Oleh : Arief Maulana

Saya sering mendapat email dari rekan-rekan newbie yang menanyakan bisnis internet apa yang paling cocok untuk para pemula. Daripada saya jawab berkali-kali dengan jawaban yang sama, mungkin lebih baik saya posting saja sebagai artikel di blog ini.

Sebenarnya kurang tepat bila kita bertanya pada orang lain bisnis internet apa yang paling cocok. Kenapa? Karena saya bukan dukun yang bisa menebak dan meramal masa depan bisnis internet Anda. Lagipula beda bisnis beda pula karakternya. Bisa jadi apa yang menurut saya mudah dan bisa dilaksanakan menjadi sulit dan imposible bagi Anda.

Yang paling bisa mengukur model bisnis internet adalah diri kita masing-masing. Perhatikan saja apa dan bagaimana karakter Anda. Kemudian carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang model-model bisnis internet. Nanti, Anda tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dan cocok untuk Anda jalankan dengan serius.

Kembali topik pembahasan. Bila saya ditanya model bisnis internet yang paling cocok dengan pemula itu apa, maka saya akan menjawab 2 model bisnis internet. Dua model ini bisa dibilang paling dasar. Kalau sudah menguasai ini, Insya Allah pengembangan ke arah yang lain akan lebih muda. Apa dua model bisnis internet tersebut? Blog Monetizing dan Affiliate Marketing.

space

BLOG MONETIZING

Blog monetizing bisa diartikan mengupayakan blog kita sedemikian rupa, hingga bisa menghasilkan uang. Saya ingat, Mas Cosa Aranda sendiri juga merekomendasikan blog monetizing untuk pemula pada saat “Seminar Nasional Empowering Netpreneur” di Intiland Tower, Surabaya.

Tentunya dasar dari blog monetizing adalah kemampuan Anda mengolah dan mengelola blog, baik itu dari segi teknis blog maupun dari segi konten atau isi. Anda bisa menggunakan blog gratisan (direkomendasikan blogger.com) ataupun yang lebih profesional dengan menggunakan wordpress hosting berbayar. Jika Anda benar-benar pemula dan belum mengenal teknis pengelolaan blog, ada baiknya belajar kepada Mbak Dini Shanti.

Kekuatan blog monetizing ada pada konten dan traffic. Sebuah blog yang terlihat bagus tidak akan bertahan lama manakala konten yang disajikan tidak berkualitas dan tidak bisa memenuhi selera pengunjung blog tersebut. Maka dalam hal ini diperlukan konsistensi dalam menyajikan konten yang bermanfaat bagi manusia pengunjung blog, tidak hanya untuk SEO semata.

Sumber penghasilan dari blog monetizing macam-macam. Diantaranya :

  1. PPC (Pay Per Click) Business.
    Modelnya seperti google adsense ataupun adsense camp, dll. Dalam hal ini, Anda dibayar pada saat iklan yang dipasang di blog di klik oleh pengunjung. Tapi jangan coba-coba untuk mengklik sendiri. Karena pihak pengelola PPC Business biasanya punya mekanisme sendiri untuk mengetahui apakah klik yang terjadi benar-benar alami dari pengunjung ataukah pemilik blog tersebut yang melakukan kliknya. Untuk pemula, Anda mungkin bisa mencoba di PPC lokal dulu seperti Adsense Camp, PPC Indo, Kumpul Blogger, Klik Saya, dll. Jangan meremehkan PPC lokal karena rekan satu team saya di Sekolah Bisnis Internet, Pak Mufli, pernah menunjukkan hasilnya. Dari 1 PPC lokal beliau bisa menghasilkan jutaan rupiah.
  2. PPR (Paid Per Review) Business.
    Pada bisnis PPR Anda akan dibayar atas review yang dilakukan. Makin ramai blog Anda, PR tinggi, Alexa Rank rendah, maka makin mahal bayaran Anda untuk setiap review yang dilakukan. Untuk urusan review ini, Anda bisa bergabung dengan salah satu pengelola bisnis review seperti Reviewmu.com. Atau jika memang Anda sudah “tenar dan punya nama”, tawarkan saja langsung jasa review kepada perusahaan, instansi, ataupun bisnis internet lainnya.
  3. PPS (Pay Per Sale).
    Model bisnis PPS punya nama lain yaitu program reseller ataupun affiliate marketing. Disini kita dibayar setiap ada pembelian satu produk melalui link affiliate kita. Komisinya beragam mulai 10% bahkan sampai 100%. Tinggal Anda pilih saja mana yang mau dipasang di blog Anda. Seperti page ataupun sidebar internet business tools yang ada di blog ini, semuanya terhubung dengan link affiliate saya. Andai ada yang membeli, ya saya dapat komisinya.
  4. Online Store Business.
    Siapa bilang toko online harus pakai website yang rumit atau script khusus. Dengan blog wordpress + plugin tertentu, Anda sudah bisa membuat toko online sederhana namun powerful. Yang Anda jual bisa macam-macam, entah itu produk informasi ataupun produk fisik yang biasa dipasarkan secara offline. Bila memang Anda menggunakan produk fisik, tinggal tambahkan saja biaya pengiriman dalam harga jual Anda. Contohnya, silahkan kunjungi www.UnakUnik.com yang dikelola oleh kawan saya Fadly Muin bersama istrinya.

Nah, itu 4 macam metode penghasil uang yang bisa didapatkan dari model bisnis Blog Monetizing. Anda bisa pilih salah satunya atau jalankan sekaligus. Seperti halnya blog bisnis ini, saya jalankan 3 dari 4 model di atas. Mulai dari PPC, PPR dan PPS.

space

AFFILIATE MARKETING / RESELLER

Model bisnis affiliate marketing didasari pada konsep jasa broker atau makelar penghubung. Disini Anda menghubungkan antara pembeli dan penjual produk. Nantinya Anda akan diberikan link affiliate khusus, yang akan menandakan bahwa pembelian terjadi atas rekomendasi Anda.

Bermain di sektor affiliate marketing memerlukan satu strategi marketing yang bagus. Anda tidak perlu harus memilik blog atau website. Intinya adalah promosi, dan itu bisa dilakukan tanpa website atau blog sendiri. Tentu promosi bukan sekedar promosi melainkan diperlukan satu strategi khusus. Seperti halnya mas Nicko dengan Genius Biz nya. Disana beliau ajarkan rahasia dan strategi menggulung modal promosi hingg menghasilkan pendapatan melimpah dari affiliate marketing.

Lebih simpel dari blog monetizing menurut saya. Karena Anda tidak harus membangun blog dan bersusah payah konsisten mengisi posting, walau saya amat merekomendasikan Anda punya blog. Sebagai gambaran awal, Anda bisa download ebook gratis saya “The Simple Internet Selling”. Disana saya berikan langkah-langkah sederhana dan praktis serta aplikatif bagi Anda yang mau menjalankan bisnis affiliate marketing. Anda tinggal bergabung saja ke dalam membership newsletter saya, dan itu gratis.

Dua model bisnis di atas (blog monetizing dan affiliate marketing) adalah yang paling simpel dan sederhana menurut saya. Cocok untuk pemula yang baru terjun di bisnis internet / online. Tapi seperti yang saya paparkan di awal. Cocok menurut saya, bukan berarti langsung ideal untuk Anda lakukan.

Mungkin Anda tipikal orang yang sibuk dan tidak punya waktu. Untuk itu Anda bisa mencoba membangun satu produk sendiri. Bila produk sudah jadi, Anda bisa menghire orang untuk memasarkan produk Anda via online, dsb.

Banyak jalan menuju sukses dari bisnis internet. Bebaskan pikiran Anda, ikuti mana yang sesuai dengan hati nurani Anda. Pilih model bisnis hanya yang Anda sukai karena itu yang akan memastika Anda tetap bertahan dalam perjalanan menuju sukses melalui bisnis internet. Karena sukses adalah hak setiap orang dan karena sukses adalah pilihan.

Salam Sukses,
Photobucket
space

2 Model Bisnis Internet Untuk Pemula
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

108 thoughts on “2 Model Bisnis Internet Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,419 bad guys.