Oleh : Arief Maulana

Alhamdulillah.

Ngga nyangka akhirnya tembus juga 365 hari pertama Blog Arief Maulana.com ini. Berarti genep 1 tahun sudah saya beraktivitas dan membagikan informasi lewat blog ini. Ehm, jadi inget tahun lalu pas ngebet dan ngebut garap blog mulai awal November ’08. Tujuannya 1, biar bisa launching pas tepat tanggal 3 Desember (hari istimewa saya). Dan kesampaian juga.

Dalam usianya yang 1 tahun ini pun artikelnya tembus lebih dari 100 juga. Yah, saya memang bukan blogger maniac yang tiap hari posting 1 artikel. Saya santai-santai aja, minimal 1 artikel / minggu. Kalau lagi rajin ya bisa 2 atau 3 artikel. Pembaca enak karena ngga ketinggalan info, saya pun bisa bernafas mengingat kudu bisa bagi waktu antara kehidupan pribadi, sosial, pekerjaan offline dan kehidupan dunia maya tentunya.

Dulu waktu awal memulai untuk lebih serius (setelah pindah ke AriefMaulana.com), sempat ada keraguan apakah saya nantinya bisa konsisten untuk ngeblog. Apakah akan selalu ada ide untuk artikel yang akan dimuat disini? Berapa lama saya bisa bertahan dengan aktivitas blogging ini? Rasanya untuk membayangkan blog ini terus aktif dan ngga ada matinya jauh banget waktu itu. Tapi saya jadi inget kata temen di kampus. Daripada dipikirin mending dijalanin aja. Yang penting berani mulai dulu. Nanti juga kan lama-lama mengalir. Dan kini semua itu terbukti, hehehe…

Blog ini pun awalnya ngga serta merta bagus seperti sekarang ini. Kalau rekan-rekan termasuk yang setia mengikuti perkembangan blog ini sejak awal kelahiran blog hingga sekarang, tentu tahu bahwa saya udah bolak balik mengubah konsep blog. Dari yang asal jadi (kejar target launch tanggal 3 Des ’08) hingga konsep-konsep baru yang saya usahakan makin profesional dan tetap nyaman untuk dikunjungi.

Perburuan dan pergantian themes pun udah beberapa kali hingga menemukan themes ini (Alpen 3 Collums) yang menurut saya cukup sejuk dan saya suka pastinya, mudah-mudahan Anda juga suka dengan themes ini.

Penyempurnaan juga ngga berhenti disana. Kalau Anda jeli mengamati, saya pun melakukan beberapa perubahan konsep disini. Saya ngga pengen usia bertambah tapi tidak ada perbaikan ke arah yang lebih baik. Sama halnya dengan kita. Ketika usia bertambah, rugi kalau ngga tambah dewasa dan bijaksana dalam menyikapi kehidupan.

Maka dari itu saya mau share dikit konsep-konsep baru apa saja yang diusung oleh blog ini?  

|

Repetition Article

Mungkin ada di antara rekan-rekan yang mendapat email broadcast dari saya berisi link-link ke artikel yang rasanya sudah pernah dibaca. Sebenarnya saya ngga repost, artikel itu masih ada di tempatnya semula, arsip lama. Tapi sengaja saya berikan linknya agar rekan-rekan bisa membaca ulang, khususnya yang baru bergabung beberapa bulan terakhir di newsletter saya (+ dapet ebook “The Simple Internet Selling).

Kenapa repetition article saya lakukan? Karena saya menilai justru artikel-artikel awal blog ini adalah fondasi dan bagian terpenting dari artikel-artikel yang terbaru. Akan lebih baik jika pengunjung mendapatkan infonya lengkap mulai dari dasar yang menjadi inti hingga pengembangan-pengembangannya. Pada akhirnya harapan saya, manfaat yang didapatkan bisa lebih optimal. Tentunya hal ini bisa dimungkinkan karena menggunakan autoresponder. Tinggal set saja emailnya secara otomatis.

|

My Service

Kalau sebelumnya saya banyak bergelut di pemasaran produk berupa barang, maka saat ini saya mulai melebarkan saya di pemasaran jasa. Ada beberapa jasa yang rencananya akan saya berikan disini. Mungkin sebagai gambaran awal : Jasa Pembuatan Blog, Private Course Blog (3 hari saja), Penulisan Review / Artikel (writer service) dan jasa-jasa yang lain.

Pengembangan usaha jasa ini akan saya lakukan bertahap. Tentu tidak sendiri melainkan menggandeng beberapa rekanan yang handal dan terpercaya. Dengan kata lain Joint Venture. Dan pastinya ini sudah mulai masuk di ranah pengembangan sumber income.

Oh ya, diantara salah satu jasa yang sudah berjalan di blog ini adalah space banner iklan. Kalau Anda lihat di sidebar blog ini, maka itulah space iklan yang saya sediakan. Cukup 3 slot banner saja (biar ngga kebanyakan iklan). Per slot, memiliki harga yang berbeda tergantung dari letak dan posisinya.

|

JV With Me

Saya juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada rekanan yang ingin mengadakan Joint Venture. Silahkan siapkan penawaran terbaik Anda, dan kirimkan ke tim@ariefmaulana.com. Nanti saya beserta tim akan mempertimbangkan apakah penawaran JV layak untuk di approve atau terpaksa di reject. Andai ada reject, akan saya sertakan pula pertimbangan dan alasannya.

|

Link Exchange

Untuk link exchange, akan saya perketat dengan melakukan inspeksi mendadak. Seperti sebelumnya, saya sudah menghapus sekitar 60an link. Yang sudah kehapus, tidak akan saya pasang kembali karena sudah saya masukkan di data blacklist baik itu blog maupun nama foundernya.

Sedangkan rekanan yang memang saya favoritkan blognya, dengan senang hati akan saya berikan link 1 arah dan saya tempatkan di home page. Jadi silahkan poles blog / web Anda sebaik mungkin.

Kebijakan ini hanya berlaku sementara saja. Bila memang nantinya situasinya tidak kondusif lagi, akan saya perketat lagi. Bisa saja hanya domain .com + hosting berbayar saja yang saya terima. Atau web dengan minimal PR sekian. Bisa juga blog / web yang sudah aktif minimal sekian bulan. Ngga cuma sekedar link exchange. Dan ini juga demi kebaikan Anda, agar ada perbaikan ke arah yang lebih baik.

|

Internet Business Tools

Halaman internet business tools pun sudah saya edit kembali. Tetap dengan gaya lama dimana ada pelevelan yang bisa diikuti oleh rekan-rekan yang masih baru meskipun itu adalah versi saya. Beberapa produk saya lepas dari sana dan ada sedikit penambahan juga. Pokok’e ada perubahan lah.

Saya kira itu dulu. Semoga dengan bertambahnya usia blog maupun yang punya blog (hehehe…) bisa makin bermanfaat dan mendatangkan kebaikan untuk semuanya. Kalau ada usulan lain tetang pengembangan blog ini, bisa share lewat  komentar di bawah.

Salam Sukses,
arief maulana
space

1 Year of AriefMaulana.com
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

155 thoughts on “1 Year of AriefMaulana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.