya kan kalau ada yg konsultasi tanya produk saya sesuaikan kebutuhannya apa dan budgetnya bagaimana. Kalau bisa sama-sama win lah!
      :sip:

  6. Klo saya masih mengandalkan review dulu.. nanti pengembannya affiliasi sambil latihan bahasa Inggis biar lebih mantap.. thanks infonya Stop Dreaming Start Action

  7. Sepaham mas, saya juga masih belajar dua itu peluang itu dulu…Lagi pengin tambah lagi tapi takut ga fokus…Lha wong yang 2 iki aja belum maksimal :hihi:

    Ricky
    Businessman

  8. Saya lagi mendalami point 1 dan point 3 Mas, biar lebih maksimal…
    seperti yang Mas Ricky katakan, kalau kebanyakan ngikut ntar nggak fokus, program paid email aja udah keteteran Mas…:sip::sip:

    • arief maulana says:

      @Puspita W, saya setuju Bu Guru. Bisnis yang paling cocok untuk pelajar malah blog monetizing.

      Selain manfaat dari ngeblog itu sendiri, kita melatih siswa untuk belajar mencari penghasilan dan menghargai apa yg dimiliki sejak dini. :sip:

  9. makasih idenya pak Arief, aku baru sebulan ini belajar bisnis online, tapi :puyeng: semoga dengan :baca: ini aku dapat ilmu lebih nih
    :bom:

    • arief maulana says:

      @yohanes, wah baru mulai ya mas Yohanes. Ayo semangat… biar bisa mengejar rekan2 yang lainnya. Biar semangat saya punya sedikit petuah bijak :

      Saya boleh saja kalah start, tapi sukses tunggu dulu. Karena saya yakin bisa menyusul kesuksesan Anda…

      Semangat tuh jadinya. Karena saya percaya tidak pernah ada kata terlambat untuk mereka yang niat berubah… :sip:

  10. Info bisnis yang MANTAP!!!:sip:
    Jadi tambah ilmu nih, tapi sekarang lagi ke blog monetizing dulu Mas… fokus satu dulu…
    belajar kan satu-satu dulu, betul kan Mas.
    Salam sukses selalu
    :sip:

  11. Alfred | dreamingandstartaction says:

    :sip:keren mas trimakasih infonya…sangat bermanfaat buat saya yang masih newbie ini…btw mas areif punya panduan ga atau mungkin suatu artikel / e-book yang membahas plus minus antara blogger dengan worpress??? matur nuwun:sip: salam _alfred_

    • arief maulana says:

      @Alfred | dreamingandstartaction, panduan wordpress ada mas… itu, punyanya mbak Dini Shanti.

      Coba cari di google mas. Dulu kayanya pernah nemu situs yg membahas kelebihan dan kekurangan.

      Yg jelas untuk profesionalitas bisnis dan kemudahan SEO blog, wordpress hosting berbayar masih no.1 mas.

      Makanya para senior2 lainnya juga memakai blog wordpress hosting bayar.
      :sip:

  12. Untuk pemula sih menurut saya ya affiliate marketing. Tapi kan perlu ngeblog juga….Jadinya paling enak ambil dua-duanya aja dech..Apalagi dgn ngeblog bisa ngasah kemampuan nulis, cari temen ama cari backlink..wk.wk.wk:hihi:

    • arief maulana says:

      @theo, Sebenernya untuk affiliate marketing sendiri tanpa blog bisa mas Theo. Dan itu dibuktikan sendiri oleh Mas Nicko yang tidak memiliki blog. Beliau sendiri yg share sama saya.

      But… ketika kita memiliki blog sekaligus memasarkan produk affiliate (apalagi berupa panduan blog), maka akan sangat powerfull sekali.

      Karena pengunjung melihat kita sudah lebih dulu mempraktekkan itu…

      Hehehe…
      :bakme:

    • arief maulana says:

      @Dimas, tergantung permintaan mas. Kadang kita diminta mereview produk. Bisa juga mereview website atau blog. Pokoknya kita dibayar untuk mereview.
      :maenps:

  13. trims mas arief..saya dah baca the simple affliate marketing juga, bagi newbie seperti saya info dari mas aris mantabb…..tinggal action..:sip:

  14. Ardy Pratama says:

    :sip: klo sya dtnya sya jga gak bisa jawab apa yg traik buat si penanya… soalnya potensi tiap orang beda2..

    ada yg dia pnter blog monetizing, ada yg brbakat affiliasi, ada yg udah pnya usaha offline dan bisa di onlinekan, dll..

  15. selamt siang mas arief,btw saya sbg newbie setuju mau mencoba terjun di affiliate. dan tx u bgt buat e-book SIMPLE AFFILIATE MARKETINGNYA. oke banget…panduan yang asik dan cukup terstruktur bwt newbie spt saya. Oia mas, saya juga mau memberi tahu…bahwa blog saya, http://dreaming andstartaction.wordpress.com di-banned+suspended sama wp.nya…katanya spam…padahal saya tidak bermaksud spamming :hiks::nangis: so boleh dicabut deh linknya…nanti kalau udah ada blog saya yang baru, saya minta pasang lagi matur nuwun mas…salam hormat

  16. dari semua yang ditulis diatas kira-2 yang paling gampang yang mana neh… :clinguk2::clinguk2: aku pengin nyoba tapi yang paling gampang dulu…:plis::plis:

    • @trieand, seperti mas arief bilang, gampang bukan berarti mudah.
      menjadi Reseller paling mudah, karena Djeng trieand nggak pusing bikin produk.

      intinya Djeng trieand memilih produk yang tepat, karena produk knowledge juga perlu.

      selebihnya mempelajari teknik promosi yang bagus.
      jadi gitu ya djeng…
      ntar lagi mas arief juga nambahin saran kok:hihi:

    • arief maulana says:

      @trieand, yg gampang ngga ada mbak. Kalau mudah ada… kan tinggal ikutin aja.

      Saran saya sih, karena mbak udah bisa ngeblog, cobain produknya nicko aja mbak.

      Biar ilmu affiliate marketingnya tambah. Apalagi dia baru upgrade produk + nambahkan satu lagi rahasia list building.

      Jangan lupa lewat link saya yah… hahaha..:hihi:

  17. Hhmm…belum ikut TDW Seminar aja sudah dahsyat neh! Apalagi nanti ya, tentu makin DAHSYAT!!
    Sukses buat anda Mas Arief….

  18. trimakasih mas Arif…
    u/ artikel ini akan saya gunakan sebagai panduan dlm menekuni ol bisnis…

    sepertinya jelas banget pemahaman sy

    • arief maulana says:

      Alhamdulillah kalau memang mendatangkan manfaat. Sip monggo dishare juga link artikel ini ke temen2 yg lain…

  19. Rusli Zainal says:

    saya sangat setuju dengan bung arif…untuk pemula seperti saya mending ikutan yang ringan dolo, baru ke yang lebih rumit…blog yang funtastic mas

  20. assallammua’laikum mas arief,salam kenal mas.setelah membaca artikel yang satu ini aku jadi tambah semangat.tapi kalo cuman modal semangat aja belum cukup mas..aku baru bergabung di formulabisnis tp kok sampai sekarang belum menemukan ide apa yang mau saya bisniskan.kalo mas arif berkenan membimbing saya untuk bisa sukses seperti rekan-2 lainnya,dengan ilmu-2 mas saya sangat berterima kasih.Harus mulai dari mana dulu nih…thank before mas

    • arief maulana says:

      Waalaikumussalam.
      Alhamdulillah kalau jadi semangat. Ehm kalau belum menemukan idenya, bermain di sektor resellernya saja dulu mbak Wien. Di member area forbis kalau tidak salah Mas Joko Susilo udah memberikan langkah2nya. Kalau masih bingung, mbak bisa download panduan gratis The Simple Affiliate Marketing yg ada di sidebar blogku. Tinggal masukin nama dan email trus submit…

  21. Pingback: Tetap Produktif di Bulan Puasa | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life
  22. sejak kapan ada iklan PPCindo di blog ini ya? hehehe…. btw, bagus tips-nya walau mungkin utk byk pemula msh dirasa sulit sebenarnya.

  23. sekalian mengingatkan juga klo ngasih alamat email, jangan dibuat live gitu mas. mending kasih spasi atau @ diganti at.

    maklum alamat2 email gitu byk yg ngincer (utk dispam) hehehe

  24. Bisnis Online Mulai NOL says:

    mas arif atau temen2 yang lain. gmana ya caranya promosi yang top cer. saya lg menekuni dunia affiliate. mohon bimbingannya ya? oh ya SMUO itu masuk dalam progam yang mana?

    • @BOMN, SMUO itu cuma panduan mas. Bisa dijalankan sebagai affiliate marketign (reseller) dan bisa dijalankan sebagai produk create (membuat produk sendiri untuk dijual). Cara promosi yang top cer, rasanya sudah dibagikan berulang kali oleh Mas Joko, founder SMUO. Itu aja diikuti mas. Saya ngikutin itu.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,748 bad guys.